Friday, August 28, 2020

Perjalanan ke Malang dengan Gunung Harta Solutions GHTS-046 "Sakera Reborn" Angkatan Pagi

Gunung Harta Solutions GHTS-046 parkir di RM Singgalang Jaya. Dokumentasi pribadi.

Setelah sempat vacuum beberapa bulan karena pandemi, Gunung Harta Transport Solutions (GHTS) kembali melayani trayek Bubulak - Malang P.P. angkatan pagi mulai tanggal 16 Agustus 2020. Kebetulan di Agustus ini ada hari libur berderet, tinggal atur-atur aja mau kapan berangkat. Diputuskan berangkat hari Jumat, 21 Agustus 2020 sekalian nyoba gimana kesan beli tiket GHTS secara online via website ghtiket.solutions. Untuk langkah-langkah pesan tiket online Gunung Harta Solution bisa dibaca di post berikut.

Pesan tiket online kemarin H-1 keberangkatan, berdasarkan info di web-nya sih pembelian tiket online minimal 2 Jam sebelum keberangkatan. Untuk pembelian kurang dari 2 jam sebelum keberangkatan bisa menghubungi agen/kantor GHTS terdekat.

Jumat, 21 Agustus 2020 hari keberangkatan tiba, ane tiba di Pool Gunung Harta Bekasi Timur jam 08:04, bawa tiket yang sudah dicetak sendiri, lalu ke meja layanan untuk minta nomor polisi (nopol) bus yang akan dinaiki, ditulis 7487.

Print-an tiket online Gunung Harta Solutions. Dokumentasi pribadi.

Sambil nunggu bus, cari sarapan dulu sekitaran Depsos, dapet soto ayam campur nasi di sebelah SPBU yang seporsinya dihargai Rp 12.000, kelar makan langsung balik ke pool lagi.

Pool Gunung Harta Bekasi Timur. Dokumentasi pribadi.

Jam 08:35 GHTS dengan nopol 7287 masuk ke pool dengan nomor unit GHTS-046. Langsung naik ke kabin dan menuju singgasana dengan nomor kursi 6A. Selama pandemi fasilitas selimut dan bantal sepertinya untuk sementara ditiadakan. Di tiap kursi juga dilengkapi Audio Video on Demand (AVOD) yang sudah menggunakan layar sentuh.

Interior kabin GHTS-046. Dokumentasi pribadi.

FYI nih, kalau naik GHTS unit Tronton SHD mungkin bisa dipertimbangkan nomor kursi 6AB untuk yang prefer leg room yang lega, sedangkan yang ingin full rebah tanpa ganggu belakang bisa pertimbangkan nomor 5AB, entah konfigurasi ini sama di semua unit Tronton SHD atau nggak.

Di posisi tersebut lebih lega karena ada pintu tengah yang gak digunakan untuk akses keluar-masuk dan toiletnya ada di belakang. Kalau toiletnya ada di tengah sih beda cerita yak.

Leg room kursi nomor 6AB. Dokumentasi pribadi.

Jam 08:50 berangkat dari Pool GH Bekasi Timur. Okupansi penumpang pagi itu < 15 orang kira-kira.

Jam 08:54 masuk Gerbang Tol (GT) Bekasi Timur.

Jam 08:57 mampir Rest Area (RA) KM 19 untuk ambil snack dan nyolar.

Jam 09:08 berangkat dari RA KM 19. Kru mulai membagikan snack.

Wah ini peletakan nomor kursi kayak di Rosalia Indah juga ternyata, posisinya di dinding, kalau ada orangnya gak keliatan musti itu nomornya, musti hitung manual barisnya dari depan. Hahaha..

Letak penomoran kursi bus Gunung Harta Solutions.

Kursi di unit GHTS-046 ini buatan Alldila, menurut ane kekurangannya ada di leg rest yang kurang panjang dan/atau kurang bisa naik ke atas.

Kursi GHTS-046 buatan Alldila. Dokumentasi pribadi.

Jam 09:15 keluar GT Cibitung.

Jam 09:23 berhenti di sebelah Pool Sinar Jaya, kayaknya ada yang naik dari sini.

Jam 09:26 lanjut berangkat lagi, entah karena sedang ada pembangunan konstruk atau bukan, akses menuju Tol Jakarta - Cikampek (Japek) jadi agak jauh, musti masuk dulu ke kawasan industri.

Jam 09:44 masuk kembali ke ruas Tol Japek.

Jam 10:21 melintas GT Cikampek Utama.

Jam 11:07 keluar GT Cikedung.

Interior kabin GHTS-046 tengah-belakang. Dokumentasi pribadi.

Isi snack yang didapat berupa, air minum dalam kemasan 330 ml, roti dan kacang, semuanya berlabel Gunung Harta. Hmm.. collect-able item nih.

Snack Gunung Harta Solutions. Dokumentasi pribadi.

Jam 11:10 masuk RM Singgalang Jaya, Cikamurang. Baru kali pertama ane makan di sini. Untuk penumpang dengan tiket online/tiket print, petugas RM akan menyobek barcode yang ada di kanan atas tiket. Entah prosedurnya yang memang menyobek begitu atau mustinya barcode tersebut di-scan, kayak di RM Taman Selera servis makannya Sinar Jaya.

Tampak depan GHTS-046 "Sakera Reborn". Dokumentasi pribadi.

Menu nasi rames pilihan lauknya banyak juga ini, menu makan yang ane ambil: nasi, ayam kuah santan, bihun goreng, bakwan, kentang balado, sayur tumis sawi hijau, kerupuk, sepotong semangka dan minumnya teh hangat agak manis. Menu masakannya enak, cuma menurut ane untuk ayamnya kurang ada rasanya.

Menu servis makan di RM Singgalang Jaya. Dokumentasi pribadi.

Jam 11:44 berangkat dari RM.

Jam 11:48 kembali masuk ruas Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) via GT Cikedung. Setelah RM, kemudi diambil oleh driver tengah.

Suasana RM Singgalang Jaya. Dokumentasi pribadi.

Terasa sekali perbedaannya, driver tengah lebih memaksimalkan tenaga Mercedes-Benz 2542, dari aplikasi speedometer di smartphone ane kecepatan maksimal mencapai 127 kpj selain itu juga berani mosak-masik. Joss pokokmen.

Speedometer driver tengah GHTS-046. Dokumentasi pribadi.

Btw kalau ikut angkatan pagi arah timur, duduk di baris kiri musti dipertimbangkan lagi sih, kena arah datangnya sinar matahari soalnya. 

Jam 12:17 melintas GT Palimanan.

Interior kabin GHTS-046 siang hari. Dokumentasi pribadi.

Jam 14:12 melintas GT Kalikangkung. Ruas Tol Semarang - Boyolali kontur jalan tol naik-turun, dengan skill driver tengah yang yahud dan modal chassis tronton, mustinya masih bisa tetap joss lah ini.

Jam 14:28 melintas GT Banyumanik.

Jam 15:22 mampir RA KM 519A, nyolar dan istirahat.

Jam 15:58 berangkat dari RA KM 519A. Kemudi diambil alih kembali oleh driver pinggir. Masih sama style-nya seperti di awal, jalannya lebih santuy dibanding driver tengah.

Baru kali ini ane melintas Tol Solo terus ke arah timur di sore hari, terlihat hamparan sawah.

Senja di Ruas Tol Mojokerto - Surabaya. Dokumentasi pribadi.

Jam 18:03 keluar GT Warugunung.

Jam 18:13 bongkaran Agen Medaeng.

Jam 18:26 masuk GT Waru 3.

Speedometer driver pinggi GHTS-046. Dokumentasi pribadi.

Jam 18:37 melintas GT Sidoarjo.

Jam 18:47 melintas GT Kejapanan.

Jam 19:15 keluar GT Lawang. Setelah keluar tol langsung bongkaran penumpang. Titik bongkar selanjutnya di Taspen.

Jam 19:37 mampir nyolar, sepertinya untuk persiapan besok angkatan pagi arah barat.

Jam 19:44 kelar nyolar langsung berangkat lagi.

Jam 19:56 tiba di Pool Gunung Harta Jalan Pattimura.

GHTS-046 lanjut jalan dari Pool Pattimura. Dokumentasi pribadi.

===================

Jumat, 21 Agustus 2020
Gunung Harta Solutions Eksekutif Tronton GHTS-046 "Sakera Reborn" nopol B 7487 KGA
Bekasi Timur - Malang (pool) : Rp 340.000
Jetbus 3+ SHD Adi Putro, Mercedes-Benz OC500RF 2542
Toilet, reclining seat Alldila 2-2, leg rest, port usb charger, smoking room, AVOD, amdk 330 ml, roti, kacang, servis makan 1x RM Singgalang Jaya




Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment