Thursday, March 26, 2015

Touring Estafet Naik Bus dan Kereta Jakarta - Jogja - Jakarta via Surabaya - Malang

Aloha ketemu lagi.

Aloha touring lagi. Wakaka....

Lagi..lagi memanfaatkan promo #GongXiFatChai persembahan @KAI121 :v
source

Btw keberangkatan ane bertepatan setahun yg lalu solo trip ke Malang :D First Time Solo Trip

24 Februari 2015

Touring kali ini ada partnernya, doi kaskuser, sebut saja Fertennviilz. Janjian ketemu di Gambir jam 18:00. Biasa lah... kita cari-carian dulu :v

Perjalanan diawali numpak KA 54 Bangunkarta relasi Gambir - Surabaya Gubeng yg berangkat dari Gambir jam 18:15
KA 54 Bangunkarta sebelum berangkat

25 Februari 2015

Kabin KA 54 Bangunkarta

7:35 tiba di St. Surabaya Gubeng, biasa... ngaret dari jadwal yg telah ditentukan. Tapi kita sih santai.
Keluar dari stasiun langsung jalan ke arah Monumen Kapal Selam yg letaknya ga jauh dari stasiun. Sebelum trip ke SBY, woro-woro dulu ke salah satu temen BiMaKus yg di SBY, mas Agung (busharjay) biar ga nyasar :v.
Tiba di lokasi Monkasel kepagian ternyata, baru buka jam 8:00. Yowes...ngobrol-ngobrol dulu sama petugasnya.
Monkasel dari kejauhan

Akhirnya loket dibuka, harganya Rp 10.000/orang. Tapi pas masuk, katanya AC-nya baru dihidupin, yaudah nunggu lagi di tempat duduk dipinggir Kalimas.
Pinggiran Kalimas

9:30 langsung ngacir ke dalem kapal selamnya

Mayan..dalemnya adem :D
Kamar mesin KRI Pasopati410

Berikut sekilas tentang KRI Pasopati 410

KRI Pasopati 410, termasuk tipe SS Whiskey Class, dibuat di Vladi Wostok Rusia pada tahun 1952. Kapal Selam ini berpartisipasi di Angkatan Laut sejak tanggal 29 Januari 1962, tugas utama adalah untuk menghancurkan garis musuh (anti-shipping), pengawasan dan melakukan penggerebekan secara diam-diam. KRI Pasopati 410 telah mengambil peran besar untuk mempertahankan hukum kelautan, seperti Operasi Trikora, KRI Pasopati 410 turun ke belakang garis musuh, memberi penindasan secara psikologis.

Spesifikasi :
  • Panjang: 76,6 m
  • Lebar: 6,30 m
  • Kecepatan: 18.3 knot di atas permukaan, 13,6 knot di bawah permukaan
  • Berat penuh: 1.300 tons
  • Berat kosong: 1.050 tons
  • Kemampuan penemuan: 8.500 mil laut
  • Baterai: 224 unit
  • Bahan Bakar: Diesel
  • Persenjataan: 12 Torpedo Uap Gas
  • Panjang: 7 m
  • Baling-baling: 6 lubang
  • Awak kapal: 63 termasuk Komandan
  • KRI Pasopati memiliki jumlah 7 ruangan:
  1. Ruang untuk haluan Torpedo, dipersenjatai dengan 4 torpedo propeller, juga bertindak sebagai penyimpanan untuk torpedo
  2. Ruang Komandan, Ruang Makan, dan Ruang Kerja. Di bawah dek adalah Ruang untuk Baterai I
  3. Jembatan utama dan Pusat Komando. Penyimpanan Makanan di bawah dek
  4. Ruangan Awak Kapal, Dapur, dan penyimpanan untuk Baterai II di bawah dek
  5. Ruangan Mesin Diesel dan Terminal Mesin
  6. Kamar Mesin Listrik
  7. Ruangan Torpedo untuk bagian buritan. Berisi dengan 2 buah Torpedo.

source: monkasel.com

Kelar dari situ bisa nonton theater. Disana nonton sejarahnya kapal selam yg beroperasi di Indonesia, bukan tentang Pajama Drive lho yaa..

Selesai dari Monkasel, jalan dulu ke belakang, mau lihat Patung Sura dan Baya
Patung Sura dan Baya ada air terjunnya :v

Ane merasa kok beda banget yak sama yg ane lihat di tipi-tipi. Ini posisinya dipinggir kali persis, sedangkan yg ditipi cakep, ada tamannya gitu.

Yaudahlah biarin aja.

Masuk lagi ke area Monkasel, buat motong jalan. Rencana mau lanjut ke Malang, sekedar putar kepala :v

Jalan lagi ke stasiun, rencana mau numpak KA Panataran Dhoho, yg rada murahan. Tapi pas masuk stasiun, di LCD-nya Panataran Dhoho seatnya 0 alias abiiis dan ane pun ga ngerti prosedur beli tiketnya gimana, sepertinya beda sama beli tiket CL yg cukup ringkas :D. Diputuskan buat naik bis aja. Keluar dari stasiun jalan kaki aja sampe tempat yg sudah diinfokan mas Agung.

Laper...makan dulu di depan stasiun di lapak kaki lima, nasi campur Rp 8.000. Baru dah lanjut jalan lagi.

Jalan kaki kira-kira 20 menit lah sampe di halte. Dari sini lanjut naik biskota DAMRI P1 arah Terminal Bungurasih.
Lumayan bisa city tour :v, jauh juga soalnya ke Bungur. Dan dari city tour itulah ane baru tau kalo Patung Sura dan Baya itu ada 2. Satu lagi patung yg ane bilang cakep tadi itu adanya di depan KBS :v. Ngelewatin DBL Arena juga O.O
Nah patung disini yg ane maksud cakep, letaknya depan KBS source

12:41 nyampe juga di Terminal Bungurasih. Rencananya mau numpak SG tujuan Jogja yg jam malem, tapi nyampe disini masih siang. Planga-plongo dulu dimari sambil cari spot yg enak bakal istirahat. Oiya, ini ruang tunggunya jadi lebih bagus lho.
Lounge Terminal Bungurasih

Ga nemu spot yg bagus, lanjut lah ke Malang. Woro-woro ke temen ane yg ada di Malang, walah pada sibuk kuliah semua ._.

Nongkrong dulu di area pemberangkatan jalur ATB sambil milih-milih bis yg bagus dan belom pernah dinaikin. Sempet ada Tentrem bodi Max.. eh udah berangkat :(, sisanya ada Restu "panda", ga jadi naik, udah punya tiketnya soalnya :D.
Pindah lagi ke jalur Patas. Sempet ada Hafana bodi ScorX.. eh udah berangkat lagi :(, Yaudah nunggu bis berikutnya. Tapi bis belakangnya zonk, cocoknya sih itu armada turun kasta jadi ATB aja, bodinya udah ga menarik :|. Akhirnya numpak bis belakannya, yaitu Medali Mas.

Dua jam aja perjalanan menuju Malang. Tiba di Terminal Arjosari langsung melipir ke mesjid yg letaknya dibelakang terminal. Istirahat sejenak dan mandi di tempat yg telah disediakan, cukup bayar Rp 2.500. Jam 19:00 siap-siap balik SBY lagi :v
Sebelumnya makan bakso dulu, tulisannya sih harga Rp 8.000, tapi jadi Rp 11.000 gegara pake lontong sama sebungkus keripik tempe dan masih belom kenyang pula :v. Udahlah biarin, ini juga mulai ngantuk, tinggal bobo aja.

Kelar makan, muter dulu ke area pemberangkatan Bus Malam. Dan akhirnya muter lagi ke jalur Patas SBY - Malang buat numpak Patas Hafana casis 1526 bodi new marco. Entah posisi lagi dimana ane bobo dulu, sampe akhirnya dibangunin sama kawan ane pas di Ramayana.

Langsung jalan ke jalur pemberangkatan ATB Jogja. Sudah siap disana SG berbodi Legacy, tapi ane mau yg Discovery, yaudah nunggu lagi. Masuk lagi Mira. Nah belakangya baru SG bodi Disco nopol 7099. Buanter tenan iki. Mosak-masik blong kanan-kiri :o. Sempet shock juga ane :v, sampe akhirnya bisa woles lagi dan sampe pada ahkirnya bisa bobo.
22:46 lapor posisi di Kertosono ke kawan ane sekaligus penyedia tempat perpal di Jogja, Rizky (rizkylallala)

Udah lapor...bobo dulu :D

26 Februari 2015

Bangun-bangun jam 1:29 udah di Sragen. Bis ku lagi ngekorin Handoyo.
2:21 masuk Terminal Tirtonadi, ada beberapa penumpang yg turun dan naik. Lanjuuut Jogja.

3:24 tiba di Terminal Giwangan. Woro-woro lagi, siapa yg bakal jemput :D. Berhubung ane perginya berdua, rada susah nih kalo yg jemput cuma 1 motor.

Satu orang lagi ditunggu tak kunjung tiba tuk menjemput, alhasil ane ngalah. 4:09 ane sambung biskota lagi sampe Terminal Jombor, naik jurusan Jogja - Magelang, nanti dijemput lagi disitu. Subuh-subuh udah city tour aje. Wakaka...

Turun di Jombor jam 5:03. Terminalnya masih "tutup", toiletnya aja sampe dikunci :(. Ga lama akhirnya dijemput juga.
Supra 125 buanter juga ternyata, ga kalah sama SG. Pake sein cepet pula O.O.

5:17 tiba di tempat perpal pertama alias kosannya Habiby (habibiy18), Bimakus tim Jogja. Berhubung nanti dia mau ngampus, dioperlah kita ke kosannya mas Rijal (rhieei7), Bimakus tim Jogja juga. Numpang bobo disitu, sampe akhirnya mandor kita Rizky jemput. Ane bangun seiktar jam 11:30 karena suara berisik...eh ternyata mandornya sudah hadir :D

Ga pake lama langsung pindah lagi ke kosannya Rizky. Numpak Xeon mode Tuti (tumpuk tiga). Hahaha...

Akhirnya dapet tempat perpal "permanent". Rencana ane sama Ferten mau cabut besok

Skip

27 Februari 2015

Selepas Solat Jumat siap-siap pulang. 12:40 jalan ke halte Trans Jogja RS Sardjito buat ke Giwangan. Enak nih Trans Jogja, kalo bayar tiketnya pake Flazz ada promonya :'). Lama juga nunggunya, 13:30 baru dateng bisnya.
Pas banget hari Jumat, cuma Rp 1.500 aja dari normal Rp 3.600 :v source

14:33 tiba di Giwangan dan langsung meluncur ke jalur pemberangkatan Patas SBY. Liat-liat dulu ada armada apa aja, disana siap Eka bodi RoTrav, Mira Lagacy dan SG Legacy. Dipilihlah Mira karena bodinya masih gress dan biar ada yg bisa di-BDB juga.

Ga lama duduk, Eka yg disebelah berangkat, ehh Eka 7537 bodi Jetbus 2 HD+ masuk jalur. Langsung pindah ke lapak sebelah. Wahaha...

Onboard ke Solo. Di Solo ini kita pada punya tujuan yg berbeda, ane pulang ke JKT, Rizky PJKA Solo dan Ferten estafet Pacitan.
17:30 tiba di Terminal Tirtonadi, dan disini kita berpisah :'. Kalo Rizky nganterin ane sampe beli tiket di agen Rosin Gilingan. Go show, cuy. Pinginnya sih turun Rawamangun, tapi mau dikatakan apalagi, kursinya wes entek. Walhasil ikut armada Exe SBY - Bogor NL 449, turun di Depsos Bekasi.

Ga lama, Rizky dijemput sodaranya dan ane stay di agen.
Agen Rosin Gilingan

18:52 akhirnya bis berangkat. Btw, ini pertama kali ane naik 1626 :D. Airsus-nya ngayun bingit. Duduk di seat 5 B. Kelas Exe tapi ga ada legrest nya, footrest tok. Huft.

Sampe Salatiga masih kuat melek, lepas dari situ... tidoor :v.

22:08 ane melek lagi berenti di RM Sari Rasa. Tapi ane heran, kok ga pada turun yak ._.. Dan ternyata ga servis makan, kebetulan sepertinya penumpang yg naik dari Solo area cuma 2 orang, ane dan sebelah ane dikasih bungkusan yg ternyata isinya nasi sama teh manis.

Makan onboard di kulkas berjalan :|. Sungguh tak nikmat. Dingin, terombang-ambing airsus 1626 dan remang-remang ._.

28 Februari 2015

3:06 masuk RM Sari Boga, tau ngapain dimari, ane mah cuma ke toilet sama liat-liat aja :v
449 dan 381 rehat di RM Sari Boga

Disini nemu montor e pak kaji juga yg abis laka nyundul Rosin.

5:35 posisi udah di Tol Japek KM 57. Exit Cibitung dulu karena ada beberapa penumpang yg turun disana.
Onboard 449 di Tol Japek

6:33 finish agen Depsos, Bekasi. Masuk ke toilet, abis itu maksudnya mau foto 449 eh malah udah jalan lagi ke Bogor. Hahaha...
Cuma ada ini aja yg terparkir di Depsos
Agen Depsos, Bekasi

Sebelum lanjut, makan dulu di Bulak Kapal, cari tukang nasi kuning. Kelar makan baru deh lanjut numpak P9A.

Go home.. go home.. ~

KA 54 Bangunkarta : Rp 198.000 (promo)
Biskota DAMRI : Rp 5.000

Patas Medali Mas : Rp 25.000
Seat 2-2

Patas Hafana : Rp 25.000
Seat 2-2

Sumber ATB
Surabaya - Jogja (Giwangan) : Rp 57.000
Discovery Laksana, Hino AK8
Special seat 2-3

Biskota Jogja : Rp 5.000
Trans Jogja : Rp 1.500 (Flazz)

Eka Cepat 7537
Jogja (Giwangan) - Solo : Rp 15.000
Jetbus 2 HD+ Adiputro, Hino RK8 R260
Reclining seat 2-2, air mineral

Rosalia Indah Ekesekutif NL 449
Solo (Agen Gilingan) - Bekasi Timur : Rp 185.000
Jetbus HD Adiputro, Mercedes-Benz 1626
Toilet, footrest, reclining seat 2-2, servis makan 1x RM Sari Rasa (nasi box)

P9A : Rp 8.000


Exclude jajan-jajannya...
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment