Friday, March 8, 2019

Naik Bus PPD JA Connexion Bandara Soetta Bayar via Aplikasi Glad

Bus PPD Glad. Sumber
Sewaktu pulang kerja sambil jalan kaki menuju Stasiun Bandara tengok ke arah berlawanan apakah ada PPD jurusan Mall Kelapa Gading (MKG) yang akan masuk pengendapan. Khas bangetlah armadanya yang berbodi Discovery besutan Karoseri Laksana dengan livery warna biru yang merupakan bus hibahan dari Kementerian Perhubungan Anggaran 2015. Wait.. Damri juga ada yang unitnya model gitu, cuma biasanya di kaca depannya ada sticker DAMRI dan hampir full body sampai dengan kaca penumpang dilapisi sticker visit Indonesia. Kalau menurut ane sebagai penumpang, sticker tersebut cukup menggangu, menghalangi pandangan.

PPD JAC 527 dilengkapi CCTV. Dokumentasi pribadi

Bus PPD yang ane liat ini juga bodinya hampil full sticker iklan Glad, cuma masih "masuk" lah di mata. Begitu akan melintas di belakang ane, langsung aja tangan ane melambai-lambai sebagai tanda akan naik bus itu.

Sewaktu naik dan masuk ke kabin. Bwaaah... aromanya cukup menggangu, dugaan ane sih sarung kursi penumpang dan hordengnya masih baru nih, abis keluar percetakan langsung dipasang. Hahaha..

Oke gak masalah.

Interior PPD JAC 527. Dokumentasi pribadi

Sampai akhirnya mbak-mbak yang memakai atribut Glad menghampiri ke setiap penumpang untuk menarik ongkos perjalanan. Mereka menyarankan untuk install dan bayar via aplikasi Glad aja karena lagi ada promo, tarif normal MKG - Soetta Rp 35.000 sedangkan promo dari Glad sebesar Rp 25.000. Lumayan.

Buat ane gak jadi masalah bayar tarif normal, sing penting ada karcisnya aja. Buat remburse kantor. Wakaka... Tapi mbak-mbaknya memiliki alibi karcis normalnya lagi habis. Baiklah ane install aplikasi Glad di Google Play Store. Ini ada sedikit langkah-langkah untuk menggunakan aplikasi Glad.

Daftar aplikasi Glad

Daftar aplikasi Glad.

Sampai di langkah ini, ane panggil mbaknya, solanya ada kolom isian kode referal, siapa tau kalau punya kode tersebut bisa dapet saldo awal macam di Redbus. Wakaka...

Gak tau mbaknya utak-atik gimana sampai akhirnya ane terima beres tinggal bayar Rp 25.000 sahaja.

Setelah membayar ane penasaran dengan aplikasinya, mari eksplor lebih jauh. Di home ada referral: alvin.s117 gak tau itu fungsinya apa, coba aja diinput itu kode referral sewaktu daftar, siapa tahu bisa dapet saldo awal untuk pengguna baru. Hahaha...

Cek tiket perjalanan.

Perjalanan sedang berlangsung.

Posisi terkini perjalanan.

Rincian perjalanan.

Kalau sudah sampai di tujuan tap aja yang "saya ingin turun", supaya status tiketnya berubah. Pada screenshot di bawah tertera 8:15 PM, itu posisi ane udah di rumah, kirain status tiketnya bisa otomatis keganti kalau sudah tiba ditujuan atau minimal dari sisi driver/bus-nya yang mengubah status tiket, jebule musti manual dari penumpang. Aslinya tiba di MKG sekitar jam 19:07.

Kalau tap "hubungi" ane belum tahu itu bakal tersambung ke nomor siapa.

Perjalanan berakhir.

PPD JAC 257 tiba di MKG. Dokumentasi pribadi

Nah nanti kan jadi bisa kirim bukti pembayaran ke email. Lumayan buat reimburse kantor. Haha..

Rincian biaya perjalanan.

Kirim bukti pembayaran.

Email bukti pembayaran Glad.

Di akhir bisa kasih reputasi ke driver juga, gak tau deh ini dari sisi PO ada driver-nya bakal kayak gimana.

Beri reputasi pengemudi.

Smartphone ane kurang mumpuni, memori internal sudah overload, jadi agak lemot, mana GPS-nya musti diaktifin dulu untuk gunain aplikasi Glad ini. Baterai menipis.. tapi tenang di unit ini ada stopkontaknya kok di dinding.

PPD JAC 257 dilengkapi stopkontak. Dokumentasi pribadi

Infonya dari mbak-mbaknya sih bakal tambah lagi 1 unit Bus JA Connexion PPD Mall Kelapa Gading - Bandara Soetta yang melayani pembayaran via aplikasi Glad.

Update.

Keesokan harinya ane balik dari bandara dapet bus yang sama lagi. Nah disini kekurangannya, pas mbak-mbaknya nyamperin untuk bayar ongkos ane tanya, "bisa pakai Glad kan mbak?" dan kata mbaknya "server (sistem) Glad lagi down, mas." Tapi buat ane sih gak masalah tarif normal, sing penting ada karcisnya aja, pas ane tanya karcis kertas/manual katanya lagi habis/kosong juga. Hadeeeeh.

Akhirnya bus tiba di tujuan akhir, tapi kali ini parkir di belakang MKG deket hotel apa gitu lupa. Masih penasaran, tanya langsung ke driver soal karcis, jebule memang gak tersedia karcis kertas/manual di unit ini karena unit ini memang musti Glad. Ambyaarrr.

Ngomong-ngomong aplikasi Glad ini selain bisa digunakan di PPD JA Connexion juga bisa digunakan di PPD Transjabodetabek Premium.

Pamflet Glad di bus PPD. Sumber

Rute bus PPD Glad. Sumber

5 comments:

  1. Nunggu ja conexion nya kalo dari bndara mau ke mkg nunggu dimana ya kak di bandara ny?

    ReplyDelete
  2. Beli tiketnya mesti lewat sini ya? Apa ada cara lain? Mks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dari arah Mall Kelapa Gading (MKG) bayarnya di bus, sebelum berangkat. Kalau dari arah bandara, dia ada loketnya.

      Info terakhir yang ane denger, Glad udah gak tersedia lagi.

      Delete