Saturday, November 2, 2019

Pengalaman Numpak Kelas Eksekutif Plus Harapan Jaya Bus 42

Harapan Jaya Bis 42 di Terminal Pulo Gebang. Dokumentasi pribadi

Rezeki bisa dateng dari mana aja dan bisa berupa apa aja. Seperti ane ini, sedang scroll linimasa Facebook dan lihat event giveaway 100 tiket gratis Harapan Jaya (Harjay) dari PT United Tractors, Tbk (UT) yang merupakan Agen Tunggal Pemegang Merk (ATPM) Scania di Indonesia, dalam rangka perayaan ulang tahun mereka. Ane mencoba peruntungan dengan menuliskan satu kata aja dan voilaa!

Lumayan dapet satu tiket untuk sekali perjalan ke arah Blitar atau pun Jakarta.

Lihat ulasan dari pemenang giveaway yang udah jalan duluan, dapetnya bis double decker kelas Super Luxury. Handal.

Seminggu sebelum perjalanan, UT udah mengirimkan tiket melalui surel, untuk ane tukarkan dengan tiket asli di hari keberangkatan. Dijadwalkan ane ikut Bis 42.

Giveaway 100 tiket bus gratis #ScaniaTransJawa. Sumber

Sabtu, 26 Oktober 2019

Tiga puluh menit sebelum jam keberangkatan, ane udah siap di Terminal Pulo Gebang (PGB). Karena di luar kota cuma sebentar, ane inapin motor aja di parkiran PGB. Lanjut ke loket Harjay untuk nukerin tiket dari UT menjadi tiket Harjay, dapet tiket sampulan euy, ane dapet kursi nomor 2AA, penasaran ini kursi lantai atas atau bawah yaa.

Clingak-clinguk di loket Harjay banyak banget tempelan kertas informasi di dinding, nah ada juga ini info tarif dan syarat kalau mau kirim atau paketin sepeda motor. Ini sempet ane foto.

Tarif dan syarat kirim paket sepeda motor Harapan Jaya. Dokumentasi pribadi

Syarat jika mau paket atau kirim motor:
1. STNK asli
2. Foto copy: STNK 3 lembar, BPKB 3 lembar, KTP 3 lembar

Jika BPKB asli ikut, harga BPKB: Rp 85.000
helm: Rp 50.000
motor =< 125 cc: Rp 395.000
motor >= 150 cc: Rp 495.000

Setelah beres naik ke jalur pemberangkatan, oiya ada retibusinya cuma Rp 1.000 /orang. Di jalur pemberangkatan pintu 4 udah ada beberapa unit Harjay, yang paling mencolok sih ya Bis 4, bodi SR2 Double Decker Karoseri Laksana, beda diantara lainnya. Bis 42 belum masuk PGB.

Interior lantai bawah Harapan Jaya Bis 42. Dokumentasi pribadi

Sekitar 15 menit kemudian Bis 42 masuk PGB dan parkir tepat di sebelah Bis 4. Dapet unit Jetbus 2+ SDD rombak depan Jetbus 3 nopol AG 7345 US, nanya ke kru kursi 2AA ini ternyata di lantai bawah. Akhirnya keturutan naik bis double decker tapi duduk di lantai bawah. Soalnya lantai bawah biasanya lebih mahal harganya. Uniknya di Hatjay ini tarif kelas Eksekutif Plus (lantai bawah) dan Super Luxury (lantai atas) dipatok harga sama, bedanya dikonfigurasi kursi, lantai atas 1-2 dan lantai bawah 2-2. Kalau ane beli reguler dengan tarif normal ya pilih yang lantai atas sih.

Di tiket tertulis jadwal berangkat jam 13:30 tapi nyatanya jam 13:46 baru berangkat meninggalkan PGB.

Jam 13:53 masuk Ruas Tol Jakarta - Cikampek (Japek) sedikit tersendat.

Jam 14:22 mampir Agen Bekasi Timur (Bektim). Banyak yang naik, tapi lumayan lama ini berhentinya, jam 14:50 berangkat dari Bektim. Wooh muacetnyaaaa lumayan makan waktu disini, padahal GT deket. Kru mulai membagikan paket fasiltas tissue, teh, kopi, gula, permen, air mineral 600 ml.

Paket fasilitas Bis 42. Dokumentasi pribadi

Jam 15:19 melintas bekas Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama.

Jam 15:54 melintas GT Cikampek Utama 1. Duduk di lantai bawah rasanya kayak naik mobil pribadi, tingginya hampir sejajar, sedikit lebih bising juga dan yang pasti gak bisa lihat pandangan jalan di depan karena terhalang sekat.

Posisi duduk di lantai bawah bis double decker. Dokumentasi pribadi

Jam 17:22 melintas GT Palimanan.

Jam 17:44 keluar GT Kanci kalau gak salah.

Jam 17:54 masuk RM Aroma, Cirebon. Servis makan untuk Bis 42 dipisah dengan bis lainnya, dari banner-nya ada tulisan "khusus penumpang Super Luxury" petugas rumah makan juga teriak manggilin penumpang Bis 42. Disini toilet gratis gak ada yang jagain kotak. Servis makan dijatah, ayam dan tahu goreng tepung diambilin. Ayam boleh lah dijatah, tahunya kalau bisa di loss laaah. Minum default-nya teh tawar hangat, kalau mau manis bisa nyiduk sendiri gula yang udah disediakan.

Menu servis makan RM Aroma. Dokumentasi pribadi

Jam 18:24 berangkat dari RM Aroma, kru mulai menanyakan penumpang satu per satu mau turun dimana. Pas ane ditanya dan ane jawab Boyolali, krunya kaget dan bingung, lhaa tiket tulisan turun Kediri tapi ini malah turun Boyolali, sempat dinego untuk turun di Kartosuro. Hmmm...

Jam 18:35 masuk GT Kanci, setelah masuk tol bis dipacu cukup cepat untuk ukuran Harjay, dari aplikasi speedometer tercatat rata-rata kecepatan 103 kpj. Ehh.. atau karena di lantai bawah juga ya jadi berasa lebih ngebut.

Jam 20:01 keluar GT Pekalongan, ada satu penumpang yang turun.

Jam 20:44 keluar GT Weleri.

Jam 20:54 nyolar dulu bareng Bis 4, dia udah dateng lebih dulu.

Jam 21:02 masuk RM Sari Rasa, Kendal untuk rehat sejenak dan sekalian kontrol kayaknya.

Harapan Jaya istirahat di RM Sari Rasa. Dokumentasi pribadi

Jam 21:25 berangkat dari RM Sari Rasa.

Jam 21:35 masuk GT Weleri.

Jam 21:57 melintas GT Kalikangkung.

Jam 22:17 melintas GT Banyumanik.

Jam 22:48 keluar GT Salatiga.

Jam 23:16 tiba di Terminal (lama) Boyolali.


=======================

Sabtu, 26 Oktober 2019
Harapan Jaya Eksekutif Plus Bus 42 nopol AG 7345 US
Jakarta (Pulo Gebang) - Boyolali : free, give away dari United Tractors
Jetbus 2+ SDD (rombak face Jetbus 3) Adiputro, Scania K410
Toilet, selimut, bantal, reclining seat total 8 seats (lantai bawah), tissue, teh, kopi, gula, permen, air mineral 600 ml, servis makan 1x RM Aroma (karena turun Boyolali)
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment