Tuesday, February 9, 2021

Merawat "Supra Bapak" Supra X 125 DD Rear Disk Edition Angkatan 2007

Supra X 125 DD Rear Disk Edition. Sumber gambar

Mendapat lungsuran unit Supra X 125 DD 2007 turun-temurun. Pertama dipake bapak, lanjut dipake abang ane di 2013 dan kemudian lanjut menjadi batangan ane di 2018. Menurut ane, Supra X 125 generasi awal desainnya ganteng bener. Apalagi unit yang bapak ane punya ini mungkin bisa dibilang rare item, Supra X 125 DD Rear Disk Edition dengan velg bawaan model jeruji/jari-jari.
Brosur Supra X 125 DD Rear Disk Edition. Sumber gambar.

Postingan ini mungkin menjadi pembuka untuk postingan-postingan selanjutnya yang berkaitan dengan "Supra Bapak" batangan ane. Ane pribadi juga gak paham detail terkait otomotif, yaa palingan konten ini bakalan jadi semacam histori record perawatan batangan ane.

Batangan ane ini sudah ganti velg jadi racing, karena velg aslinya yang jari-jari ada keretakan, ganti velg pas masih dipegang abang ane, ganti beberapa bagian bodi, striping, sepasang shock breaker, lupa apa lagi yaak..
Brosur Supra X 125 DD Rear Disk Edition. Sumber gambar.

Oli pelumas mesin yang biasa dipakai Federal Ultratec 20W-50 atau Enduro 4T 20W-50. Ganti oli biasanya di SPBU Pertamina yang melayani ganti oli atau di Proban, seringnya sih ganti di Proban. Terpikirkan untuk coba ikut aliran oli sesat, tapi belum dapet momen dan refrensi aja. Nanti lah kapan-kapan.
Perbaikan per-kopling-an. Dokumentasi pribadi.

Selama ane pegang sejak 2018 sampai saat ini, perbaikan besar ada di sisi per-kopling-an. Sejak pas ane pegang memang sudah terasa berat sih di tarikan awal, sampai akhirnya di tanggal 12 Desember 2020 ane lakukan perbaikan. Perbaikan kopling dan sekalian perbaikan minor ane lakukan di non-bengkel resmi, menghabiskan biaya dengan rincian (penamaan part sesuai penulisan di kwitansi):

1. lonceng ganda ori : Rp 450.000
2. kampas ganda ori : Rp 180.000
3. kampas kopling ori : Rp 185.000
4. paking kopling : Rp 25.000
5. karet kopling ori : Rp 30.000
6. master rem : Rp 50.000
7. oli federal : Rp 35.000
8. ongkos : Rp 80.000

Total : Rp 1.035.000

Sebelum perbaikan kopling, ane melakukan pergantian satu set lampu belakang, case-nya waktu itu fitting untuk lampu rem kondisi meleleh, maklum bukan barang asli. Pertama untuk cari referensi harga dan kode part, ane tanya ke akun Twitter @AstraHondaCare dan ke web hondacengkareng.com. Oke harga dasar sudah dapet sekarang cari barangnya yang jarang.
Kwitansi perbaikan dan ganti part. Dokumentasi pribadi

Sampai akhirnya tanggal 31 Agustus 2020 ketemu barangnya di Tokopedia, nama tokonya IM-PART (HONDA) lokasi Kutoarjo, harga Rp 135.000 exclude ongkir. Pemasangan lampu ane serahkan ke beres, kena jasa Rp 40.000. Tadinya mau coba pasang sendiri, tapi kok dilihat-lihat musti bongkar banyak bagian cover bodi yak. Bawa ke beres aja dah, minimalisir risiko kuncian cover ada yang patah dan lumayan juga dikasih spion sebelah, kebetulan spion ane pecah sebelah.

Target jangka panjang ane mau merestorasi jadi seperti tampilan awal, untuk velg-nya tetep model racing. Dimulai dari bawah dulu, rencana terdekat ngecek sekaligus perbaikan footstep belakang kiri yang terasa banget getarannya, cek kelistrikan karena lampuan utama gak terang blass, perbaikan/ganti satu set panel speedometer karena speedometer & meteran bensin mati dan puncaknya nanti bakalan ganti cover bodi beserta striping kalau memungkinkan.
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment