Thursday, November 29, 2018

Cocok untuk PJKA. Gunung Mulia, Bus Jakarta - Solo yang Berangkat (Paling) Malam

Gunung Mulia SR-2 HD Prime. Sumber
Pembahasan kali ini, ane mau memberikan pilihan alternatif bus yang jalannya (paling) malam dari Jakarta. Bagi para kaum pekerja di ibukota negara tercinta ini yang berencana melakukan perjalanan di akhir pekan seusai jam kantor ke arah timur khususnya wilayah Jawa Tengah jangan lah khawatir kehabisan bus. Postingan ini menyambung postingan yang sebelumnya yang mana ane pada waktu itu siang harinya ketinggalan bus, maklum Wonogiren gasik tenan.

Untuk perjalanan ke Jateng lebih tepatnya Solo musti ke Terminal Terpadu Pulo Gebang dulu. Karena terminal tersebut merupakan terminal terluar alias yang aksesnya lebih dekat tol Jakarta - Cikampek, disana untuk yang jalan (paling) malam dan dengan servis yang bagus sepengetahuan ane ada Raya dan Gunung Mulia (Gumul). Raya dengan kelas Super Top (ST) dihargai Rp 280.000 dan Gumul dengan kelas VIP dihargai Rp 165.000, untuk jamnya sendiri Raya ST berangkat sekitar jam 19:00 dan Gumul jam 20:00.

Untuk pemesanan tiket Gumul bisa chat WhatsApp ke Bang Ucok di nomor 0812 9348 392 atau Mbak ... (lupa namanya siapa) di nomor 0821 3924 2587.

Tiket Gunung Mulia VIP. Dokumentasi pribadi

Kebetulan pada 17 November 2018 lalu ane berkesempatan menggunakan jasa dari Gumul. Pesan tiketnya dadakan.. karena siangnya sudah ketinggalan bus yang lain. Haha... ane pesan via WhatsApp dan langsung pelunasan ba'da Maghrib. Kebagian bus nopol AD 1406 HB berbodi Jetbus 2 non-HD rombakan New Marco non-HD dengan chassis Mercedes-Benz 1525. Masih ada 3 kursi yang kosong, bus berangkat dari Pulo Gebang jam 20:00, masuk gerbang tol Pulo Gebang dan seperti biasa di simpang susun Cikunir arah tol Japek pasti macet dulu.

Untuk kelas VIP ini jumlah kursi ada 36, tersedia selimut dan ada toilet. Perjalanan baru dimulai kru langsung membagikan snack yang isinya biskuit Slai Olai, Malkist dan air minum dalam kemasan gelas. Lumayan buat nahan lapar. Karena gak full seat, bus mampir agen Klari untuk ambil 3 penumpang lagi. Biasanya kalau full seat dari Pulo Gebang langsung bablas ke RM. Beruntung unit ini pakai kursi buatan Rimba Kencana, nyaman betul.
Kursi buatan Rimba Kencana. Dokumentasi pribadi

Servis makan di RM (New) Markoni, Subang. Soal rasa makanan di RM relatif sih, tapi menurut ane rasanya kayak kurang bumbu, untuk menyiasatinya ane ambil kerupuknya yang buanyak, biar ada rasa gurih-nya. Raya servis makannya juga di RM (New) Markoni ini, tapi beda "lapak" tentunya.
Servis makan Gunung Mulia. Dokumentasi pribadi

Biasanya nanti sekitar jam 4:00 keesokan harinya masuk RM Sari Rasa, Kendal untuk rehat sejenak, mau ngopi-ngopi atau ngeteh silakan. Bayar sendiri tapi. Kalau sudah masuk waktu Subuh juga bisa ibadah dulu bagi yang menjalankan.

Setelah itu lanjut jalan lagi nanti di tol Semarang keluar di Sukun lewat jalan raya terus sampai Salatiga - Boyolali, biasanya bus masuk Terminal Boyolali sekitar jam 7:00. Nah ane turun disini.
Gunung Mulia AD 1403 HB. Dokumentasi pribadi

Sudah 2x ane ikut Gumul buat pulang kampung, karena jamnya cocok dan tarifnya mashook. Haha.. Oiya yang sebelumnya ane kebagian unit Hino RK8 body Legacy bus nopol AD 1462 AR.
Gunung Mulia AD 1462 AR. Sumber

Sebelum-sebelumnya ane punya rasa khawatir dari sisi keamanan, karena beberapa waktu lalu ane baca di group Facebook pernah ada penumpang yang kehilangan laptop. Bisa dibilang ini hal yang biasa terjadi di bus malam, di berbagai PO dan berbagai kelas pun juga pernah ada yang kehilangan. Yowislah sebagai penumpang cuma bisa antisipasi kasih kunci tambahan di tas, sisanya ya pasrahkan saja.. atau mungkin teman pembaca ada yang punya trick khusus?
Berita kehilangan. Sumber

Overall servisnya cukup bagus lah dibanding bus-bus sapu jagad. Cukup recommended bagi kaum pekerja panganut "sing penting tekan".


========================

Sabtu, 17 November 2018
Gunung Mulia VIP AD 1403 HB
Jakarta (Pulo Gebang) - Boyolali : Rp 165.000
Jetbus 2 non-HD rombakan, Mercedes-Benz 1525
Toilet, reclining seat 2-2 total 36, selimut, snack, servis makan 1x RM Markoni

11 comments:

  1. Pak ...Agen Pondok Pinang ke Baturetno berangkat mlm jam berapa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh kurang tau deh kalau dari Pondok Pinang jam berapa..

      Delete
    2. Jatah baturetno dri pool PTC mas dri ponpin ndak ada..

      Delete
  2. ngecer itu nyari penumpang dijalan alias ngompreng munkin maksutnya kwkwkkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hooo...

      Baru beberapa kali naik Gumul, sepengetahuan ane cuma angkut dari agen aja.

      Pulo Gebang angkatan terakhir kalau full seat langsung jalan, mampir lagi di Subang servis makan.

      Kalau masih ada yg kosong paling mampir Karawang.

      Delete
  3. bisa naik dari bekasi timur ga ya gan kalo yang paling malam ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu ane Gunung Mulia angkatan akhir dari PGB gak masuk Bekasi Timur lagi.

      Aternatifnya dari Bektim angkatan malam bisa naik Putera Mulya yg Trans-Jawa gan, penurunan di timur cuma di Semarang (Kalibanteng), Salatiga, Kartosuro, Solo

      Delete
  4. Selamat sore. Mau minta info. Bus jurus an jakarta solo ada yg berangkat.jam 19.00-20.00.gak ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada dari Terminal Pulo Gebang, Gunung Mulia, Putera Mulya, Harapan Jaya, PO Haryanto, Raya, apa lagi ya..

      Delete