Friday, January 15, 2021

Perjalanan Jogja-an via Temanggung dengan Sinar Jaya 96 RD

Sinar Jaya 96 RD parkir di RM Taman Selera. Dokumentasi pribadi.

Awalnya gak ada niatan sama sekali untuk ngebus di peak season nataru 2021 ini, tidak lain dan tidak bukan karena tuslah. Hahaha.. Sampai akhirnya di tanggal 30 Desember 2020 ada teman yang nge-WhatsApp (WA) ngajakin tanggal 1 Januari 2021 jalan arah timur, Muriaan. Hmm.. jadi gatel pingin cek harga di aplikasi agen bus online.

Setelah dicek harga gak ada yang masuk blass, muahal rek. Muriaan coret. Ngebus Jogja-an atau Soloensis sih yang masih masuk bujetnya. Masih ada Rosalia Indah patas dan Sinar Jaya (Sinjay) eksekutif 32, tinggal cocokin jamnya aja. Sebelum pesan tiket berangkat, woro-woro ke teman yang posisi di Jogja, apakah kostan available untuk tempat perpal? (baca: nginap). Nah "lampu hijau" sudah nyala, gass.

Tempat perpal sudah ready, tinggal tiketnya nih. Rencana awal bakalan naik Sinjay Jogja-an via Temanggung angkatan pagi beli tiket go show di Agen Bekasi Timur. Pas hari H (1 Januari 2021) sekitar jam 7-an ane cek di aplikasi merah masih banyak kursi tersedia, tapi ane gak pesen via aplikasi, tetap coba nekat ke agen untuk go show.

Jam 8 kurang sedikit ane tiba di loket Agen Sinjay Bekasi Timur, mau beli tiket Jogja-an via Temanggung angkatan pagi ternyata tiket sudah gak tersedia, sudah lewat jamnya kata petugas loket. Cepat juga habisnya.. eeh entah kursi sudah habis atau sistem transaksinya sudah ditutup yak. Setahu ane sekitaran jam segitu sudah gak ada angkatan pagi Jogja/Solo, opsi berikutnya nyari yang angkatan siang.. Tapi setelah dipertimbangkan, keputusan bulat untuk tetap beli tiket Sinjay Jogja-an angkatan sore.
Sinar Jaya 96 RD parkir di Agen Bekasi Timur. Dokumentasi pribadi.

Sore harinya jam 17:13 ane sudah tiba di agen untuk cetak tiket. Agen Bekasi Timur dipadati calon penumpang, Sinjay bodi Avante 40 S yang sepertinya tujuan Wonosobo sudah siap berangkat. Kemudian datang Sinjay bodi Legacy SR 2 HD Prime 16 RE tujuan Jogja dengan spesifikasi kursi buatan TBIna, semua penumpang di agen tadi ternyata penumpang 16 RE, langsung kosong agen tinggal menyisakan ane saja, sekitar jam 17:22 16 RE berangkat. Akhirnya jam 17:45 yang ane tunggu datang, yak Sinjay 96 RD.

Jam 17:51 berangkat dari Agen Bekasi Timur. Menuju Pool Cibitung menyusuri jalan pinggir Kalimalang.

Jam 18:09 mampir Pool Cibitung.

Jam 18:31 berangkat kembali dari pool. Okupansi penumpang senja itu gak full, masih ada 9 kursi kosong.
Interior kabin tengah-belakang. Dokumentasi pribadi.

Interior kabin tengah-depan. Dokumentasi pribadi. 

Jam 18:45 masuk ruas Tol Jakarta - Cikampek.

Jam 19:18 melintasi Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama 1.

Jam 20:09 keluar GT Cikedung.

Jam 20:13 servis makan di RM Taman Selera, Cikamurang. Terakhir ane makan di RM Taman Selera bulan Februari 2020, perbedaan yang terasa yaitu adanya ruang servis makan terpisah untuk penumpang Sinjay yang di tiketnya terdapat QR Code kupon makan.
Ruang makan terpisah untuk penumpang. Dokumentasi pribadi.

Menu servis makan di RM Taman Selera konsepnya nasi padang gitu, bumbunya berasa, enak pokokmen.
Prasmanan servis makan di RM Taman Selera. Dokumentasi pribadi.

Menu servis makan di RM Taman Selera. Dokumentasi pribadi.

Jam 20:57 berangkat kembali dari RM.

Jam 21:06 masuk GT Cikedung.

Jam 21:45 melintasi GT Palimanan.

H+1

Jam 00:13 nyolar di Rest Area (RA) km 379 A, Batang.

Jam 00:26 berangkat kembali dari RA.
Reclining seat by Alldila. Dokumentasi pribadi.

Jam 00:32 keluar GT Weleri. Perdana ane ini via jalur Parakan, jalanannya mengocok perut. Disarankan yang gampang pusingan mending siapin Antimo deh, apalagi habis makan nasi. Hahaha.. Eh tapi ini kalau jalan pas masih ada matahari mungkin pemandangannya bagus, pegunungan gitu.

Jam 02:26 bongkaran Secang.

Jam 02:40 melintasi Terminal Tidar, Magelang.

Jam 02:42 bongkaran Artos.

Jam 03:18 tiba di seberang Terminal Jombor.

Kekurangan perjalanan kali ini, usb port carger ada yang bisa dipakai dan ada yang nggak, ane kebagian yang gak bisa. Untungnya masih ada stop kontak di bagasi atas, masih bisa charge HP via stop kontak.
Interior kabin tengah-depan malam hari. Dokumentasi pribadi.

=====================

Jumat, 1 Januari 2021
Sinar Jaya Eksekutif 32 96 RD nopol B 7290 TGD
Bekasi Timur - Jogja (Jombor): Rp 170.000
Jetbus 3+ HDD Adi Putro, Hino RN285
Toilet, reclining seat Alldila 2-2 total 32, leg rest, usb port charger, servis makan 1x RM Taman Selera
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment