Wednesday, June 4, 2014

Jenis-Jenis Bismania

Postingan ini terinspiriasi dari akun @malangkereta yang pernah ngetwit seperti ini :))

Tanpa maksud untuk mengkotak-kotakan, berdasarkan observasi TS, bismania juga terdiri dari beberapa jenis, antara lain:

1. Technology Interest

sumber

Mereka umumnya tertarik pada teknologi yang ada pada bis, entah itu tenang mesin, sasis, ataupun pembuatan karoseri. Mereka yang termasuk jenis ini, biasanya mampu membedakan jenis sasis yang digunakan sebuah bis hanya dengan melihat tampilan luarnya saja, selain itu biasanya juga hafal tipe mesin yang digunakannya.

2. Photography Interest

sumber

Mereka biasanya kerjaannya hanya foto bis terus-terusan. Bisnya itu-itu juga. Tempatnya disitu-situ juga. Itu yang TS amati di dunia maya dan nyata lho ya, tapi untuk tipe yang seperti itu mayoritas pelukanya adalah bocah. Belum lagi trend foto mode ‘ndlosor’ dan lokasinya mepet TOL atau jalan raya, itu BAHAYA MENN! Ckckck…

Hmm… mungkin mereka perlu plesiran. Oke maaf, no offense.

Tapi sekarang banyak juga kok yang bisa menghasilkan foto yang bagus dan objeknya pun ga cuma sebuah bis aja, tapi juga ‘kehidupan’ disekitar bis, seperti akun @sukafotobis misalnya.

3. Gamer Simulator


Mereka yang hobi sekali bermain simulator. Oiya, pada dasarnya simulator bis itu berawal dari game simulator truk, tapi karena kreativitas orang-orang kita, akhirnya dimodifikasilah menjadi game simulator bis Indonesia, contoh gamenya seperti 18 WOS Haulin, UK Truck Simulator.

4. Speed Hunter

sumber

Bismania jenis ini sukanya naik bis yang joss. Disetiap kesempatan mereka biasanya selalu bertanya “lur, bis dari X ke Y yang joss P.O. apa?”. Jenis speed hunter ini biasanya selalu berada di hotseat/cb/cd. Banyak alasan mengapa mereka ingin yang joss, antara lain karena mereka PJKA, kejar tayang, atau hanya sekedar ingin menikmati ‘Theatre Pantura/Opera van Tura’.

5. Favorite Exterior

sumber

Untuk yang ini, umumnya mereka hanya menyukai tampilan livery ataupun body bisnya saja. Karena zaman sekarang livery P.O. sudah makin ‘berwarna’ dan menarik belum lagi bila dipadukan dengan body bis yang tepat maka akan makin eye catching. Tapi biasanya, jadi bismania dimulai dari tahapan ini.

6. Lucky Men

sumber

Kalo yang ini sih hoki-hokian, jadi misalnya bepergian naik bis tanpa berharap apa-apa , tapi ditengah perjalanan mendapat kejutan. Seperti bis yang terkenal santainya, tiba-tiba drivernya joss, lalu mendapat bis yang bagus, padahal P.O. tersebut menerapkan sistem rolling.



Jadi, kalian termasuk jenis yang mana?

4 comments: