Thursday, April 2, 2015

Mengembangkan Kemampuan Manusia Dalam Komunikasi

source
Diungkapkan oleh Jerald Greenberg, seorang profesor Industrial/Organization Psychology, Ohio State university, sekaligus pakar dalam Organizational Behavior (Perilaku dalam Organisasi). Di dalam bukunya yang berjudul Managing Behavior in Organization, beliau menjelaskan bahwa ruang lingkup Perilaku dalam Organisasi berhadapan dengan perilaku manusia dalam organisasinya[1]. Jadi bisa dikatakan bahwa jika ingin memulai melakukan pendekatan terhadap suatu organisasi, maka terlebih dahulu harus memahami perilaku anggotanya dalam organisasi tersebut.

Dikatakan Jerald Greenberg, manajer di semua departemen harus tahu hal-hal seperti bagaimana memotivasi karyawan mereka, bagaimana caranya agar orang puas dengan pekerjaan mereka, bagaimana berkomunikasi yang cukup, bagaimana membuat tim berfungsi secara efektif, dan bagaimana merancang pekerjaan yang paling efektif. Selain itu, Jerald Greenberg juga mendefinisikan komunikasi sebagai proses di mana seseorang, kelompok, atau organisasi (pengirim) mentransmisikan beberapa jenis informasi (pesan) kepada orang lain, kelompok, atau organisasi (penerima).

Jerald Greenberg mengatakan ada beberapa teknik yang sering dipakai untuk mempengaruhi target individual maupun organisasi, diantaranya yaitu:
  1. Rational persuasion – menggunakan argumen yang logis dan fakta untuk membujuk satu atau lebih orang lain (orang-orang target) bahwa hasil yang diinginkan akan terjadi.
  2. Inspirational appeals – Membangkitkan semangat dengan menarik nilai-nilai dan cita-cita target seseorang.
  3. Collaboration – Entah bagaimana akan lebih mudah bagi orang yang diincar untuk menyetujui semua permintaannya.
  4. Consultation – Meminta orang untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan atau merencanakan perubahan.
  5. Ingratiation – Mendapatkan target orang untuk melakukan apa yang anda inginkan dengan menempatkan dia dalam suasana hati yang baik (mood) atau dengan membuat dia menyukai anda.
  6. Exchange – Menjanjikan beberapa keuntungan / bonus setelah memenuhi permintaan
  7. Personal Appeal – Membuat perasaan loyalitas atau persahabatan sebelum membuat permintaan.
  8. Coalition-building – Membujuk dengan mencari bantuan dari orang lain dalam koalisi, atau memberitahu mereka tentang dukungan yang Anda sudah menikmati dari orang lain.
  9. Pressuring – Mengharuskan patuh dan membuat tuntutan atau ancaman, atau mengintimidasi

Komunikasi Efektif

Dalam sebuah organisasi sangat diperlukan komunikasi efektif agar tujuannya dapat tercapai. Di zaman yg modern ini, komunikasi efektif sangat dibantu dengan adanya banyak media sosial. Media sosial dapat mendekatkan yang jauh, tapi juga tidak jarang "menjauhkan yang dekat". Dalam hal ini saya yg bergabung dengan komunitas Bismania Kaskus sangat terbantu dengan keberadan media sosial. Anggota komunitas yang tersebar di beberapa kota dapat terhubungkan dengan adanya twitter, facebook, dan juga grup chat. Syarat-syarat untuk berkomunikasi secara efektif adalah antara lain :

  • Menciptakan suasana yang menguntungkan.
  • menggunakan bahasa yang mudah ditangkap dan dimengerti.
  • pesan yang disampaikan dapat menggugah perhatian atau minat di pihak komunikan.
  • Pesan dapat menggugah kepentingan dipihak komunikan yang dapat menguntungkannya.
  • Pesan dapat menumbuhkan sesuatu penghargaan atau reward di pihak komunikan.

Dengan berkomunikasi menggunakan media sosial atau pun grup chat, kita bisa saling berbagi cerita pengalaman maupun info terbaru. Sebuah organisasi terbentuk karena adanya kesamaan dalam pemikiran atau pun tujuan. Berbicara tentag minat atau awareness di pihak komunikan, dapat dikemukakan bahwa minat akan timbul bilamana ada unsure-unsur sebagai berikut :

  • Tersedianya suatu hal yang menarik minat.
  • Terdapat kontras, yaitu perbedaan antara hal yang satu dengan lainnya, sehingga apa yang menonjol itu menumbuhkan perhatian.
  • Terdapat harapan untuk mendapat keuntungan atau mungkin gangguan dari hal yang dimaksudkan.
  • Itulah beberapa hal saja yang dapat menimbulkan sesuatu komunikasi yang efektif.





http://ruciantassani.blogspot.com/2015/03/strategi-ampuh-menyelamatkan-keuangan.html
https://edoparnando27.wordpress.com/komunikasi-efetif/
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment