Friday, July 13, 2018

Mengenal Fasilitas Multimedia On Demand (MOD) di Bus AKAP

Multimedia On Demand by MSI Funtoro. Sumber
Fasilitas hiburan merupakan salah satu fasilitas yang biasanya pasti tersedia untuk bus kelas eksekutif. Umumnya fasilitas ini berupa LED TV yang terpasang di depan dan tengah kabin beserta speaker-nya dan biasanya juga hiburannya itu berupa musik dangdut. Yaa lumayan lah untuk memecah keheningan kabin bus. Apalagi kalau bus baru dan bersuspensi udara, makin senyap, selain itu minimal ada suara "kriyet-kriyet" lah.

Beberapa tahun belakangan ini fasilitas hiburan untuk penumpang bus menggunakan AVOD yang berupa LED Monitor, terletak di belakang setiap kursi penumpang. Penumpang bisa milih mau nonton film atau dengar musik sesuai selera masing-masing, pakai headset/earphone masing-masing tapi.

Interior Harapan Jaya Double Decker. Sumber
Kalau memperhatikan gambar di atas, tidak nampak LED Monitor untuk AVOD di balik kursi yang biasa digunakan penumpang bus tingkat Harapan Jaya. Mungkin penumpang mereka bakal bilang, "sayang.. bus bagus trendi, pakai chassis tronton, lantai tumpuk tapi gak ada AVOD-nya". Perlu diketahui, unit Harapan Jaya ini merupakan unit untuk kelas tertinggi dan multikelas pula.

Wait... jangan khawatir, karena bus tersebut sudah dilengkapi fitur Multimedia On Demand (MOD) dengan menggunakan teknologi dari perusahaan penyedia teknologi hiburan asal Taiwan, yakni dengan brand MSI Funtoro. Fitur MOD ini telah diperkenalkan pada 2010 di World Bus Expo Asia Exhibition yang berlangsung 6-8 Mei lalu di Shanghai, China.

MOD milik MSI Funtoro ini bisa menggunakan monitor seperti AVOD biasa atau bisa juga diakses melalui wifi streaming. Kalau melalui wifi streaming, maka fasilitas ini dapat diakses dengan gedget milik penumpang seperti smartphone, tablet hingga laptop. Harapan Jaya dan SAN inilah menggunakan wifi streaming, jadi meskipun gak ada LED Monitor, penumpang tetap bisa mendapat fasilitas hiburan sesuai seleranya.

Berikut ini user interface MOD yang ada di SAN dan Harapan Jaya:
UI Funtoro SAN. Sumber

UI Funtoro Harapan Jaya. Sumber

Mau film, musik dan sebagainya adaaa...
List film Funtoro Harapan Jaya. Sumber

Fasilitas MOD ini tersedia di bus Harapan Jaya unit double decker dengan trayek Poris - Tulungagung dan Ciputat - Blitar, kalau gak salah juga, di kelas eksekutif regulernya juga sudah ada *CMIIW. Untuk tarif normal tiket unit double decker berkisar Rp 335.000 - Rp 510.000 tergantung kelas dan titik penurunan, sedangkan untuk kelas eksekutif regulernya berkisar Rp 215.000 s.d. Rp 270.000 tergantung titik penurunan.

Nah kalo yang di bus SAN, TS kurang tahu unit yang ada MOD-nya jalan trayek mana dan dan tarif tiket berapa, Kalau gak salah nih ya jalan Bengkulu - Padang, MOD ini cuma ada di unit terbaru Mercedes-Benz 2542.


Wait..


Dan setelah TS berselancar lebih jauh, ternyata layanan jenis MOD ini sudah ada di Indonesia sejak 2014 yang diawali oleh Bejeu dengan nama layanan "Bejeu Personal Entertainment". Bejeu Personal Entertainment merupakan layanan yang menyajian musik/video yang bisa dinikmati selama dalam perjalanan. Sistem yang digunakan oleh Bejeu Personal Entertainment ini menggunakan fasilitas wifi yang ada di bus Bejeu untuk mengirimkan secara on-demand (sesuai dengan permintaan) musik atau video yang diinginkan oleh pelanggan. Dalam sistem ini disiapkan puluhan ribu lagu dan ratusan film yang bisa dinikmati oleh pelanggan secara personal.
Bejeu Personal Entertainment. Sumber

Personal yang dimaksud adalah pilihan lagu/film yang diinginkan oleh penumpang satu dengan lainnya berbeda. Penumpang akan mengakses library lagu dan film dengan menggunakan smartphone, tablet atau notebook yang dimiliki oleh pelanggan sendiri. Sehingga, layanan ini akan terasa sangat personal dan tidak saling terkait dengan penumpang lainnya. Lebih nyaman lagi jika pelanggan menggunakan sarana headphone/headset pada gadgetnya.

"Pantura Live" Bejeu. Sumber
Masih ada satu fitur lagi yang menarik, yaitu "Pantura Live" streaming. Dengan fitur ini penumpang yang berada di baris dua hingga belakang bisa melihat kondisi jalan di depan bus dengan menggunakan gadget. Jadi walaupun gak kebagian "hot seat", tetap bisa melihat ke depan, karena ada kamera yang dipasang di balik kaca depan.

Kira-kira fitur tersebut masih tersedia di armada Bejeu kah?


Simak diskusinya di Forum Kaskus, Gan!
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment