Tuesday, October 24, 2017

Dalam Satu Bus AKAP Ini, Ada Lebih dari Satu Kelas, Gan!

Di tahun 1990-an sebelum krisis ekonomi melanda Indonesia, ada PO. Presta Prima yang membedakan dua kelas layanan dalam satu bus. Bermodalkan OH-1113 dengan kode body OH-306 buatan German Motor Manufacturer dari Mercedes Benz Indonesia saat itu, mereka membuat kelas Super Eksekutif dan Eksekutif dalam satu kelas. Layanannya dibedakan dari sisi kursi dan ruang. Di beberapa armada juga disediakan minibar. Cukup mewah untuk ukuran periode saat itu. Namun beberapa tahun belakangan ini, tren lebih dari satu kelas layanan dalam satu bus mulai marak kembali, berikut nama PO-nya yang TS ketahui, gan:

1. PO Sempati Star

Sempati Star double decker. Sumber
Bus yang bermarkas di Medan ini memiliki tiga layanan kelas pada beberapa unit double decker-nya. Kelas tersebut terdapat fasilitas yang berbeda, yang pertama Sleeper Class yang menggunakan kasur berjumlah 2, First Class yang menggunakan electric seat dan Super VIP Class yang ada di lantai atas dengan menggunakan reclining seat biasa, tarifnya untuk Sleeper Class Rp 350.000, First Class Rp 450.000 dan Super VIP Class Rp 250.000. Unit tersebut hanya melayani trayek Medan - Banda Aceh. Busnya menggunakan chassis Scania K410 dan Mercedes Benz 2542 dibalut body Jetbus 2 SDD.

Interior Sempati Star konfigurasi 1-1. Sumber

Interior Sempati Star konfigurasi 1-2. Sumber

Interior lantai atas PO Sempati Star. Sumber.


2. PO Putera Mulya

Eksterior Putera Mulya double decker. Sumber
Putera Mulya yang memiliki 2 kelas dalam 1 busnya melayani trayek Jakarta - Wonogiri dan Bogor - Prambanan. Bus ini menggunakan chassis Scania K410 dengan body buatan Karoseri Adiputro model Jetbus 2 SDD. Tarif untuk lantai atas dengan reclining seat 2-2 dan disertai AVOD Rp 225.000 dan lantai bawah menggunakan electric seat 1-2 Rp 325.000.

Interior lantai bawah PO. Putera Mulya. Sumber.

Interior lantai atas PO. Putera Mulya. Sumber.

3. PO Efisiensi

Eksterior Efisiensi double decker. Sumber
Bus Efisiensi double decker ini menggunakan chassis Mercedes Benz 2542. Bus ini terdapat dua layanan kelas, lantai atas eksekutif reclining seat 2 - 2 dengan tarif Rp 110.000 dan lantai bawah electric seat 1 - 1 tarifnya Rp 120.000.

Interior lantai bawah Efisiensi. Sumber.

Interior lantai atas Efisiensi. Sumber

4. PO Haryanto

Eksterior PO Haryanto. Sumber
PO Haryanto yang terdapat 2 layanan dam 1 busnya hanya melayani trayek Jakarta (Pulo Gebang) - Kudus -Jepara. Dua baris terdepan menggunakan reclining seat berkonfigurasi 1-2 dan baris berikutnya berkonfigurasi 2-2 seperti pada umumnya. Bus ini menggunakan chassis Hino RN 285 dengan body Adiputro model Jetbus 2 HDD. Tarif untuk seat Super Eksekutif Rp 250.000 dan Eksekutif Rp 200.000.

Interior PO Haryanto. Sumber

Interior PO Haryanto. Sumber

5. PO Harapan Jaya

Eksterior Harapan Jaya double decker. Sumber
PO Harapan Jaya belum lama ini merilis unit barunya yang menggunakan chassis Scania K410 body Jetbus 2 SDD. Yang menjadi kejutan yaitu bus ini memiliki 3 layanan kelas, di lantai bawah ada 2 sleeper seat, reclining seat 2-2 dan lantai atas reclining seat 1-2 seperti di Super Luxury Class. Belum diketahui unit tersebut untuk trayak mana dengan harga tiket berapa, karena belum beroperasi resmi.

Interior lantai bawah Harapan Jaya double decker. Sumber

Interior sleeper seat Harapan Jaya. Sumber

6. PO Bintang Prima

Eksterior Bintang Prima. Sumber
PO asal Sulawesi ini memiliki 2 kelas dalam 1 busnya, baris depan berisi reclining seat 2-2 dan bagian belakang terdapat kasur untuk 8 penumpang. Tarif Makassar - Toraja sleeper 215.000 dan kursi 190.000.

Interior Bintang Prima. Sumber

Interior Bintang Prima. Sumber

7. PO Primadona

Eksterior Primadona. Sumber.
Bus asal Sulawesi ini melayani trayek Makassar - Toraja. Bus ini menyediakan 26 bangku dengan formasi duduk 1-1, 1–2 dan 2–2. Dua bangku pertama La Premiere Gold tarifnya Rp 370.000/penumpang, enam bangku di belakangnya La Premiere Silver tarifnya Rp 250.000/penumpang dan sisanya Executive Silver tarifnya Rp 200.000/penumpang. Bus ini menggunakan chassis Scania dengan body buatan Karoseri Nusantara Gemilang model Cityline.

Interior Primadona. Sumber.

8. PO Putra Jaya

Eksterior Putra Jaya. Sumber gambar.
Bus yang yang dilabeli Vicolux oleh owner-nya ini memiliki tiga kelas berbeda dalam satu bus. Ada tiga kursi di barisan terdepan yang disebut kelas VIP, di kelas ini menggunakan electric seat dan alat pemijat kaki, di bagian tengah bus ada kelas Bisnis dengan 18 reclining seat dan di bagian belakang merupakan kelas Luxury dengan kapasitas 4 kasur penumpang yang fasiltasnya terdapat AVOD, guling dan bantal. Tarif yang dikenakan untuk kelas VIP Rp 250.000, kelas Bisnis Rp 200.000 dan Luxury Rp 350.000

Interior Putra Jaya. Sumber gambar.

Interior bagian belakang Putra Jaya. Sumber gambar.

9. PO Borlindo

Eksterior Borlindo Scania K410. Sumber
PO. Borlindo merupakan PO yang baru didirikan pada tahun 2017 yang berasal dari Sulawesi. Dalam satu busnya ada tiga kelas berbeda, yaitu VVIP, VIP dan Executive Class. Untuk unit yang ini melayani trayek Makassar - Toraja, harga tiket untuk kelas Eksekutif Rp 200.000, VIP Rp 250.000 dan VVIP Rp 400.000, tarif tersebut juga bisa dilihat dan dibeli online, melalui website borlindo.com. Yang membedakan tiap kelasnya yaitu jenis kursinya, VVIP menggunakan kursi pijat, VIP menggunakan electric seat 1-2 dan Executive menggunakan reclining seat 2-2.

Kursi Borlindo kelas VVIP. Sumber
Bus multikelas Borlindo. Sumber


Referensi 1


Simak diskusinya di Forum Kaskus, Gan!
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment