Friday, May 29, 2020

Transformasi Model Legacy Series Karoseri Laksana dari Masa ke Masa

Interior Legacy. Sumber
Legacy merupakan salah satu model andalan dari Karoseri Laksana asal Ungaran. Pertama kali model Legacy diluncurkan sekitar tahun 2008-2009, model ini diplot menjadi produk lapis 1 atau produk utama dari Karoseri Laksana. Sejak awal peluncurannya model Legacy sudah beberapa kali melakukan penyegaran desain mulai dari minor hingga total, berikut transformasi model Legacy Series Karoseri Laksana dari masa ke masa:

1. Legacy

(Old) Legacy mesin belakang. Sumber
Bodi Legacy pertama kali diperkenalkan di ajang IIBT 2010. Awalnya bodi Legacy ini hanya diperuntukan bagi chassis bermesin belakang tapi seiring berjalannya waktu, model Legacy juga bisa diaplikasikan untuk chassis bermesin depan. Prototipe Legacy mesin belakang dimiliki oleh Rajawali dan prototipe Legacy mesin depan dimiliki oleh Sumber Group ATB.

(Old) Legacy mesin depan. Sumber

2. Legacy Sky SR-1

Legacy Sky SR-1. Sumber
Diperkenalkan di pameran IIBT 2011. Perubahan nama model pada generasi ini menjadi Legacy Sky dengan codename SR-1. Model Legacy Sky SR-1 hanya diperuntukan untuk bus bermesin belakang. Menurut info yang beredar, desain SR-1 ini hasil kolaborasi Kus Riri (Riri) dengan Kurnia Lesani Adnan (Sani) dan konon katanya prototipe Legacy SR-1 digunakan oleh SAN. Unit pameran Legacy SR-1 sendiri dimiliki oleh Gunung Mulia.

Legacy Sky SR-1. Sumber

3. Legacy Sky SR-1 Limited Edition

Legacy Sky SR-1 Limited Edition. Sumber
Ada beberapa perbedaaan antara model Legacy SR-1 dengan Legacy SR-1 Limited Edition (LE), antara lain:

- generasi LE sudah menggunakan emblem logo Laksana yang terbaru
- bentuk punuk atas
- bentuk kap depan dan penambahan list hitam di kap belakang untuk LE
- kisi-kisi mesin di bagian samping bagian belakang dengan pola yang terbaru
- backlamp yang full LED
- penambahan ambient light di kap depan dan belakang
- pembatas antara penumpang dangan kru/pengemudi

Legacy Sky SR-1 Limited Edition. Sumber

4. All New Legacy Sky SR-1

All New Legacy SR 1. Sumber
Model All New Legacy SR-1 pertama kali diperkenalkan pada pameran IIMS 2013. Perbedaan dibanding dengan model sebelumnya terletak pada bagian depan dan belakang, mulai dari model headlamp dan stoplamp yang digunakan, bumper depan dan belakang, bentuk lampu sein samping bagian depan, bentukan kaca belakang dan aksesoris stainless pada bagian kanan-kiri yang bertuliskan "Lega Light" dengan ukuran yang lebih panjang sampai ke bagian pintu depan kanan-kiri. Unit pameran tersebut dimilikioleh Sinar Jaya chassis Hino RN285, SAN chassis Scania K360 dan IPOMI chassis Scania K360.

All New Legacy SR-1. Sumber

5. All New Legacy Sky SR-1 Facelift

All New Legacy Sky SR-1 (facelift). Sumber
Perbedaan All New Legacy SR-1 Facelift dibanding model sebelumnya terletak di bumper depan.

6. ‎Legacy SR 2

Legacy SR 2. Sumber
Legacy SR 2 pertama kali dikenalkan di pameran GIIAS 2016, terdapat perubahan drastis pada model terbaru ini. Mengusung tema floating roof yakni pada pilar C tidak menyatu dengan atap dan pilar Z yang diberi warna gelap senada dengan warna kaca membuat kesan atap seolah-olah mengambang. Pada pameran tersebut unit yang dipajang antara lain milik SAN dengan chassis Scania K360 Opticruise dan Subur Jaya dengan chassis Hino RN285.

7. ‎Legacy SR 2 HD/XHD Prime

Legacy SR-2 HD Prime. Sumber
Di awal 2017 sedang tren bus dengan kaca depan double/double glass, akhirnya Karoseri Laksana turut merilis model terbaru yakni Legacy SR 2 HD Prime dan Legacy SR 2 XHD Prime. Prototipe Legacy SR 2 HD Prime dimiliki oleh MTrans yang menggunakan chassis Mercedes-Benz OH 1526. Model tersebut untuk mengakomodir permintaan bus double glass yang menggunakan chassis dengan GVW < 18 ton.

Untuk model prototipe Legacy SR 2 XHD Prime dimiliki oleh Putera Mulya yang menggunakan chassis Scania K360 Opticruise. Model XHD Prime dikhususkan untuk bus dengan chassis >= 18 ton.

Legacy SR-2 XHD Prime. Sumber

Seiring berjalannya waktu, pelanggan Karoseri Laksana tertarik dengan tipe XHD Prime ini, salah satunya PO pariwisata Subur Jaya, mereka menginginkan bodi Legacy SR 2 XHD Prime bisa dibangun di atas chassis Hino RK8. Pihak Laksana pun menyanggupinya tapi dengan catatan akan membutuhkan waktu lebih banyak karena perlu dilakukan research and development lebih jauh lagi untuk memperhitungkan faktor keselamatan, kenyamanan dan faktor lainnya. Akhirnya bodi Legacy SR 2 XHD Prime yang pertama dibangun di atas chassis RK8 pun jadi, rilis dengan nickname "Daytona".

Legacy SR-2 XHD Prime di atas chassis Hino RK8. Sumber

8. ‎Legacy SR 2 HD/XHD Prime R

Legacy SR 2 HD Prime R. Sumber
Karoseri Laksana merupakan karoseri pertama di Indonesia yang sudah melakukan uji guling yang berstandar ECE.R66. Setelah proses pengujian itu, pada bodi Legacy SR-2 HD Prime/XHD Prime terdapat penambahan emblem baru yaitu ECE.R66.

Selain itu juga terdapat perubahan di bagian depan tepatnya posisi "topi" lebih menurun sekitar 14 cm dibanding topi sebelumnya dan di bagian belakang ada penambahan lampu pada bagian bawah kaca belakang dan bentuk kisi-kisi pada kap mesin. Prototipenya dimiliki oleh SAN untuk varian XHD Prime dengan chassis Scania K410 Mercedes-Benz OC500RF 2542 dan varian HD Prime dimiliki oleh Big Bird dengan chassis Mercedes-Benz OH 1626. Secara resmi varian Legacy SR 2 HD/XHD Prime R diperkenalkan pada pameran GIIAS 2018 dan terjual ke Manhattan dengan chassis Mercedes-Benz OH 1626.

Legacy SR 2 XHD Prime R. Sumber

9. Legacy SR 2 Double Decker

Legacy SR 2 Double Decker. Sumber
Model Legacy SR 2 Double Decker diperkenalkan pertama kali pada pameran GIIAS 2018. Prototipe ini dimiliki oleh Harapan Jaya dengan chassis Scania K410.

Legacy SR 2 Double Decker. Sumber

10. Legacy SR 2 HD Prime R Transporter

Legacy SR 2 HD Prime R Transporter. Sumber
Model Legacy SR 2 HD Prime R Transporter diperkenalkan secara resmi pada pameran Bus World South East Asia 2019 yang unit tersebut terjual ke Manhattan dengan chassis Mercedes-Benz OH 1626. Ruang bagasi pada model ini dibuat lebih tinggi dengan cara menurunkan ground clearance dan sedikit mengurangi tinggi kabin penumpang untuk menambah ketinggian bagasi. Basis yang digunakan untuk bus Transporter ini adalah Legacy SR 2 HD Prime dengan ketinggian maksimal 3,7 meter. Jika dilihat sekilas pun tidak ada yang berbeda dengan bus-bus lainnya yang sejenis.

Meski Karoseri Laksana juga mengeluarkan varian Legacy SR 2 XHD Prime untuk bus dengan Gross Vehicle Weight 16 Ton, tetapi khusus Mercedes-Benz Karoseri Laksana mengikuti aturan pembuatan bodi yang dikeluarkan PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) selaku pemegang merek bus Mercedes-Benz. Prototipe ini dimiliki oleh Sinar Jaya dengan chassis Mercedes-Benz OH 1626L.

11. Legacy SR 2 Suites Class

Legacy SR 2 Suites Class. Sumber
Pada pameran GIIAS 2019 Karoseri Laksana memamerkan inovasi terbaru dari model Legacy SR 2, yakni Legacy SR 2 Suites Class. Model ini untuk memenuhi permintaan pasar bus dengan kelas sleeper bus yang aman, nyaman, selamat dan tentunya memenuhi regulasi yang ada. Interior Legacy SR 2 Suites Class diisi dengan sleeper seat yang tersusun tumpuk 2 di setiap barisnya.

Meskipun tersusun dari 2 tumpuk sleeper seat, untuk penumpang yang barada di bawah gak perlu khawatir gak kebagian kaca jendela, karena bodi samping desainnya turut disesuaikan. Kalau dari luar sekilas tampak seperti bus tingkat. Prototipe model ini dimiliki oleh Sinar Jaya dengan chassis Hino RN285.

Referensi, referensi 2, referensi 3





Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment