Saturday, October 19, 2013

Ilmu Sosial Dasar

Keyword pencarian artikel:

Pengertian Ilmu Sosial Dasar, Tujuan Ilmu Sosial Dasar, Tiga Jenis Kelompok Ilmu, Perbedaan ISD dengan IPS, Pengertian Penduduk, Pengertian Migrasi, Macam-Macam Migrasi, Akibat Terjadinya Migrasi


I. PENGERTIAN ILMU SOSIAL DASAR


Ada beberapa macam pengertian dari Ilmu Sosial Dasar, diantaranya yaitu:

1. Ilmu Sosial Dasar adalah pengetahuan yang memperdalam tentang masalah-masalah sosial, khususnya yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia yang menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu social.Ilmu-ilmu sosial itu seperti: sejarah, ekonomi, geografi sosial, sosiologi, antropologi, psikologi social

2. Ilmu Sosial dasar adalah ilmu yang membahas tentang masalah social yang dilakukan oleh pribadi seseorang. Dimana itu dinilai dari tindakan seseorang yang dilakukannya terhadap lingkungannya sendiri



3. Ilmu Sosial Dasar juga merupakan suatu usaha yang dapat diharapkan dengan memberikan pengetahuan umum kepada masyarakat tentang konsep kehidupan bermasyarakat yang memberikan nilai dalam menghadapi masalah-masalah yang terjadi di masyarakat



4. Ilmu Sosial Dasar juga bukan merupakan gabungan dari berbagai macam ilmu social yang dipadukan, karena ilmu sosial dasar tidak memiliki objek materi ilmiah tersendiri dan tidak mengembangkan suatu penelitian ilmu

5. Ilmu Sosial Dasar adalah gabungan dari disiplin ilmu sosial yang digunakan dalam pendekatan dan pemecahan masalah sosial yang ada di lingkungan sekitar. Ilmu Sosial dasar juga memberikan dasar – dasar pengetahuan tentang konsep untuk mengkaji gejala social

6. Ilmu Sosial Dasar adalah ilmu yang mempelajari tentang sosial manusia di dalam lingkungan

7. Ilmu Sosial Dasar adalah ilmu yang menyajikan pemahaman mengenai hakikat manusia sebagai makhluk sosial dan masalahnya dengan menggunakan kerangka pendekatan

8. Ilmu Sosial Dasar adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara pelapisan sosial dan persamaan derajat

9. Ilmu Sosial Dasar mempelajari tentang adanya berbagai masalah kependudukan dan hubungan dengan perkembangan masyarakat dan kebudayaan

10. Ilmu Sosial Dasar mempelajari tentang masalah yang dihadapi masyarakat pedesaan


Ada juga beberapa pengertian Ilmu sosial dasar menurut para ahli, diantaranya yaitu:

A. LEWIS
Ilmu Sosial Dasar adalah sesuatu yang dicapai, dihasilkan dan ditetapkan dalam interaksi sehari-hari antara warga negara dan pemerintahannya

B. KEITH JACOBS
Ilmu Sosial Dasar adalah sesuatu yang dibangun dan terjadi dalam sebuah situs komunitas

C. RUTH AYLETT
Ilmu Sosial Dasar adalah sesuatu yang dipahami sebagai sebuah perbedaan namun tetap inheren dan terintegras

D. PAUL ERNEST
Ilmu Sosial Dasar adalah lebih dari sekedar jumlah manusia secara individu karena mereka terlibat dalam berbagai kegiatan bersama

E. PHILIP WEXLER
Ilmu Sosial Dasar adalah sifat dasar dari setiap individu manusia

F. ENDA M. C
Ilmu Sosial Dasar adalah cara tentang bagaimana para individu saling berhubungan

G. LENA DOMINELLI
Ilmu Sosial Dasar adalah merupakan bagian yang tidak utuh dari sebuah hubungan manusia sehingga membutuhkan pemakluman atas hal-hal yang bersifat rapuh di dalamnya

H. PETER HERMAN
Ilmu Sosial Dasar adalah sesuatu yang dipahami sebagai suatu perbedaan namun tetap merupakan sebagai satu kesatuan

I. ENGIN FAHRI
Ilmu Sosial Dasar adalah sebuah inti dari bagaimana para individu berhubungan walaupun masih juga diperdebatkan tentang pola berhubungan para individu


II. TUJUAN ILMU SOSIAL DASAR

1. Untuk menambah wawasan tentang berbagai macam kejadian sosial yang ada di lingkungan masyarakat, kepribadian luas dan dapat bermusyawarah dengan satu sama lain.

2. Dapat memahami masalah sosial yang ada di dalam masyarakat

3. Membantu perkembangan pikiran mahasiswa dalam bersosialisasi


III. TIGA KELOMPOK ILMU

Secara umum, Ilmu pengetahuan dibagi menjadi 3 kelompok. Pengelompokkan ini didasarkan pada obyek atau bidang kajian setiap ilmu. Ketiga kelompok ilmu trsebut adalah Ilmu pengetahuan Alam (natural science), Ilmu pengetahuan Sosial (social science), dan Ilmu pengetahuan Budaya (Humanitics Study).

1. Ilmu pengetahuan Alam (natural science)
Adalah Ilmu yang mengkaji gejala-gejala alam, baik yang hayati maupun nonhayati. Ilmu pengetahuan alam antra lain adalah Biologo, Kimia, dan Fisika.

2. Ilmu Pengetahuan Sosial (Social Science)
Adalah Ilmu yang mengkaji kehidupan bersama manusia dengan sesamanya. Ilmu pengetahuan sosial antara lain adalah sosiologi, ilmu politik, ilmu huku, dan ilmu ekonomi.

3. Ilmu Pengetahuan Budaya (Humanitics Study)
Adalah Ilmu yang mempelajari tentang manifestasi atau perwujudan spiritual dari kehidupan bersama manusia. Ilmu pengetahuan buadaya ini antara lain adalah Kesustraan, bahasa, agama, filsafat, dan kesenian.


IV. PERBEDAAN ISD DAN IPS

1. Ilmu Sosial Dasar diberikan di Perguruan Tinggi, sedang Ilmu PengetahuanSosial diberikan di Sekolah Dasar dan Sekolah Lanjutan.

2. Ilmu Sosial Dasar merupakan satu matakuliah tunggal, sedang IlmuPengetahuan Sosial merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran(untuk sekolah lanjutan).

3. Ilmu Sosial Dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian,sedang Ilmu Pengetahuan Sosial diarahkan kepada pembentukanpengetahuan dan ketrampilan intelektual.

4. ISD merupakan ilmu-ilmu yang mempelajari tentang ilmu pengetahuan sosial dasar dan lebih cenderung kepada kemasyarakatan. Sedangkan IPS, adalah ilmu yang mempelajari tentang cara pandang yang bersifat terpadu dari sejumlah mata pelajaran poloitik,sosiologi, hukum, dsb.


V. PENGERTIAN PENDUDUK

Penduduk adalah orang-orang yang berada di dalam suatu wilayah yang terikat oleh aturan-aturan yang berlaku dan saling berinteraksi satu sama lain secara terus menerus / kontinu. Dalam sosiologi, penduduk adalah kumpulan manusia yang menempati wilayah geografi dan ruang tertentu.


VI. Pengertian Migrasi

Migrasi penduduk adalah perpindahan penduduk dari tempat yang satu ke tempat yang lain. Dalam mobilitas penduduk terdapat migrasi internasional yang merupakan perpindahan penduduk yang melewati batas suatu negara ke negara lain dan juga migrasi internal yang merupakan perpindahan penduduk yang berkutat pada sekitar wilayah satu negara saja.

Migrasi merupakan bagian dari mobilitas penduduk. Mobilitas penduduk adalah perpindahan penduduk dari suatu daerah ke daerah lain. Mobilitas penduduk ada yang bersifat nonpermanen (sementara) misalnya turisme baik nasional maupun internasional, dan ada pula mobilitas penduduk permanen (menetap). Mobilitas penduduk permanen disebut migrasi. Migrasi adalah perpindahan penduduk dari suatu tempat ke tempat lain dengan melewati batas negara atau batas administrasi dengan tujuan untuk menetap.

Jenis-jenis Migrasi

Migrasi dapat terjadi di dalam satu negara maupun antarnegara. Berdasarkan hal tersebut, migrasi dapat dibagi atas dua golongan yaitu:

a. Migrasi Internasional, yaitu perpindahan penduduk dari suatu negara ke negara lainnya. Migrasi internasional dapat dibedakan atas tiga macam yaitu :

* Imigrasi, yaitu masuknya penduduk dari suatu negara ke negara lain dengan tujuan menetap. Orang yang melakukan imigrasi disebut imigran.

* Emigrasi, yaitu keluarnya penduduk dari suatu negara ke negara lain. Orang yang melakukan emigrasi disebut emigran.

* Remigrasi atau repatriasi, yaitu kembalinya imigran ke negara asalnya.


VII. Macam - Macam Migrasi

Migrasi Internasional dibagi menjadi tiga, yaitu:

1. Imigrasi = Masuknya penduduk ke suatu negara

2. Emigrasi => Keluarnya penduduk ke negara lain

3. Remigrasi => Kembalinya penduduk ke negara asalnya

Migrasi Nasional dibagi menjadi empat, yaitu:

1. Urbanisasi => Perpindahan penduduk dari desa ke kota

2. Transmigrasi => Perpindahan penduduk dari pulau ke pulau

3. Ruralisasi => Perpindahan penduduk dari kota ke desa

4. Evakuasi => Perpindahan penduduk dari tempat yang tidak aman ke tempat yang aman


VIII. AKIBAT TERJADINYA MIGRASI


Dari berbagai macam jenis migrasi yang kita ketahui diatas memiliki dampak positif dan dampak negatifnya masing-masing, dan tentunya dampak yang mereka miliki berbeda-beda dari jenis migrasi lainnya.

Dampak Positif dan Negatif Migrasi Internasional

1. Imigrasi memunculkan dampak positif seperti: Meningkatnya hubungan persahabatan di antara penduduk kedua Negara, Berkurangnya penggangguran di Negara asal para imigran dan bertambahnya wawasa pengetahuan para imigran, Berkurangnya jumlah, pertambahan, dan tingkat kepadatan penduduk di Negara asal para imigran.

Imigrasi juga memunculkn dampak negative, seperti: Terjadinya benturan budaya antara para imigran dengan penduduk Negara setempat, Munculnya kecemburuan social antara tenagqa kerja asimg dengan tenaga kerja dalam negeri, Terganggunya hubungan baik antar Negara asal para imigran dengan Negara tujuan para imigranl.

2. Dampak positif Emigrasi: Meningkatnya hubungan baik di antara kedua Negara, Wawasan pengetahuan penduduk kedua negara bertambah, Meningkatkan pendapatan orang-orang Indonesia yang bekerja di luar negeri karena upah buruh di Negara tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan di Indonesia.

Dampak negative Emigrasi: Tidak tercukupinya jumlah tenaga ahli Indonesia karena lebih memilih bekerja di luar negeri, Terjadinya benturan budaya antara para emigran dengan pendudduk Negara setempat, Terjadinya peningkatan kerawanan social keamanan di Negara tujuan para emigran sebagai dampak dari peningkatan pengangguran.

3. Dampak positif Remigrasi: dapat berkumpulnya kembali keluarga yang terpisah, Mereka yang beremigrasi dapat menularkan pengalaman dan pengetahuannya yang di dapat di Negara lain kepada orang lain.

Dampak Positif dan Negative Migrasi Nasional

Dampak positif urbanisasi: Terjadinya hubungan kekeluargaan yang lebih erat antara orang desa dengan orang kota, Mengurangi pengangguran dan kepadatan penduduk di desa, Terjadinya percampran antara budaya desa dan kota sehingga antara orang desa dan orang kota akan saling menyerap kebudayaan yang baik di antara keduanya, dll.

Dampak negatif urbanisasi bagi desa yang ditinggalkan: Masuknya budaya kota yang kurang baik ke desa, seperti mabuk-mabukan, pergaulan bebas, dan lain-lain, Terhambatnya pembangunan desa karena desa kekurangan tenaga kerja, dll.

Dampak negatif urbanisasi bagi kota yang didatangi: Semakin meningkatnya penganguran di kota dan semakin tingginya tingkat kepadatan di kota, Meningkatnya permasalahan lingkungan karena banyaknya gubuk-gubuk liar dan daerah pemukiman kumuh yang sangat menganggu keindahan, kenyamanan, dan kebersihan kota, dll.

Dampak positif transmigrasi: Memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa karena akan terjadi pembauran antara transmigran dengan penduduk, Meningktkan kegiatan pembangunan di daerah tujuan para transmigran karena bertambahnya tenaga kerja untuk pembangunan, dll.

Dampak negative transmigrasi: Buruknya citra transmigrasi yang di sebabkan oleh beberapa orang dari transmigran tidak batah di tempat tingal yang baru dan kembali lagi ketempat asalnya, Dana yang di perlukan untuk transmigrasi sangat besar sehingga banyak menghasilkan keuangan Negara, dll.

Dampak positif ruralisasi: Pendudduk kota yang telah memiliki modal, apabila pindah ke desa dapat mengembangkan usahanya di desa sehingga akan mendorong kemajuan perekonomian di desa, Berkurangnya tingkat pengangguran di kota, dll.

Dampak negative ruralisasi: Masuknya budaya kota yang kurang baik ke desa, Tingkat kepadatan penduduk desa bisa bertambah sehingga semakin mempersempit kepemilikan lahan pertanian. Padahal, sampai saat ini pertanian masih menjadi sumber kehidupan terbesar penduduk desa,dll.



Thanks to:
sumber 1
sumber 2
sumber 3
sumber 4
sumber 5
sumber 6
sumber 7
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment