Friday, February 8, 2019

Selain di Kaca atau Bodi, Tagline Bus Antarkota ini juga Melekat di Ingatan

Tagline dapat dijuluki sebagai logo verbal. Hal ini karena tagline sudah seharusnya digunakan sebagai frasa yang diasosiasikan dengan brand. Oleh karena itu, tagline yang baik akan segera mengingatkan pendengar dan pembaca dengan sebuah brand. Berbeda dengan slogan, tagline tidak digunakan sebagai frasa pengenalan produk sehingga tidak mengandung atau menerangkan manfaat dan fitur dari produk tersebut.

Karena fungsinya sebagai logo verbal, maka tagline haruslah sesuai dengan perkembangan waktu. Tagline yang baik adalah tagline yang fleksibel dan dapat merepresentasikan identitas brand. Tagline dapat menggunakan frasa yang unik, lucu, menginspirasi, atau bahkan sindiran yang berupa sarkasme. Akan tetapi, biasanya tagline berhubungan dengan hal yang membuat suatu brand dapat menempuh sukses. Contoh tagline dari brand ternama dunia adalah “think different” milik Apple dan “just do it” milik Nike.

Pernah lihat bus-bus dengan sticker tulisan besar terpampang di kaca atau bagian bus lainnya?

Naah.. beberapa sticker tulisan tersebut bisa dianggap sebagai yang tagline yang menjadi identitas suatu Perusahaan Otobus (PO). Berikut beberapa tagline yang menjadi ciri khas suatu PO:

1. First Class Service

Surya Bali SB 05. Sumber gambar
Tagline dari PO bus asal Pulau Dewata yakni Surya Bali. Bus yang melayani trayek Denpasar - Jepara ini bisa dikatakan adalah primadona di jalurnya. Servis yang diberikan ke penumpang sangat melimpah. Sepengalaman ane numpak Surya Bali, saat masuk ke kabinnya dan di kursi yang akan ditempati sudah ada kotak snack berisi roti 2, air mineral, pop mie, teh dalam kemasan botol dan sewaktu bus berjalan meninggalkan Terminal Ubung, kru membagikan nasi kotak untuk makan siang.

Gak cukup sampai disitu, untuk menghalau dingginnya kabin di malam hari, di setiap kursi tersedia bed cover dan juga bantal. Untuk yang mau hangat-hangat dengan menyeduh pop mie, kopi atau teh juga tersedia.

Tagline First Class Service ini memang benar adanya.

2. Black Bus Community / 2x Hotspot on The Bus

Bejeu B 39. Sumber gambar
Dulu sekitar tahun 2010-an sewaktu ane masih mengenyam pendidikan di daerah Rawamangun, tiap pagi dan sore selalu berjumpa dengan bus-bus Muriaan. Terminal Rawamangun ini meskipun kecil tapi yang masuk sana bus-bus bagus semua. Edyaaaaan....

Pada masanya tapi. Sekarang udah sepi. Banget. Hahaha...

Salah satu bus yang paling mencolok yaitu Bejeu. Pada kaca depan Bejeu terdapat sticker besar dengan tulisan Black Bus Community, pada awalnya ane kira beneran ada komunitas bus berwarna hitam.. woh ternyata tidak. Hahaha...

Jadi tuh semua armada Bejeu livery-nya didominasi oleh warna hitam, yaaa bisa dibilang jadi identitas Bejeu laaah dan pada awalnya pula busnya mayoritas menggunakan bodi Scorpion King yang menambah kesan gahar.

Bejeu B 44. Sumber gambar
Tadi bahas kace depan, sekarang berpindah ke kaca belakang. Dibagian sini ada sticker tulisan 2x Hotspot on the Bus. Sepengetahuan ane Bejeu bukan lah PO pertama yang menyediakan fasilitas hotspot, tapi berkat sticker ini lah Bejeu juga menjadi identik dengan bus ber-hotspot kencang.

Tapi ane belum pernah mencobanya sih.

3. Melegenda dan Tetap Terpercaya

Santoso. Sumber
Melegenda dan Tetap Terpercaya merupakan tagline dari Santoso. Gak banyak tahu ane soal Santoso, kalau dilihat sekilas Santoso ini salah satu PO yang masih memberdayakan montor lawas. Tapi belakangan ini mulai ada peremajaan (sepertinya) rebodi. Livery-nya menurut ane ciamik dipadu dengan bodi buatan Karoseri Trisakti.

Oiya yang khas dari Santoso ini toiletnya yang legaaa, tapi sayang gak ada free servis makan.

4. BRegENj3ZTeam

Restu Mulya. Sumber
Ini salah satu tagline yang buat ane penasaran. Gak banyak info soal arti BRegENj3ZTeam. Tapi menurut salah satu twit dari akun twitter Bismania Community, BRegENj3ZTeam merupakan nama club mobil almarhum anaknya pemilik Restu Mulya.

5. Elkusla

Sudiro Tungga Jaya. Sumber
Elkusla merupakan akronim dari Eleng Kuat Slamet, berdasar hasil pencarian di grup facebook penggemarnya, artinya ...
"Sakbegja begjane wong kang lali isih begja wong kang eling lan waspada"
Eleng Kuat Slamet…..
- Eleng marang dawuh lan pepacuhe ALLAH
- Kuat narimo coba ingkanng pun dipestine….
- Slamet ndonyo akherate……………….

6. Dangerously Comfortable Coach!

Raya 1470 BR. Sumber
Dangerously Comfortable Coach secara harfiah berarti bus (jarak jauh) yang kenyamanannya "membahayakan". Tagline ini bukanlah resmi dari manajemen Raya melainkan ide dari seorang pelanggan berat Raya kelas Super Top PG yang bernama Jeffrey Enos. Kursi bekas pesawat menjadi ciri khas kenyamanan pada setiap armadanya. Raya juga merupakan salah satu pengguna setia chassis Mercedes-Benz dan Karoseri Laksana, meskipun armada lawas tapi masih tetap terawat. Saat ini sudah mulai peremajaan dengan armada terbaru bodi Legacy SR2 HD Prime R chassis Mercedes-Benz 1626.

Btw sepengalaman ane numpak Raya, untuk kelas Bisnis RS non-AC-nya pun juga menggunakan kursi bekas pesawat juga ternyata.

7. Sahalaah / Barxolid / Maxalmina

New Shantika. Sumber
Shantika salah satu bus yang tagline nya cukup banyak, dulu awal-awal sepengetahuan ane kaca depan Shantika cuma ada sticker nickname seperti; Panoramic, Elegant, Elegance, Advangarde, Unlimited dan lainnya, tapi sudah beberapa tahun ini sticker tersebut sudah berganti menjadi Sahaalah yang berarti kebaikan, diambil dari Bahasa Arab.

New Shantika. Sumber
Tapi gak cuma Sahaalah, ada sticker lainnya antara lain Barxolid yang merupakan akronim dari barokah soko langit dan Maxalmina yang berarti Maxalmena (atau: Maksalmina, Maxalmina, Makh shalmina, Maq Shalmaina, Mixilmina) adalah salah satu nama yang diambil dari sejarah Aulia 7 (Al Qur’an, Surah Al Kahfi) atau disebut juga dengan Ashabul Kahfi. Yaitu kisah 7 pemuda yang tertidur lelap didalam gua selama 309 tahun, untuk melarikan diri dari kekejaman raja Dikyanus.


Referensi, Referensi 2, Referensi 3, Referensi 4, Referensi 5, Referensi 6
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment