Saturday, December 8, 2018

Pengalaman Donor Darah yang Ke-10

Awalnya iseng-iseng aja karena gabut. Baca blog orang macem apa sih donor darah itu, syaratnya apa aja, prosesnya gimana dan yang paling penting selesai donor bakal dapet apa.. Hahaha..

Donor pertama kali di PMI DKI Jakarta, Kramat Raya tahun 2015, sewaktu kuliyeah masih banyak "tanggal merah" dan lagi bosen, coba main ke PMI. Alur proses donor di PMI DKI singkatnya; calon pendonor isi formulir, lalu dikumpulkan nanti akan dipanggil dapet nomor antrean, berikutnya periksa Hb dan berat badan kalau memenuhi syarat lanjut kalau gak ya kita pulang, berikutnya periksa tensi dan interview singkat seperti ditanya tidur cukup kah? 3 hari terakhir minum obat kah? dan lain lain kalau memenuhi syarat lanjut kalau gak ya kita pulang, berikutnya acara inti.. diambil darah sekantung, berikutnya lagi ini yang penting... ambil konsumsi. Hahaha...

Info antrean donor PMI DKI Jakarta. Dokumentasi pribadi
Oiya ini syarat untuk donor darah:
  • Usia 17-60 tahun (usia 17 tahun diperbolehkan menjadi donor bila mendapat izin tertulis dari orangtua)
  • Berat badan minimal 45 kg
  • Temperatur tubuh 36,6 – 37,5 derajat Celcius
  • Tekanan darah baik yaitu sistole = 110-160 mmHg, diastole = 70-100 mmHg
  • Denyut nadi teratur yaitu sekitar 50-100 kali/menit
  • Hemoglobin perempuan minimal 12 gram, sedangkan untuk laki-laki minimal 12,5 gram
  • Jumlah penyumbangan per tahun paling banyak 5 kali dengan jarak penyumbangan sekurang-kurangnya 3 bulan
  • Calon donor dapat mengambil dan menandatangani formulir pendaftaran, lalu menjalani pemeriksaan pendahuluan, seperti kondisi berat badan, HB, golongan darah, dan dilanjutkan dengan pemeriksaan dokter

Berikut-berikutnya TS lebih sering donor di Bekasi, tepatnya di Mall Metropolitan (MM), karena dekat dari kampus, dikala males langsung pulang mellipir dulu ke MM, tapi semenjak lulus kuliah, terkadang donor di Unit Transfusi Darah Kota Bekasi di Bulan-Bulan.

Selama ini kalau mau donor kadang ada aja kendalanya, pernah sekali kadar Hb ketinggian dan pernah 5 kali ditunda donor karena kadar Hb kerendahan.

Gak berasa menjelang akhir 2018 ini udah masuk donor yang ke-10 kali. TS coba mengajukan penghargaan di PMI Kota Bekasi, nanti piagam diambil sekalian donor berikutnya. Penghargaaan di donor yang ke-10 kali ini dapat piagam penghargaan dan pin.
Piagam Penghargaan dari UTD PMI Kota Bekasi

Pin donor ke-10 kali

Kalau masih bisa donor rutin, 3 tahun lagi masuk donor yang ke-25, kira-kira penghargaannya dapet apa aja yaa?

Referensi
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment