Tuesday, September 1, 2015

Cerita Perjalanan ke Gunung Prau

Wuwuwuwuwuuuu..... Liburan kampus telah tiba, waktunya kita piknik

Udah jauh-jauh bulan temen-temen gua rencanain buat hiking dan kali ini kita mau hiking ke G. Merbabu. Persiapan sana sini udah siap. Tiket pulang pergi udah ada (kecuali tiket pulang buat gua). Di tiket tertera jadwal keberangkatan ke SMC tgl 22 Agustus. Dua hari sebelumnya yaitu tgl 19 Agustus kita meeting terakhir untuk persiapan keberangkatan. Pulang dari meeting tersebut kita dapet kabar kalo G. Merbabu lagi dilanda kebakaran hutan :(

Ratusan orang dari empat kabupaten di Jawa Tengah dikerahkan untuk memadamkan kebakaran yang melanda Taman Nasional Gunung Merbabu.

Sarwa Pramana, selaku Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah, mengatakan mendapat bantuan dari TNI, Polri, serta masyarakat dari Kabupaten Magelang, Kabupaten Klaten, Kabupaten Semarang, dan Kabupaten Boyolali.

Mereka baru dikerahkan sejak pagi mengingat upaya pemadaman api dihentikan pada malam hari karena kondisinya berbahaya.

“Tiupan angin sangat kencang tadi malam. Arahnya ke bawah, mendekati rumah penduduk,” kata Sarwa kepada wartawan BBC Indonesia, Jerome Wirawan.

Kebakaran di Gunung Merbabu dilaporkan mulai berlangsung pada Rabu sore (19/08) lalu. Sejak saat itu, berdasarkan pantauan BPBD Jawa Tengah, api ditaksir telah melalap sedikitnya 25 hektare lahan. Adapun penyebabnya hingga saat ini belum diketahui.

Alhasil kelimpungan lah kita. Ini trip mau ditunda apa diterusin tapi ke tujuan berbeda. Tiket sudah dibeli dan equipment sudah lengkap. Agak sangat disayangkan juga kalo dibatalin gitu aja. Setelah diworo-woro...kita putuskan untuk lanjut trip-nya..tapi kita "banting stir". Kita trip ke G. Prau yg ketinggian 2565 mdpl.

Tapi yg jadi sedikit masalah adalah transportasinya. Tiket sepur kita turun Semarang, sedangankan TKPnya berada di Dieng, Wonosobo. Udahlah itu gampang, liat disana aja nanti. Yang penting berangkat dulu

22 Agustus 2015

Dan waktu itu pun tiba. Jam 20:07 rombongon Bekasi lapor udah jalan. Gua sendiri nanti akan menyusul mereka di St. Pasar Senen (PSE). Jam 23:00 KA Tawang Jaya tujuan akhir St. Semarang Poncol (SMC) diberangkatkan.

Skip.. Skip

23 Agustus 2015

5:50 sepur sudah berhenti di SMC. Joss sekali ini masinisnya, lebih cepat 2 menit dari jadwal O.O. Keluar dari stasiun "disambut" oleh para kang ojeg, supir taksi dan supir omprengan. Rombongan kita ditawarin oleh seorang supir omprengan. Untungnya kita ada personel yg handal dalam berbahasa lokal a.k.a. bahasa jawa. Setelah nego akhirnya deal juga :). Kita jalan ke parkiran dimana mobil itu berada. Jeeeng...jeeeng. Kita keseluruhan ada 11 personel lengkap dengan carriernya. Ini armadanya doi Gran Max, bakal muat gak yeeh ._. Sebagian carrier dimasukkin ke kabin belakang dan diisi dengan 6 orang ukuran "piyik". Untungnya ini konfigurasi seat belakangnya saling berhadapan, jadi muat banyak laah :v Carrier sisanya masuk ke kabin tengah dan diisi 4 orang. Sisanya 1 orang duduk di seat depan.

Gua kebagian duduk di paling belakang. Sumpek bener. Tapi untungnya Semarang kalo pagi itu adem bener :v Mana ngeri-ngeri pintunya jebol gitu. Lewat tol Bawen pulak yg kontur jalannya berbukit :| Di tengah perjalanan kita rehat sebentar di RM Mbak Tun, Temanggung buat sarapan. Enak nih mode prasmanan. Makan pake nasi, mie goreng, sayur tahu, samaaa.. lupa 1 lagi pake lauk apa tterus minumnya teh manis anget dihargai Rp 9.000 sahaja :D Parwisan juga banyak yg masuk sini
RM Mbak Tun, Temanggung

Setelah itu perjalanan dilanjutkan ke Dieng. Perjalanan masih jauh kaka. Setelah sampai di... ahh ga tau dimana, mulai tumbang satu persatu. Ga berasa jalannya udah mulai berkelok kelok.. Salah satu personel ada yg jackpot.. Untungnya abis makan tadi gua sempet ng-doping alias nenggak antimo :v. Drivernya handal bener ini.

Mampir ke pasar sebentar, beli keperluan sedikit. Disini gua jajan ke warung, Pop Ice Bubble Gum seharga Rp 2.500. Jalanan pas naik ke Dieng-nya sedikit macet, karena sedang ada perbaikan jalan. Jalannya juga cuma 2 jalur, jadi jalannya bergantian. Skill drivernya handal banget. Main koplingnya jago, ditanjakkan ga pake mundur sedikit pun.

Skip.. Skip..

11:24 Udah tiba di Patak Banteng, Dieng. Istirahat dulu kita di GOR Bulutangkis milik warga. Kelar disitu rada sorean jam 14:30 kita pindah ke basecamp untuk bermalam. Rencananya kita mau nanjak itu esok harinya

24 Agustus 2015

5:30 gua udah bangun dari sleeping bag tercinta. Ke kamar mandi buat buang urine sekalian cek pintu kamar mandi mana yg ada slot kuncinya :v Udah ketemu. Balik lagi buat ambil peralatan tempur. Gua jadi orang pertama yg mandi di pagi itu diantara rombongan gua :| Aslik. Itu dingin banget airnya.

Skip.. Skip..

Jam 10:00 udah mulai meninggalkan basecamp untuk perjalanan ke puncak G. Prau. Mampir dulu ke warung yg ada di belakang basecamp buat jajan-jajan.

Track menuju puncaknya berdebu banget. Oiya kita dari jalur Patak Banteng yaa. Akhirannya sih kita sampe di area camp puncak kira-kira 14:50. Biasaalah... pasukan kita itu aliran santai. Selama perjalanan aja kan masih ada warung tuh.. kita selalu mampir dan jajan gorengannya :v Gorengan di Dieng itu khas banget. Bakwan sama tempe tepungnya tipis tapi lebar. Tempenya sih kecil, tapi tepungnya lebar banget.

Sampe di area camp langsung gelar tenda.

Pas malemnya gua sempetin buat ke luar tenda. Liat langit yg banyak bintangnya. Kapan lagi gua bisa liat kek gitu :D.

25 Agustus 2015

4:20 udah bangun. Jalan ke luar tenda lagi buat liat bintang-bintang sebanyak itu untuk yg terakhir. Akhirnya semua personel udah pada bangun, siap untul melihat dan mengabadikan sunrise.
Menanti sunrise

Skip.. Skip..

11:15 udah selesai berkemas dan siap buat turun ke basecamp. Akhirnya sampe basecamp kira-kira jam 13:40. Kelar dari situ bersih-bersih sedikt. Kotor banget sama debu soalnya. Sorenya kita homestay di salah satu rumah kru basecamp, Mas Ato namanya. Doi rumahnya memang biasa dijadikan home stay.

26 Agustus 2015

Medium bus di Dieng

9:30 jalan-jalan ke Dieng dengan naik medium bis 4 ban. Setelah itu turun di pertigaan jalan dekat tulisan "DIENG" yg besar itu. Lalu dilanjut dengan berjalan kaki menuju kawasan wisata Dieng. Disana kita bayar biaya masuk ke kawasan sebesar Rp. 10.000. Setelah itu kita jalan ke Telaga Warna dan foto-foto lah disana. Gua sempet-sempetin buat nelpon agen HR Kartosuro untuk reservasi tiket kepulangan besok..
Telaga Warna Dieng

Skip.. Skip..

Pulang ke homestay buat siap-siap ke Magelang. 14:00 kita pamitan ke Mas Ato untuk melanjutkan sebagian perjalanan buat ke Jakarta. Jalan sampai depan jalan raya ada bis yg menanti. Nego dulu untuk tarifnya, karena pasukan banyak, Heheu.. Beberapa dari kita ada yg beli oleh seperti carica, keripik kentang, edelweiss dan lainnya. Selesai belanja, naik ke bis untuk ke Magelang. Untuk ke sana kita harus transit di Terminal Wonosobo. Skip.. skip.. Tiba di Terminal Wonosobo kita kesorean sekitar jam 15:50. Bis arah Magelang udah abis. Tapi untungnya supir bis yg kita naikin ini baik hati untuk ngejar bis Magelangan terakhir yg untungnya juga lagi ada di depan terminal. Pindah lah kita ke bis Magelangan. Masih sama ukurannya medium bus tapi ini dengan 6 ban. Kita nikmatin aja perjalanan ke Magelang, karena udah pada lelah. Kena macet, entah di daerah mana.

Masuk di Terminal Tidar, Magelang sekitar jam 18:45. Dari situ kita charter mobil ke rumah neneknya salah satu personel kita. Di daerah Kalinegoro tempatnya. Sampe rumah langsung pada bergilir mandi, makan dan leha..leha.. sampe akhirnya tidooor.

27 Agustus 2015

7:00 udah pada bangun dan satu per satu pada mandi. Setelah itu sarapan dan beberes sedikit. Lalu pamitan kepada si Mbah dan berterima kasih banyak karena telah diberikan tempat. 10:00 meninggalkan rumah dan berjalan ke depan komplek. Disana ane berpisah dengan seluruh pasukan, karena ane ngejar bis ke Jakarta dari Kartosuro. Sedangkan mereka numpak Progo dari St. Lempuyangan (LPN)

Dan di sini pula post ini musti gua akhiri. Nanti terkait perjalan pulang gua, dibuatkan post tersendiri yaitu perjalanan estafet ke Jakarta :D

Rincian biaya:
KA Tawang Jaya (PSE - SMC) = Rp 65.000 /org
Charter mobil (SMC - Dieng) = Rp 55.000 /org (Total Rp 550.000. Pastinya seberapa kita handal nego untuk dapet harga yg menarik)
Medium bus Patak Banteng - Dieng = Rp 2.500 /org
Medium bus Patak Banteng - Terminal Wonosobo = Rp 15.000 /org (Tarif asli Rp 20.000, tapi untungnya bisa dinego)
Medium bus Terminal Wonosobo - Terminal Tidar, Magelang = Rp 20.000 /org
Tiket masuk kawasan wisata Dieng (include theater) = Rp 8.000 /org

Exclude biaya makan ya. Tapi rata-rata gua makan nasi rames non daging kena Rp 9.000 kok. Makan mie ongklok di sekitar basecamp harganya Rp 8.000. Gorengan Rp 1.00an