Tuesday, February 23, 2021

Tumbuh Kembang bersama Astrea Grand Black Impressa Angkatan 1997

Astrea Grand Black Impressa 97. Dokumentasi pribadi.

Perkenalkan ini dia unit batangan pertama ane, Astrea Grand Black Impressa 97, yang juga hasil lungsuran dari bapak, abang, terus turun ke ane. Menjadi batangan ane sejak 2013-2018, partner wara-wiri zaman ngampus. Selama ane pegang, gak banyak trouble yang parah sih, palingan pernah kejadian busi lepas. Lupa persisnya tahun berapa, waktu itu pagi berangkat main bulutangkis di daerah Pengasinan, Bekasi, setibanya di Kalimalang depan Bekasi Cyber Park (BCP) terdengar suara ledakan "dyaaar" dan motor langsung mati.

Menepi kemudian cek kondisi motor, ditemukan busi sudah terlepas tapi masih nyangkut di cangklong/cop busi, oke coba dipasang ke tempatnya lagi. Ketika diengkol (baca: kick starter), "dyaaar" lepas lagi businya, fix ulirnya udah slek, mau dibawa ke bengkel tapi ini yakin bakal makan waktu yang lama, jadinya itu motor ane titipin di parkiran belakang BCP dulu, nanti kelar main baru dah bawa ke bengkel.

Sorenya kelar main, lanjut bawa itu motor ke bengkel terdekat, di bengkel pertama ada 2 opsi: 1) sementara bisa diakalin dengan dikasih ganjelan di busi, tapi risikonya kalau ganjelan busi tersebut lepas dan masuk ke mesin, rusaknya malah merembet kemana-mana 2) dibawa ke tukang bubut untuk perbaiki ulirnya. Lupa karena kenapa akhirannya gak jadi di bengkel yang pertama itu, karena udah kesorean atau apa gitu..

Pindah bengkel selanjutnya, untungnya disini masih mau ngerjain nih. dilepasnya lah blok mesin bagian businya, laanjut dibawa ke tukang bubut. Totalan jasa dan bubut kena biaya Rp 100.000. Ulir businya sampai sekarang masih aman-aman aja.

Ganti ban. Dokumentasi pribadi.

Tanggal 1 Februari 2021 yang lalu baru saja peremajaan ban depan. Ban lamanya sudah habis masa pakainya yang tahun produksinya 2014, sebelumnya pakai merk Corsa. Diakhir masa pakainya, bannya kendala gak nggigit velg, jadi angin bisa rembes liwat pinggir ban. Di-oli-in pun juga gak ngaruh.

Peremajaan diganti merk Aspira Premio Tereno seharga Rp 220.000 termasuk pentil di Planet Ban. Dua minggu setelahnya, tiba-tiba ban kempes gak ada angin sama sekali, ane tes isi angin dan sabunin pinggirannya ternyata bannya gak gigit sempurna ke velg dan pentil juga keluar angin. Kembali masuk ke Planet, pinggiran bannya di-oli-in dan pentil dibenerin. Problem solved, sedang dalam pantauan 2 minggu kedepan.

Depan dan belakang pakai ukuran ban yang sama, tubeless 70/90-17. Ngepas banget, tadinya yang depan mau dipasang 60/90-17 tapi gak nemu. Kalau di sticker-nya sih harusnya yang ban depan pakai 2.25-17 dan belakang pakai 2.50-17, tapi untuk tubeless gak ada ukuran tersebut. Hmm. atau velg ini yang kegedean yak.

Sekarang unit Astrea ini udah bukan jadi batangan utama lagi, turun jadi unit cadangan. Tapi readiness tetap musti dijaga, biar siap pancal sewaktu-waktu. So far pemakaian masih enak, paling perlu pengecekan/perbaikan di transmisi aja, kadang masukin gigi perlu diinjak cukup keras. Untuk upgrade kepikiran buat ubah rem depan jadi cakram, ini perlu riset lebih lanjut sih, musti siapin bujet berapa, ubah apa aja, ... tapi ini belum akan dieksekusi juga sih. Bukan prioritas.

Unit kenangan sih ini, menemani masa kecil dan jadi full partner wara-wiri ngampus. Percayalah, nyaman banget kalau diboncengin Astrea, joknya tebel.
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment