Sunday, August 18, 2019

Perjalanan Soloensis Arah Timur dengan Sinar Jaya 15 RE. Beli Tiket via Redbus

Eksterior Sinar Jaya 15 RE. Dokumentasi pribadi
Sepanjang bulan Juli sampai November 2019 terpantau gak ada tanggal merah di tengah-tengah minggu, sampai akhirnya di awal Agustus ini ane baru tahu kalau Idul Adha atau lebaran haji jatuh di tanggal 11 Agustus 2019, hari Minggu. Lebaran atau nggak ane udah berencana untuk mudik. Eh tapi karena Minggu-nya lebaran, musti siapin duit yang lebih untuk kemungkinan ada tuslah dan dapet bis yang di luar ekspektasi. Ane udah mengajukan cuti kantor 2 hari kerja, Jumat 9 Agustus dan Senin 12 Agustus 2019.

Kamis 8 Agustus 2019 sehabis maghrib ke Terminal Pulo Gebang untuk berburu tiket go show. Rencana awalnya sebelum mudik ke Klaten mau trip dulu ke Malang transit Solo dan Surabaya. Menyambangi agen Raya dan Gunung Mulia, siapa tahu masih ada satu kursi kosong untuk go show. Nihil.

Coba ke loket Mawar untuk langsung Surabaya, cuma sisa dan ditawari CB/kursi kenek yang dihargai Rp 300.000. Nggak dulu deh. Gak berselang lama ditawari lagi kursi di nomor 28 seharga Rp 325.000, belum berminat juga.

Loket Sinar Jaya di Terminal Pulo Gebang. Dokumentasi pribadi

"Mosok udah ajukan cuti tapi gak jadi jalan, eman-eman.." bicara dalam hati. Oke diputuskan untuk coba cari tiket untuk keberangkatan besok, kalau bisa yang pagi dan langsung Surabaya, tapi pilihannya cuma Sinar Jaya (Sinjay) thok. Lanjut bertandang ke loket Sinjay. Btw loket Sinjay ini paling luas diantara agen lainnya, dia ada tempat sendiri. Tanya-tanya dengan pennjaga loket apakah masih ada tiket go show jurusan Jogja malam itu? Ndak ada ternyata. Lanjut tanya jurusan Surabaya dan Solo untuk keberangkatan besok. Katanya Surabaya sudah habis yang angkatan pagi dan sore. Jurusan Surabaya kalau ada sisa kursi dari Poris bakal dijual lagi untuk Pulo Gebang, tapi baru ada infonya besok siang jam 14an. Halah trip Surabaya autocoret.

Nomor HP loket Sinar Jaya Terminal Pulo Gebang. Dokumentasi pribadi  

Lanjut cari info soal Jurusan Solo keberangkatan besok. Katanya coba cek di aplikasi macam Traveloka atau Redbus, bisa pesan 12 jam sebelum keberangkatan. Pas ane cek.. wah iya bener masih ada empat kursi kosong via Redbus, sisa nomor 37, 38, 39 dan 40. Mayan masih ada promo. Langsung beli via aplikasi ambil nomor 38. Btw nomor HP loket Sinjay Pulo Gebang bisa kontak ke 0811 8195 5854.

Waktunya onboard tiba.

Jumat, 9 Agustus 2019

Tiket dan kupon makan Sinar Jaya. Dokumentasi prinadi

Berdasarkan info di Redbus bus berangkat jam 15:15, ane udah siap di terminal sejak jam 14:35. Mampir loket dulu untuk konfirmasi keberangkatan sekaligus ambil tiket juga kupon makan. Cukup tunjukan aplikasi Rwdbus yang ada data keberangkatan kita atau email aja, gak perlu di-print. Infonya bis berangkat dari Kp. Rambutan. Karena agak lama ane tinggal Ashar-an dulu, udah beres langsung naik lagi ke jalur keberangkatan.. eh ternyata sudah dateng bisnya. Kayaknya udah dari tadi nih. Alamat dipisuhi penumpang sak bis ini.

Interior Sinar Jaya 15 RE. Dokumentasi pribadi 

Jam 15:57 berangkat dari Terminal Pulo Gebang jalan tol cukup lancar cuma tersendat di Simpang Susun Cikunir menjelang masuk rual Tol Jakarta- Cikampek (Japek) karena penyempitan jalan. Kirain bakal mampir agen-agen lainnya dan/atau Pool Cibitung dulu untuk check point atau angkut penumpang lagi ternyata langsung joss tol. Pembawaan driver pinggir cukup lincah dan gak main netral. Maklum biasanya ane naik Sinjay eks-APTB Jakarta - Bogor (Bubulak) yang aliran netral mania.

Pandangan dari seat 38. Dokumentasi pribadi

Masuk Tol Japek ketemu Raya Junior Eksekutif 2 yang bodi classic nih, inceran berikutnya.

Jam 16:40 melintas bekas Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama merayap cenderung macet, mulai agak longar di km 39.

Jam 18:02 melintas GT Cikampek Utama.

Jam 18:55 keluar GT Cikedung.

Jam 18:59 masuk RM Taman Selera, Cikamurang baru petama kali nih ane makan disini.

Servis makan prasmanan RM Taman Selera, Cikamurang. Dokumentasi pribadi

Kayaknya cuma trayek ke Solo, Jogja via utara, Surabaya, Wonogiri aja yang dapet gratis servis makan prasmanan, untuk trayek lainnya bayar sendiri. Cukup lama ya antrean ambil makannya, soalnya selain diambil kupon makan juga scan barcode dulu oleh petugas RM, nah proses scan ini yang agak lama, barcode-nya susah dibaca oleh kamera HP petugasnya soalnya.

Menurut ane ini konsep menunya nasi padang, cuma kok ditengah-tengah ada bihun dan oreg tempe yak? tapi gak masalah sing penting wareg dan enak. Untuk nasi dijatah, sayur dan lauk primer loss dan lauk sekunder dijatah ada telur bulat, atau rendang ati atau ayam goreng.

Menu servis makan RM Taman Selera. Dokumentasi prinadi

Piringnya kurang lebar btw.

RM Taman Selera. Dokumentasi pribadi

RM Taman Selera. Dokumentasi pribadi.

Bersih RM-nya makanannya juga enak.

Interior Sinar Jaya 15 RE. Dokumentasi pribadi 

Beres makan kembali lagi ke bis. Ini pertama kalinya ane naik bis bodi Laksana Legacy SR2 ECE.R66, sebelumnya pernah naik yang SR2 Double Decker. Ane perhatikan spesifikasi interior berbeda, yang Sinjay ini gak ada lampu disetiap pilar, lampu tidur di langit-langit gak ada motif garisnya, di dashboard gak ada tombol Lega Light dan louver AC-nya juga beda. Hmm.. mungkin Sinjay ini pake spesifikasi interior minimalis dari SR2, tapi untungnya masih ada port USB charge di sekitar louver AC.

Kursi baris belakang Sinar Jaya 15 RE. Dokumentasi pribadi 

Jam 19:46 bus mulai berjalan perlahan untuk melanjutkan perjalanan. Eh ternyata kontrolan dulu, cukup lama 19:57 baru keluar RM. Lanjut masuk tol lagi di GT Cikedung.

Jam 20:45 melintas GT Palimanan.

Jam 21:43 GT Brebes Barat

Jam 21:48 nyolar di Klampok, yang khas dari Sinjay itu kalau sendag nyolar biasanya matikan mesin.

Jam 22:04 selesai nyolar nah disini ada yang naik nih, entah itu kru yang sedang off atau bukan, lesehan di tangga pintu belakang.

Ane kira bakal masuk tol lagi, ternyata bablas Pantura luur. Lancar Sekali.

Jam 22:32 melintas Tegal.

Sabtu, 10 Agustus 2019

Jam 00:41 masuk RM Sari Rasa, Kendal untuk istirahat kedua yang mau ngopi, ngeteh, makan lagi juga bisa. Bayar sendiri tapi. Lumayan lama behentinya disini, dari sepi cuma berdua dengan Gunung Mulia sampai ramai Sinjay dan Rosalia Indah masih belum juga, yang dateng belakangan malah berangkat duluan.

Istirahat di RM Sari Rasa, Kendal. Dokumentasi pribadi

Jam 1:29 keluar RM Sari Rasa.

Jam 1:59 melintas Terminal Mangkang.

Jam 2:10 Penumpang mulai turun pertama di Jerakah.

Jam 2:13 masuk GT Krapyak. Di tengah tol melipir ke bahu jalan dulu, ada operan penumpang ternyata. Ada 2 orang, satu duduk sebelah ane dia mau ke Solo naik dari Pemalang dinaikin ke mobil Purwodadi dulu. Seinget ane.

Jam 2:31 keluar tol Sukun.

Jam 3:18 melintas Tingkir.

Jam 3:31 penumpang turun di Ampel.

Jam 3:42 tiba dan ane turun di Terminal Boyolali.

Sekadar informasi aja nih, bis ini pers onelnya cuma dua, driver 1 dan driver 2 aja, tanpa kenek. Kalau penumpang yang baru pertama kali naik bis ke luar kota, pas istirahat di RM Sari Rasa bilang aja ke driver-nya nanti mau turun dimana, biar nggak kebablasan turunnya. Soalnya pengalaman ane naik Sinjay ini gak ada sensus penumpang akan turun dimana aja.

=================

Jumat, 9 Agustus 2019
Sinar Jaya Eksekutif* 15 RE nopol B 7318 TGD
Jakarta (Pulo Gebang) - Boyolali : Rp 160.000 (promo Redbus: Rp 112.000)
Legacy SR2 HD Prime ECE.R66 Laksana, Hino RK8 R260
Toilet, reclining seat total 40 seats (seat TBINA), port usb for charging, servis makan 1x RM Taman Selera

* Kurang tahu ini eksekutif reguler Solo atau tambahan
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment