Monday, November 13, 2017

Rumah Makan Favorit yang Disinggahi Bus Antarkota

Salah satu kelebihan naik bus AKAP dibanding angkutan umum lainnya saat keluar kota yaitu adanya fasilitas gratis servis makan. Fasilitas servis makan dilaksanakan di rumah makan (RM) yang telah bekerja sama dengan Perusahaan Otobus (PO), tapi ada juga beberapa PO yang memiliki dan mengelola sendiri rumah makannya. Nilai plus dari PO yang punya RM sendiri yaitu PO bisa mengontrol kualitas dari rasa makanan, kebersihan, pelayanan dan fasilitas lainnya terkait di RM itu sendiri, sedangkan kalo RM yang dikelola pihak lain, PO harus mem-forward keluhan dari penumpang ke pengelola RM yang bersangkutan.

Menurut pengamatan ane ada beberapa alasan mengapa suatu RM bisa dikatakan RM idola, seperti fasilitas dari RM tersebut bersih dan nyaman kayak musolah toilet dan lainnya, yang jadi nilai plus yaitu toiletnya yang bersih udah gitu gratis lagi :D, berikutnya soal rasa, ini sih wajib hukumnya, makanan pasti harus enak. Berikutnya lagi soal porsi, iya kadang di RM mode prasmanan itu ada penjaganya, khususnya di section lauk kayak mie goreng, ayam goreng dan telur, biasanya tugas dari penjaga itu mengawasi dan memastikan kalo penumpang cuma ambil 1 lauk/potong bagian ayam aja.

Dari sekian banyak RM ada beberapa RM yang terkenal enak bagi penumpangnya... RM apa aja.. mari scroll ke bawah Gan

1. RM Menara Kudus, Gringsing

RM Menara Kudus ini merupakan RM yang dimiliki dan dikelola oleh PO Haryanto yang berlokasi di Gringsing, semua armada PO Haryanto dari arah Timur (kecuali Madura) servis makannya disini. Di RM ini ada berbagai macam menu makanan, ada nasi rames, nasi goreng, lontong opor dan soto, yang lebih menariknya lagi, di RM ini porsinya bisa unlimited Gan.

Menu lontong opor PO Haryanto. Dokumentasi pribadi.

2. RM Sari Rasa, Kendal

RM Sari Rasa yang lokasinya ada di Kendal ini merupakan RM yang dikelola oleh pihak luar. Banyak bus Akap dari timur yang melakukan servis makan disini, seperti Rosalia Indah, Sudiro Tungga Jaya, Harapan Jaya, Nusantara dan masih banyak lainnya. Menu makan di RM ini juga bisa dibilang enak, gan, kadang ga diawasi gan, bisa unlimit ambil lauknya, biasanya sih ayam goreng..

Menu makan prasmanan Rosalia Indah. Dokumentasi pribadi.

3. RM Taman Sari, Tuban

Rumah makan yang berlokasi di Tuban ini biasanya disinggahi oleh bus AKAP dari arah Jatiman, Gan, seperti Malang, Surabaya dan daerah lainnya. Salah satu bus yang singgah di RM ini yaitu Gunung Harta, Lorena-Karina dan lainnya.

Menu makan prasmanan Gunung Harta. Sumber

4. RM Kedung Roso, Brebes

Rumah makan Kedung Roso berlokasi di wilayah barat, ada beberapa bus yang singgah untuk servis makan di RM ini seperti New Shantika, Ramayana, Bejeu, Safari Dharma Raya, Sudiro Tungga Jaya dan lainnya. Di RM Kedung Roso banyak banget pilihan sayurnya dan bebas ambil, tapi kalau untuk lauk macam ayam goreng tetep cuma boleh ambil satu potong aja. Kupon makan dirobek diujung meja setelah selesai ambil makanan, jadi diawasi langsung. Hahaha...

Oiya.. konon katanya sate kambing di RM Kedung Roso rasanya juga enak, tapi yang ini sih musti bayar sendiri, di luar servis makan.

Variasi menu makan Sudiro Tungga Jaya. Sumber

5. RM Menara Kudus, Cirebon

Sama seperti di poin 1, RM ini juga milik PO Haryanto, dahulunya bernama RM Kalijaga 2. RM ini jadikan tempat servis makan penumpang HR dari arah barat, menu yang disajikan pun juga sama seperti yang di Gringsing.

Menu nasi goreng PO Haryanto. Sumber

6. RM Duta, Ngawi

RM Duta ini terletak di wilayah jalur tengah, ada beberapa bus AKAP yang singgah disini seperti Eka, Harapan Jaya, Gunung Harta dan lainnya. Sistem makannya pun berbeda misalnya untuk penumpang Eka sistem makannya permenu sedangkan untuk penumpang seperti Harapan Jaya sistem prasmanan. Semua tergantung layanan dari PO nya sendiri

Menu nasi rawon RM Duta, Ngawi. Sumber

Menu makan prasmanan Gunung Harta. Sumber

7. RM Puritama, Situbondo

Rumah makan ini ada di daerah Situbondo, biasanya yang singgah disini bus dari Denpasar, Bali. Ada beberapa bus yang singgaj disini seperti Surya Bali, Kramatdjati, Wisata Komodo, Madu Kismo dan lainnya.

Menu makan prasmanan Surya Bali. Sumber

8. RM Utama, Caruban

Rumah makan yang berada di daerah Caruban ini disinggahi oleh bus Sugeng Rahayu Cepat. Menu makan disini disajikan prasmanan.
Menu makan prasmanan Sugeng Rahayu Cepat. Sumber.

TS pernah makan dibeberapa RM di atas, yang di Sari Rasa itu pengalaman ane, kebetulan ane 2x dine in dan sekali take away, ikut bis Surabayaan soalnya, udah makan duluan, disana ga ada penjaganya Gan, ane kesitu numpak Harapan Jaya exe dan Rosalia SE dan exe. Apa mungkin karena kelas mahal ya. Haha. Di Menara Kudus juga pengalaman ane, kupon makan yang nempel di tiket bus ga di sobek, bebas ambil dah. Haha


Mungkin para pembaca punya rumah makan yang recommended lainnya? Mari share di kolom komentar.


Simak diskusinya di Forum Kaskus, Gan!
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment