Thursday, March 24, 2016

Berpikir Deduktif dan Induktif

Deduktif

Silogisme Kategorial

PU : Semua pesawat berbahan bakar avtur
PK : Airbus salah satu pembuat pesawat terbesar yaitu A380
K : Airbus memerlukan avtur

Semua pesawat yang akan beroperasi membutuhkan avtur untuk melakukan penerbangan. Sementara itu, Airbus adalah salah satu pembuat pesawat terbesar yaitu A380. Karena itu, A380 juga membutuhkan avtur karena merupakan salah satu jenis pesawat.


Silogisme Hipotesis

PU : Saya akan mendaki gunung jika peralatan sudah lengkap
PK : Saya sudah melengkapi peralatan
K : Saya mendaki gunung

Sudah lama saya berburu peralatan untuk mendaki gunung bersama teman-teman. Akhirnya saya menemukan apa yang dicari dengan harga yang menarik. Dan akhirnya saya mendaki gunung


Silogisme Alternatif

PU : Andri seorang anggota TNI AU atau pegawai Kemenkumham
PK : Andri seorang anggota TNI AU
K : Andri bukan pegawai Kemenkumham

Karena seragamnnya yang sama-sama berwarna biru muda, orang-orang bingung apakah Andri anggota TNI AU atau pegawai Kemenkumham. Ternyata Andri bekerja sebagai anggota TNI AU. Oleh karena itu, Andri bukan pegawai Kemenkumham


Entimen

PU : Transportasi bersubsidi selalu bertarif murah
PK : Kereta kelas ekonomi adalah transportasi bersubsidi
K : Kereta kelas ekonomi bertarif murah

Entimen : Kereta kelas ekonomi bertarif murah, karena merupakan transportasi bersubsidi


Induktif

Generalisasi

Kemacetan merupakan salah satu permasalahan yang belum terselesaikan di kota besar seperti Jakarta. Ada saja pihak yang menuding pihak lain sebagai penyebab kemacetan. Seperti pengendara motor yang menyalahkan pengendara mobil pribadi karena kendaraannya yang hanya berisi 1 orang, yang padahal dapat mengangkut 6 orang dan pengendara mobil pribadi yang menyalahkan pengendara motor karena populasinya yang sangat banyak. Padahal mereka semua turut andil dalam kemacetan di Jakarta. Selama tidak ada yang mengalah untuk beralih ke angkutan umum, kemacetan akan terus terjadi.


Analogi

Untuk menuju Malang dari Jakarta seseorang harus memiliki gambaran rute jalur yang akan dilalui agar tidak tersesat. Ada beberapa rute jalur yang bisa dialui, lewat utara atau lewat selatan. Lewat utara lebih cepat, tapi hanya bisa melihat pemandang laut saja, sedangkan jika lewat selatan memang agak lama karena jalannya berliku, tapi bisa melihat hijaunya pegunungan. Sama halnya dalam hidup, seseorang pasti telah memiliki sebuah impian dan telah membuat 'jalur' bagaimana caranya agar bisa sampai ke impian tersebut. Ada jalur yang singkat tapi monoton atau yang agak berliku tapi memiliki cerita disetiap likunya meskipun akan berakhir dengan indah dikeduanya.


Hubungan Kausal

Pasokan minyak yang berlebih menjadi salah satu faktor penyebab turunnya harga minyak dunia. Selain itu juga negara-negara maju telah banyak yang mengembangkan dan menggunakan energi alternatif yang lebih ramah lingkungan juga menjadi penyebabnya. Hal tersebut berdampak di dalam negeri yaitu dengan turunnya harga BBM produksi Pertamina.

Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment