Friday, April 19, 2019

Perjalanan Puter Walik dengan Harapan Jaya Bus 4 [Part 2/2]

Harapan Jaya SR 2 Double Decker. Dokumentasi pribadi

Sabtu, 6 April 2019

Setibanya di Terminal Tirtonadi jam 18:50 setelah turun dari Putera Mulya angkatan pagi, ane langsung bergegas mencari dan menuju loket Harapan Jaya (Harjay). Terminal ini dikenal menjadi terminal yang paling ramah dikalangan penggemar bus. Setiap ditanya oleh orang setempat ane selalu jawab sedang mencari loket Harjay dan mereka dengan ramah memberikan petunjuk musti kemana kaki ini melangkah. Akhirnya nemu loketnya, dari arah ane masuk gedung tinggal lurus, belok kanan dan loketnya berada paling ujung. Terlihat di loket ada beberapa orang, ternyata masih ramai juga loket Harjay jam segini. Heran.. 2 (sepertinya) penumpang dapat tiket print-an, sedangkan ane dapat tiket sampul, kepo soal hal ini tapi lupa nanya euy.

Oh iya, sebelum ane tiba di Tirto tepatnya sewaktu masih perjalanan ke Salatiga ane sempat nanya Agen Tirto soal ketersediaan kursi ke Pulo Gebang (PGB) sekalian iseng tanya SR 2 Double Decker hari itu (06/04) jalan Jakarta-an kah?

Chat dengan Agen Harjay Tirto. Dokumentasi pribadi

Taraaaa... katanya jalan PGB. Kalau jodoh gak kemana. Xixixi...
Ini nomor Agen Harapan Jaya Terminal Tirtonadi +62 813-6503-5369, denger-denger sih melayani pembayaran via transfer.

Tiket Harjay kelas eksekutif ane tebus seharga Rp 205.000 setelah dikorting Rp 10.000 karena tanpa servis makan. Infonya bus masih di Gendingan, sekitar 1,5 jam lagi masuk Solo. Yowis ane tak solat dan cari makan dulu. Terminalnya adem pakai AC, bersih, toilet gratiss.

Masjid di Terminal Tirtonadi. Dokumentasi pribadi

Karena gak dapat servis makan dan cuma dikorting Rp 10.000, maka anggaran makan ane gak boleh lebih dari itu. Hahaha.. tadinya mau cari makan di luar terminal, cuma karena dikhawatirkan bus-nya datang lebih cepat nanti ane jadi susah dicari akhirnya diputuskan makan di dalam terminal. Lihat.. ada list harganya, ane pesan soto aja seharga Rp 9.000.

Makan di Terminal Tirtonadi. Dokumentasi pribadi

Beres makan kru loket manggil-manggil mencari penumpang Harjay, lupa penumpang bus berapa, tapi katanya bakal turun Kalideres, karena busnya telah tiba. Yowis ane cari stopkontak dulu, di setiap pilar biasanya ada. Jam 19:54 Bus 4 posisi lepas Sragen.

Daftar harga dan menu. Dokumentasi pribadi

Akhirnya Bus 4 masuk Tirto.. belum pernah naik Legacy SR 2 series, sekalinya naik langsung yang double decker. Haha.. Jam 20:49 meninggalkan Terminal Tirtonadi. Takjub lihat interiornya, indah sekali lampu tidurnya. Kursinya buatan Rimba Kencana pula. Handal lah pokok e Harapan Jaya.

Legacy SR 2 Double Decker masuk Terminal Tirtonadi. Dokumentasi pribadi

Jam 21:12 mampir Agen Solo, ada 2 penumpang yang naik di kusri 5C 5D, sebelah ane. Bus full seat.

Jam 21:19 masuk Gerbang Tol Colomadu

Interior kabin dek atas Harapan Jaya SR 2 Double Decker. Dokumentasi pribadi

Bus Harjay unit Legacy SR 2 Double Decker ini tersedia 2 kelas, Eksekutif dan Sleeper Seat karena unit double decker lainnya tersedia kelas Super Luxury/Eksekutif Plus dan Sleeper Seat yang tarif tiketnya kurang cocok dengan ane. Kan kalau yang eksekutif tarif masih cocok dan unit anyar bin terbatas pula. Hahaha...

Jalan Tol Colomadu - Semarang memiliki kontur yang berbukit, bus yang ane naiki ini kayaknya irit rem, ngebut banget, apalagi pas turunan. Hahaha...

Jam 22:14 masuk Gerbang Tol Banyumanik

Jam 22:32 Gerbang Tol Kalikangkung.

Jam 22:58 exit Tol Weleri, wah ada HR 123 yang keluar juga.

Jam 23:07 masuk RM Sari Rasa, Kendal.

Istirahat di RM Sari Rasa. Dokumentasi pribadi

Tak ada servis makan, hanya istirahat, ane lihat kru isi ulang air toilet, masukin snack. Ada kali berhenti selama 15 - 20 menit. Sewaktu naik tangga, ane lihat kontainer plastik berisi pop mie, apakah ini bagian dari snack-nya? Hmmm...

Jam 23:24 berangkat kembali dari RM Sari Rasa. Kru mulai membagikan snack. Wah snack-nya dikerdusin tapi tanpa brand Harjay. Pas dibuka...

Jam 23:36 masuk Gerbang Tol Weleri

Snack Harapan Jaya. Dokumentasi pribadi

Mau nahan kantuk berat banget euuy.. Tak kuasa, akhirnya tidur juga. Eman-eman naik Harjay eksekutif kursi Rimba Kencana unit Scania K410 SR 2 Double Decker kalau gak untuk tidur. Haha..

Sabtu, 7 April 2019

Jam 3:11 masuk Rest Area km 101, sepertinya nyolar disini.

Jam 3:25 lanjut jalan kembali.

Jam 4:27 mampir Agen Cikarang Barat.

Jam 4:37 melintas Cikarang Utama.

Jam 5:04 Terminal Pulo Gebang.

Kirain Tol Japek bakalan macet khususnya daerah Bekasi, jebule lancar blasss.

Tiba di Terminal Pulo Gebang. Dokumentasi pribadi


=======================

Sabtu, 6 April 2019
Harapan Jaya Eksekutif Bus 4 H 375 "Bodronoyo"
Solo - Jakarta (Pulo Gebang) : Rp 215.000 (tanpa servis makan - Rp 10.000)
Legacy SR 2 Double Decker Laksana, Scania K410
Toilet, reclining seat 2-2 (eksekutif), legrest, sleeper seat 1-1 snack, selimut, bantal, port usb for charge





Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment