Tuesday, March 4, 2014

First Time Solo Trip

YEAHHH... akhirnya planning gue ter-eksekusi juga sob.

First time ke luar kota, solo (baca: sendiri) trip pula ._.

Jujur, makin termotivasi sih abis baca ini "Whatever I'm Backpacker - Harus Berani Traveling Sendiri!!"

Sebelumnya gue mau jelasin, mungkin bakal ada yang bertanya.

1. "Kenapa judulnya ngga Single Trip?" Males ah...ntar dikira gue cuma on board Commuter Line Bekasi-Jakarta Kota lagi -_-

2. "Kenapa judulnya ngga Single Trip?" Single...ya single. Udah jadi rahasia umum kalo kata "single" itu bahasa halus/sopan dari kata "jomblo". Nanti yang ada malah dikira "Pertama Kali Perjalanan seorang Jomblo", gue ngga mau itu terjadi.

Jadi perlu gue tegaskan kalo gue itu

...emang bener single *ini kenapa jadi merendahkan martabat diri sendiri* *sudahlah. lupakan*

=======================================================
Itu tadi cuma sekedar prakata aja :))

Jadi gini, waktu itu gue iseng nulis di BBM 'in planning JKT-JOGJA-SOLO-SBY-MLG-SBY-JKT'. Sekedar rencana iseng aja sih, buat manfaatin libur kuliah. Beberapa hari kemudian, akun twitter @KAI121 berkicau bakal ada tiket promo #GongXiFatChai. Mulailah gue browsing di web tiket KAI... cari relasi sana sini... cari tanggal segitu segini.

Promo...promo...

akhirnya gue milih tgl 24 TAKSAKA keberangkatan Gambir dan tgl 26 ARGO BROMO ANGGREK keberangkatan Surabaya Pasar Turi ...dengan tiket promo tentunya :D

Kelar booking, gue calling (ngga calling juga sih, via BBM/SMS gitu. Biar keliatan elit dan banyak pulsa aja) temen yang domisili Jogja sama Malang. Setelah dilobby, akhirnya dapet juga tumpangan transport Tugu-Giwangan sama tempat bermalam di Malang. Ehehe...

24 Februari 2014

Hari H gue start dari rumah sekitar jam 18.00 buat nguber TAKSAKA jam 21.00. Gue ke TKP naik Tansjakarta, over all Transjakartanya cukup bersahabat dengan gue, ya meskipun ngantre panjang dan lama di shelter Cempaka Mas. Sekitar jam 19.50 touchdown Gambir, menunaikan Isya dulu, sekalian ngulur-ngulur waktu.

21.00 sepur meninggalkan Gambir secara perlahan. Oiya... kereta gue isinya cuma 7 orang, mungkin karena kereta paling belakang, kereta 6. Kosong bangett

KA 42 Ekse 6 kosong cuy :v

Gue udah niat buat ngga jajan di sepur, tau lah harganya berapaan. Full time main smartphone. Sekitar jam 00 lewat, gue charge smartphone, buat persiapan besok, soalnya bakal seharian di jalan. Kepikirian juga sih, "besok perlu melipir di Solo ga ya. Hmm...next time aja kali yes". Kejar tayang ke Malang soale, biar bisa cepet istirahat.

Sembari mencoba tidur ...eh ketiduran, bangun jam 02.00. Ngga berapa lama, sepur masuk St. Purwekorto, dimari ada 3 orang yang turun, 2 diantaranya cewe kira-kira seumuran gue gitu ...anak UNSOED mungkin. Udah... disitu gue melek terus sampe St. Tugu. Sambil baca buku "KELAKAR" by @notaslimboy sama sesekali ngecek GPS dan speedometer.

25 Februari 2014

Jam 04.50 gue 'landing' di St. Tugu, langsung kabari temen biar dijemput gitu ._. Sejam nunggu, akhirnya datang juga. FYI: nunggu di St. Tugu enjoy men, ngga berasa bosen, st.nya keren juga.

Gue diajak muter-muter dulu sekalian nyari makan. Akhirnya nyangkut juga di Soto Marno *seinget gue namanya itu*. Kelar makan langsung melipir ke Giwangan. Btw, baru tau gue kalo mau masuk musti bayar peron, cuma Rp 500. Lanjut nyari jalur pemberangkatan ke Surabaya, disana udah siap MIRA dengan kelas ATB sama EKA berkelas PATAS. Gue jatuhkan pilihan pada EKA. Nyari nyaman gitu sih. Kira-kira 08.14 on board (lupa nopol berapa, keknya *hasil nanya acc @PO_EKA_CEPAT*) S 7331 US, body Royal Travego MP.

On board S 7331 US

Ada fasilitas wifi-nya juga lho, namanya 'EKA Adiputro HD 3'.
Padahal bodynya rotrav MP lho. Heheu..

Tuh yang baris ke tiga

Buat relasi Jogja-Surabaya, digunting Rp 82.000 include service makan di RM Duta, Ngawi. Pertama bis bakal masuk ke terminal Tirtonadi. Gue kira jarak Giwangan-Tirtonadi ibarat naik Mayasari Grogol-Bekasi, beda jauh ternyata ._.. Giwangan-Tirto 2 jam-an lah, lalu lintas lancar. Disini banyak sewa yang turun, banyak yang naik juga. Seimbang lah. Di Tirto cuma numpang ke toliet doang. Ga tahan cuy, kebanyakan minum. Oiya, di EKA dikasih minum juga, ya meskipun -sebut sja- akua gelas -merknya bukan akua juga sik-. Biar ada bahan bacaan, isenglah beli koran, sengaja nyari koran regional yang biasanya halamannya dikit, kalo di JKT kek koran W*RT* KOT* gitu. Beli lah gue koran SOL* POS (apa JAW* POS yak. Lupa) ...WANJIR harganya GOCENG cuk, mahal bingit, beritanya kurang menarik pula :/ Emang sik agak tebel, tapi KOM*AS yang tebel aja cuma dibanderol Rp 3.500. Ckck...

Lupakan yang tadi. Kemudian bis lanjut ngeline. Sepanjang perjalanan enjoy aja. Nyamanlah pokoknya :D.

Tirtonadi ~

Hari sudah semakin siang cacing diperut mulai berontak. Untungnya pas di Tirto beli tahu Rp 5.000 dapet 3 bungkus. Lumayan buat ganjel perut. Sekitar jam 12.35, bis rehat di RM Duta, kondekturnya umumin kalo durasinya cuma 20 menit. Akhirnya makan juga -,-. Nyempetin buat Zuhur-an dilanjut makan. Gue milih menu nasi pecel + teh panas. Asli, enak beud lah, cuma porsinya dikit aja -.-

Sekitar jam 13.00an bis jalan lagi. Perut agak kenyang, hati pun senang. Ini lebay, lupakan.

Surabaya masih jauh cuy, tidur aja dulu.

Sekitar jam 16.45 gue tiba di terminal Bungurasih dengan selamat -namanya Bungurasih apa Purabaya ya. ah.. sama aja-. Gue minta saran P.O. yg recommended dari kawan yang udah cukup sering PP SBY-MLG. Gue melipir ke jalur ATB Malang, udah siap AKAS GREEN, yaudah lah on board, sesuai sarannya juga. Ini bis buanter juga lho.

19.10 tiba di Arjosari. Capek cuy. Musti nunggu temen pula :|

SKIP sampe besok. Capek bet cuy :s

26 Februari 2014

Keesokan harinya ogut diajak sarapan ke warung soto langganannya kawan. Lupa namanya soto apa. Lapaknya gerobakan posisinya di sebelah UB, satu porsinya Rp 6.000. Kelar makan, keliling Malang sambil lewatin agen bis malam. Terpantau OBL/SDR "Mocchachino" (bener ga sih tulisannya?) udah masuk cuy. Jadi, gue sama temen gue berkesimpulan, jadwal OBL/SDR "Mocchachino" genap dari Timur. Kresan sama "Pepsi Blue"

Berhubung dia ada kelas jam 10.00, biarlah ogut jaga kostannya. Ini momen kampret, listriknya mati cuy, batre laptop pun abis. Oke sleep-sleepan.

Udah jam 12.10 akhirnya datang juga. Ogut diajak muter-muter Malang dan akhirnya 'nyangkut' di St. Malang, main di tongkrongannya RF Malang gitu deh. Gue beruntung ternyata, disana lagi ada Test Run lokomotif CC300 v.2 made in INKA. Buatan Indonesia Asli!

cc 300 1402

Hari udah semakin sore, gue ada jadwal kejar tayang ke St. Surabaya Pasar Turi.

Kira-kira jam 16.15 gue udah di Arjo diantar kawan. Dari kejauhan dan diantara bis terliahat Jetbus warna merah. BINGO! bis MEDALI MAS ATB RK8 airsus toilet mennn! Kami dekati bis itu kemudian kawan ku berkata ke orang sekitar bis itu, dengan Boso Jowo tentunya, dan intinya "ini mau ke Surabaya mas?""bukan mas, mau ke Blitar" Hati kecil ini pun kecewa bercampur penasaran. Coba kalian bayangkan, bis kelas ATB seharga Rp 13.000 dapet Jetbus RK8 airsus toilet menn. Bukan main... bis jatim O,O. *Gaya bahasa gue napa jadi begini*

Yaudah lah, lupakan itu. MOVE ON!

Pandangan mata bergeser dikit ke antrean bis PATAS. KAMPRET! ada Scor Xnya HAFANA. Bener-bener dah bis Jatim O,O.

Yowes tak tunggu sampe masuk pemberangkatan...bermenit-menit ga maju juga. Malah patasnya RESTU (bukan panda)yang masuk. Yowess...aku yo melu karo ATB RESTU panda Jetbus ae.

Di bis masih stay cool ...ACnya emang cool beneran :$

18.45 tiba di Bungur. Iseng nanya ke orang secara random, eh nanya ke kru Ros*n

Ogut: "mas, kalo mau ke St. Pasar Turi naik bis no. berapa ya *dengan muka polos*?"
Kru Ros*in: "O...sampeyan kalo jam segini ndak ke kejar. Sampeyan saya saranin naik ojek aja"
O: "berapa ongokosnya?"
KR: "40ribu"

Kemudian dia panggil kang ojek (yang saya duga sebagai kawannya)

KR: "Cuy kemari deh. Tolong terke nang St. Turi"
Kang Ojek: "yok"
O: "emang jauh ya mas?"

SKIPP. Intinya, disitu terjadi pembicaraan yang alot. Rasa panik akan gagal tayang semakin menjadi-jadi, mana temen ogut ngga bales BBM lagi :/.
Dengan bermodalkan pede, pasrah dan berdoa, mereka gue tinggalin jalan ke arah peron bis kota sembari sepik-sepik nelpon. Ngga jauh dari situ, gue iseng nanya ke orang secara random lagi dan pertanyaan yang sama, dijawab "ayok..ayok...langsung joss tol."
Gue disuruh ikutin dia, yaudah gue ikutin.

Gue mulai curiga, kok ke arah sini ya jalannya. Ngga ada bis, yang ada malah taksi ._.. Hati gue berkata "bangsyyaat! ini mah supir taksi. Di sepikin lagi gue :|" Yaudah, gue tinggalin lagi dia, buat mencari jalan yang benar -baca bis kota-. Akhirnya masuk ke peron bis kota dan mata gue melihat secara seksama bis no. trayek P5 jurusan Pasar Turi. TARAAA! Nemu juga ...kosong pula. Bisa bernafas lega.

Perlahan penumpang mulai memenuhi seat yang kosong. Yang bawa barang bawaan banyak juga ternyata, gue berhipotesis "wih.. banyak juga ya yang mau ke St. Pasar Turi. Kalo gue telat, seenggaknya ada barengannya lah ~. Sebentar...tapi kok kalo diliat dari dandanannya bukan calon penumpang ABA nih -_-" *Ngehek ye gue. Lagi panik sempet-sempetnya mikir begitu*.

Gue berusaha tetap tenang padahal mulai panik, udah 15 ngetem belum jalan juga.

*Syyitt, udah setengah jam belom jalan juga. Jangan-jangan bener apa kata kang ojek tadi**berusaha tetap kalem*
Alahmdulillah bis e jalan juga. Trus perjalanan lancar ngga ada macet. Joss TOL. Lumayan buaanter. Tarifnya Rp 5.000.

gue turun di *ngga tau nama jalannya*, nanya ke orang St.nya dimana. 20.05 nyampe di St. Pasar Turi.

Gila yee...tiris banget waktunya. Kejar tayang abis.

Masuk st.>>boarding pass.

JENG..JENG..JENG..JENGGG... *maap..agak lebay*
Rangkaian ABA GO Green telah menanti. Ngga begitu kaget sih. Pas di kostan, temennya temen gue bilang "jadwal ABA Go Green kalo dari Jakarta pagi, dari Surabaya malem".

Ngehek juga sih...gue (kayaknya) dapet seat batu. Tipis banget. Selimutnya jadi gue dudukin aja. Masih mensing seatnya RESTU panda menn

27 Februari 2014

Akhirnya 06.33 masuk Jatinegara. YEAHH! MISSION COMPLETE!
Go Green

Agro Bromo Anggrek Malam: Rp 238.000

*Supported by @rezaek, @SALFITR4 and @rezhadyan

2 comments:

1. trip yang melelahkan juga ya gan, tapi kalau liburan emang asik melakukan hal seperti itu, seperti petualangan dalam film layar lebar saja.

ReplyDelete
    Replies
    1. ga cuma fisik aja yg lelah bang, dompet juga 'lelah' ahaha...

but, i'm enjoy it. bisa naik bis sama sepur kesana kemari ~