Tuesday, November 25, 2014

Piknik ke Pulau Semak Daun

Setelah tgl 5 September lalu gua single piknik ke Malang, 10 Oktober kemarin giliran gua sama temen-temen piknik ke pulau. Pulaunya masih di wilayah Jakarta sih, Pulau Semak Daun namannya.

10 Oktober 2014

Jam 19.00 kumpul di rumah kawan gua di daerah lampiri. Sengaja jalan malem, soalnya siang ada yg dapet jadwal nguli. Ba’da Isya berangkat. Musti jalan kaki dulu sampe perempatan lampu merah lampiri, nah disitu mejeng dulu biar kek orang mau kemah...eh tapi emang mau kemah beneren sih. Ngga…maksudnya nungguin angkot buat ke halte TJ BNN. Sekitar 10 menit akhirnya dapet juga angkot yang ditunggu. Tadinya mau sistem borongan, tapi berhubung pada ngisi di kabin belakang, akhirnya sistem bayar perorangan deh. 20.15 tiba di halte TJ BNN. 20.50 On board TJ ke arah Pluit, disini perjalanannya lama banget, men. Dari Semanggi sampe Grogol merayap. Bayangin deh tuh. Selepas halte Grogol jalanan lancar sampai dengan halte akhir, Pluit.
Sekitar jam 23.15 tiba di halte akhir. Jalan kaki sedikit sambil liat angkot yang masih liwat buat di charter sampai ke pelabuhan. Awalnya enjoy aja di dalem angkot Carry yang diisi 11 orang. Tapi suasana berubah ketika angkot mulai masuk area pelabuhan. Oke..kita minta dianter ke pelabuhan Muara Angke baru/Kali Adem ehh malah dibawa ke Angke lama dan mau di drop di SPBU. Pffft.

Gua deskripsiin aja ya. Angke lama itu kalo malem tempat pelelangan ikan. Kita sampe sana udah tengah malem. Kita butuh istirahat (read: tidur). Kurang nyaman kalo buat istirahat disana, tapi kalo mau istirahat disana sih bisa aja di SPBU.

Setelah malalui perdebatan yang cukup alot antara supir angkot dengan logat khasnya dan rombongan kita, akhirnya dianter lah ke Pelabuhan Kali Adem. Heuheuheu…
23.51 akhirnya finish di Pelabuahan Kali Adem. Nah disini tempatnya nyaman banget buat istirahat. Jadi ada gedung semacem buat Lounge yang dalemnya ada kursi lipat macem di bioskop dan disertai dengan 4 Standing AC. Dingin bre.

11 Oktober 2014

Free time…ada yang duduk di pinggir laut sambil nyeduh kopi, ada yang ngcharge HP ada juga yang nyari makanan. Jam di HP menunjukkan 02.25 Temen-temen masih pada kuat melek hingga pada akhirnya tumbang satu per satu. Gua terbangun dari tidur gegara kedinginan dan mulai berisiknya lounge oleh ibu-ibu. Akhirnya gua keluar gedung buat nikmatin udara pagi laut.

Cacing di perut mulai tak bersahabat (read: lapar)…ehh pas banget ada kang bubur. Sarapan dulu, seporsi harganya Rp 6.000. Pelabuhan semakin siang semakin dipadati oleh calon penumpang, 6.30 tas pun mulai dijejerin sesuai urutan antrean. Karena rombongan kita dating dari malam. Dapatlah di baris ke 4 sampe 14, jumlah tas yang dijejerin sesuai dengan jumlah orang dirombongan ya. Diinfokan kapal akan berangkat jam 07.30. Oke ditunggu..sejam ga masalah lah.

Menjelang jam 07.30 belum ada tanda-tanda loket penjualan tiket akan dibuka. Semakin siang, pelabuhan semakin dipadati calon penumpang. Ga ada kepastian kapan para calon penumpang akan diberangkatkan. Sampai akhirnya sekitar jam 10.00 loket dibuka. Dengan melampirkan kartu identitas, tiket sudah ditangan.

Tiketnya doang yang ada, berangkatnya mah ga tau kapan. Huft.

Kawan gua yang naik ke lantai 2 gedung pelabuhan mananyakan hal tersebut ke petugas terkait, katanya kapal belum dapat Surat Persetujuan Berlayar (SPB), ya mungkin kapal berangkat jam 12.00. Kita pun berunding, ini mau refund apa tetep nungguin kapal datang. Dengan pertimbangan kalo nyampe di P. Pramuka nya aja sore, bakal ga bisa nyebrang ke P. Semak Daun. Tapi udah sampe siang gini kalo mau balik kanan terasa mubazir, apalagi sampe ada yang madol :v. Sampe disini gua cabut duluan, masuk ke lounge, ngadem. Entah kenapa padahal ini tempat jauh dari Bekasi, tapi tetep aja panas banget. Heheu..

Ga ngerti ceritanya bijimana, eh ada yang bilang kapal dateng...keluarlah gua dari lounge. Keluar-keluar disuruh nulis email, katanya buat dimasukin ke surat pembaca salah satu koran gegara servicenya yang kacau ini. Tapi tau dah itu diposting beneran apa ngga. Calon penumpang mulai lapar dan emosi. Apalagi rombongan gua ini. Heheu...

Udah ah capek, skip aja.

Akhirnya mulai ada titik terang, nama calon penumpang dipanggil satu persatu. Rombongan kita segera menenteng muatan masing-masing dan berjalan ke arah mbaknya buat diabsensi. Pede dong kita jalan duluan...yaiyalahhh wong kita nyampe disini dari malem, harus berangkat duluan kita.

Dipangil-dipanggil-dipanggil...kok nama kita ga ada yang disebut.

Eh akhirnya dipanggil juga..

Di kapal paling akhir berangkat tapi. Kampret!

Yang penting akhirnya naik kapal juga, bakal transit di P. Pramuka. Berasa naik bis yang airsus, mantal-mentul :D. Pakenya AC Split, yang adem cuma yang di depan aja. 15.00 tiba di P. Pramuka, Disini berbagi tugas, ada yang nyiapin sedikit keperluan buat di P. Semak Daun nanti, kek minjem Air minum segalon, ngisi ulang air minum galon kecil, nyari kapal dan jagain barang-barang. Semua udah kelar, jajan dulu...ada yang beli batagor lah...

Akhirnya nyebrang ke P. Semak Daun dengan menaiki kapal kecil. Asik lho naik kapal. "Alon-alon asal klakon", kira-kira itulah prinsip naik ini kapal.

Sampe juga di P. Semak Daun. Disana langsung mbangun tenda. Kelar mbangun tenda baru deh main di laut ~

Matahari mulai terbenam kita udahan mainnya. Langsung bilas...yang jadi masalah, berhubung ini lagi musim kemarau yang berkepanjangan, bilasannya pun pake air sumur yang asin. Badan jadi lengket-lengket gimanaaa giiitu. Mulailah masak buat makan malam, berhubung beralaskan pasir, jadi makanannya agak crispy pasir gimana gitu...

Mulai beranjak malam, beberapa dari kami mulai ada yang tidur dan ada yang ke dermaga untuk menikmati angin laut malam sambil menatap pantulan sinar bulan yang ditemani suara deburan ombak :3. Ga berasa udah jam 23.00 aja, mulai kembali ke tenda untuk tidur.

12 Oktober 2014

05.15 satu persatu mulai bangkit dari tidurnya. Yang bangun pagi ada gua, Ammar, Tomy ama Reza kita langsung ke pantai dekat dermaga. Kita bisa liat sunrise dari sini. Anak-anak pun mulai pada menyusul kita disini. Biasa lah...foto-foto dulu. Selesai dari pantai yang di depan, kita pindah ke sisi kanan. Disni ada hamparan pasir putih yang luas. Nah disini, foto-fotonya makin banyak.

Setelah puas berfoto ria, waktunya sarapan, sekalian ngurangin logistik, biar pulangya lebih ringan. Kita janjian dijemput dari sini jam 10.00 buat kembali ke Pulau Pramuka. Baru jam 8.30, tapi kita udah berbenah, biar tinggal santai kek di pantai. Menjelang jam 10.00 kita bergegas ke dermaga menanti kapal yang akan menjemput tiba. Hmmm...agak lama juga nunggunya, ngaret ternyata. Selow lah. Ngisi waktu sambil foto, beli kopi, nyari ikan.

Akhirnya kapal datang juga. Waktunya balik ke Pulau Pramuka. Sebelumnya kita mampir dulu ke penangkaran Hiu. Dengan membayar uang Rp 20.000 kita bisa memberi makan ikan yang ada disana dengan ayam.

Setelah itu lanjut berlayar. 12.00 tiba di Pulau Pramuka, istirahat dulu, sembari manunggu kapal yang akan mengantarkan kami ke Pelabuhan Muara Angke Lama. 13.00 kapalnya penuh, sepanjang perjalanan ada dari kami yang tidurlah, becanda lah dan naik ke atas kapal. Cuaca saat itu terik sekali. Lama perjalanan memakan waktu sekitar 2 jam. 15.30 bersandar di Muara Angke, kita jalan sedikit ke luar area pelabuhan, sampai akhirnya berhenti di SPBU yang kemarin. Disini kita jajan es potong dulu, sambil nego angkot untuk dicharter sampai ke Beos. Rencananya kita mau lanjut naik CL.

Berhubung salah satu dari kita ada acara interview seleksi BEM di Depok, maka di Beos lah ia berpisah dari rombongan. Ia ke arah Bogor sedangkan kita ke arah Bekasi. Kita turun di St. Kelender, disini Reza pisah dari rombongan karena rumahnya lebih deket kalo dari sini. Sisanya kita naik angkot buat ke rrumah Popo di Lampiri. Musti jalan dulu dari stasiun sampe sebelah mall Klender. Ga pake sistem charteran, bayar sendiri-sendiri.

Dari lampu merah lampiri musti jalan lagi sampe ke rumah Popo.

Finally..kelar juga trip kali ini.
Atas Ki. Ka.: Reza, Arif, Greg, Ammar, Ryan, Isham, Popo
Bawah Ki. Ka.: Rafly, Tomy, ogut, Kodry

See u in next trip ~

=============

Angkot Lampiri - Halte BNN: Rp 5.000/org
Transjakarta BNN - Pluit: Rp 3.500/org
Angkot Halte Pluit -Kali Adem: Rp 80.000/carter (diajak "muter-muter" dulu soalnya)