Wednesday, September 24, 2014

Perjalanan Estafet Naik Bus Jakarta - Malang via Tasik - Jogja dengan Budiman - Eka - Restu

Menyusul kesuksesan touring semester lalu, di musim libur semester 2 lalu, touring lagi ke Malang, kali ini full naik bis. Gegara HUTnya KAI ga ada promo "September Ceria" lagi :')

5 september 2014

Pergi dari rumah jam 07.30 melipir dulu ke indomaret buat jajan permen dan antimo buat “doping”. Jalan kaki ke Prumpung untuk numpak Mayasari P9A menuju Terminal Bekasi, berhubung 9A cuma sampai di Bulak Kapal, lanjut lah naik Elf. Sesampai di terminal, langsung berjalan ke arah jalur antrean bis Budiman, oiya..ga jauh dari pintu masuk terminal, terlihat Bejeu B3 terparkir, entah sedang apa. Lanjut ke Budiman lagi. Di jalur antrean BCB diurutan terdepan siap berangkat BCB Bekasi-Banjar dan di belakangnya terparkir 3 unit BlueTec. BlueTec merupakan 'nama panggilan' untuk armada BCB yg bersasiskan MB OH 1836.

BLUETEC MB OH 1836

Ku bertanya pada seorang kru soal jam keberangkatan BT, akhirnya akupun dipersilahkan masuk duluan ke kabin bernomor lambung BT 09. Aku tidak sendiri disitu, karena sudah ada seorang ibu dan anaknya yg telah menempati “hotseat” kiri, aku pun memilih untuk duduk di seat 4, tepat di belakang driver. Sangat TIDAK disarankan bagi kalian yg berkaki panjang untuk duduk disini, sempit bener cuy dimari. Serius.

09.45 BT 09 mulai meninggalkan Terminal Bekasi secara perlahan untuk munuju Tasik. Duduk disebelahku seorang ibu. Selama perjalanan, beliau bercerita banyak tentang keluarganya. Beliau juga berbagi konsumsi dengan ku. Pokoknya ni yaa...kalo naik angkutan umum jarak jauh sebelahnya ibu-ibu, konsumsi bakal terjamin dah :v. Jam 12.15 masuk RM Ropita untuk istirahat, dimari makan mie ayam. Mbayar sendiri lho ya..btw, kalo naik BCB First Class cuma free air mineral 330 ml.

,
RM. Ropita

BT 09 masuk pool jam 15.00. Mengucapkan terima kasih kepada kru lalu turun dari bis. Nyantai dulu di ruang tunggu bentaran.
Ruang Tunggu Pool Budiman

lalu ku menuju ruang reservasi online untuk merubah tujuan dan menebus tiket yg sudah aku pesan sebelumnya. Terjadwal BCB Tasik-Yogya angkatan pertama jam 17.30. Eyalahh...jam 18.00 BCB bernomor lambung 3E85 yg akan mengantarkan ku ke Giwangan baru jalan. Udah pada tau lah ya jalur selatan didominasi truk, sesekali kressan dengan Murni Jaya, Gapuraning Rahayu, Sumber Alam. Jam 23.00 masuk RM Taman Sari Rasa, Sampang untuk service makan. Ku tukar kupon makan dengan menu nasi putih + sayur pare + oreg tempe + teh manis anget. Perut lagi kembung, Makan sekena'nya aja, alias ga abis :(. Seusai makan aku memilih untuk tidur sepanjang perjalanan.

6 September 2014

Tak terasa jam menunjukkan pukul 03.00 bis sedang melintas di Jl. Raya Yogya-Wates yg pada akhirnya masuk Terminal Giwangan pukul 04.00, turun dari bis tak lupa ku ucapkan terima kasih kepada kedua kru 3E85. Ku kabari kawan untuk menjemputku.

Jengjet...sebelum ngaso di kostan, sarapan dulu. Nyicipin magelangan yg full karbohidrat.

7.30 aku bersama kawan ku menuju ke Solo dengan menumpak Vario. Ya! Di Solo sudah ku agendakan jauh-jauh minggu untuk mencoba bis tingkat wisata Kota Solo “Werkudara”. Harga tiket untuk sekali perjalanannya dihargai Rp 20.000 untuk berkeliling Kota Solo selama 2 jam.

Untuk selebihnya, bisa baca post yg ini "Si Tinggi Merah, Bis Werkudara".

Kelar dari Solo 14.55 langsung pulang ke kosan, tiba di Pogung jam 16.45. waktu semalaman ku habiskan untuk 'mencharge' tenaga, Karena besok aku akan melanjutkan perjalanan ke Surabaya-Malang.

7 September 2014

6.30 aku sudah bersiap untuk menuju Terminal Giwangan. Setibanya di Giwangan jam 7.10 di keberangkatan Surabaya terparkir 2 unit Mira dan 1 Eka, aku menunggu sejenak, namun bis Sumber Group yg kuidamkan tak kunjung tiba, akhirnya aku memilih untuk naik Eka 7518. Start Giwangan jam 7.40. Next time kalo ke Jogja musti numpak ATB nih ah...terutama SG. Ehh tapi MIRA ScorKing boljug tuh...

EKA 7518 Sewaktu di Tirtonadi

Untuk perjalanan kali ini, jam 12.10 servis makan di RM Duta aku memilih menu rawon yg katanya orang-orang rasanya enak. Tapi entah mengapa bagiku rasanya biasa saja. Atau gegara jarang makan rawon makanya jadi ga bisa ngebandingin kali ya. Di RM Duta 2 ini, tersedia layanan free Wifi. Bis yang lagi parkir wifi-nya juga ke-detect :v

WiFi RM. Duta 2, Eka Tourisme 18, Eka Tourisme 5

Ehh tapi di jalan, bis ku diblong EKA jam berikutnya :’.
Forget it!

Pas di bisnya, kalo mau sinyal wifinya penuh, duduk di seat barisan depan. Ini TS di seat baris 2 dapet segini...

Masuk Terminal Bungurasih jam 17.20, bagiku masuk jam sigitu telat, karena semester lalu aku start Giwangan 8.20 dan masuk Bungur 16.55. Turun dari EKA tak lupa ku ucapkan terimakasih kepada pak supir. Langsung aku bergegas ke shelter keberangkatan Malang, entah itu jalur Patas ataupun ATB.

Namun tak sesuai yg kuharapkan. Bisnya kosonggg. Terjadi penumpukan calon penumpang :o

Aku kasak-kusuk mengapa hal ini bisa terjadi dan ternyata karena siang sebelumnya terjadi kecelakaan di FO Lawang. Berbincang dengan caon penumpang lain di jalur patas, ada yg menawari untuk join naik travel dengan membayar 100rb/org :o, ada juga yg mengajak untuk join numpak sepur. Berhubung orang-orang yg mngajak naik sepur itu pada mencar, tinggalah aku sendiri. Aku berjalan menuju jalur ATB, karena aku perhatikan beberapa bis ATB mulai datang satu per satu.

BINGO! Setelah menunggu agak lama, akhirnya ATB Restu bernopol 7430 pun tiba, bis belum masuk shelter saja penumpang sudah berebut untuk naik. Aku merasa sudah tak asing lagi dengan kondisi seperti itu. Karena sewaktu SMA dulu, aku juga berebut untuk bisa naik ke kabin 9A. Heuheu...

18.35 tak apalah Surabaya-Malang berdiri, yg penting bisa sampe. Bis e puenuh buangett. Sempat mengobrol dengan dengan orang sebelahku yg ternyata mahasiswa UB asal Jakarta jurusan Ilmu Komputer. Akhirnya masuk Arjosari 20.35.

Lanjut perjalanan Malang - Jakarta.

Tiket, minus Budiman Tasik-Jogja


==========================


P9A : Rp 6.000
Elf Bulak Kapal - Terminal : Rp 3.000

Budiman First Class Bluetec BT 09
Bekasi - Tasik : Rp 58.000
Jetbus 2 HD Adiputro, Mercedes-Benz 1836
Legrest, reclining seat 2-2, air mineral

Budiman Bisnis AC 3E85
Tasik - Jogja (Giwangan) : Rp 78.000
Jetbus HD Adiputro, Mercedes-Benz 1526
Recining seat 2-2, servis makan 1x RM Taman Sari Rasa

Eka Cepat 7518
Jogja (Giwangan) - Surabaya : Rp 87.000
Grand Tourismo Morodadi Prima, Hino RK8 R260
Reclining seat 2-2, servis makan 1x RM Duta

Restu ATB
Surabaya - Malang : Rp 13.000
Reclining seat 2-3

Besok-besok main ke Ngalam lagi ahh.. ~
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment