Tuesday, March 16, 2021

Merawat "Supra Bapak" Supra X 125 DD Rear Disk Edition Angkatan 2007 [Part 2]

Bongkar bosh arm. Dokumentasi pribadi.

Lanjutan dari postingan Merawat "Supra Bapak" Supra X 125 DD Rear Disk Edition, perbaikan yang udah di-execute lagi per 2021 mulai dari ganti bohlam headlamp, perbaikan bosh arm, ganti kampas rem belakang dan ganti aki.

Terkait case lampu utama yang gak terang, sedikit solved dengan ganti bohlam. Kayaknya sih bohlam sebelumnya pake watt yang lebih kecil dari sekarang. Masih di lini lampu depan, lampu senja gak nyala, dugaannya sih rusak di socket-nya. Udah beli socket lampu depan di Honda Cengkareng via Tokopedia seharga Rp. 16.000. Tinggal pasang aja nih yang belum, cukup tricky soalnya bongkar batok depan Supra X 125. Haha..

Case berikutnya untuk solving foot step belakang kiri yang cukup terasa getarannya. Dicek bosh arm musti ganti, tapi waktu itu cuma di-akal-in aja. Udah agak mendingan lah. Bongkar bagian belakang untuk perbaikan bosh arm, sekalian dicek kampas belakang udah musti ganti ternyata, yowis ganti sisan.

Mulai akan merambah ke sektor panel speedometer yang error indikator bensin blank dan jarum speedo gak muter. Cek harga panel speedometer Supra X 125 (old) cukup larang yo regane sing ori AHM, sejutaan Luur. Sebelum ganti kesitu, mending dicoba ganti pelampung bensin dulu yang harganya masih mashook, Rp 76.000 di ARC&WRC Shop via Tokopedia.

Pas di jalan lagi berhenti langsam, merhatiin panel speedometer dengan kondisi lampu utama nyala, sein nyala dan lampu rem nyala kok error ng-blank dan lampu indikator gak nyala, dugaannya memang aki musti ganti nih. Selang berapa hari kemudian berselancar dan woro-woro untuk nyari referensi aki apa aja yang recommended selain aki AHM, ter-list-lah beberapa merk: Yuasa, GS Astra, Aspira dan Motobatt.

Toko aki Yuasa "Mohto Battery". Dokumentasi pribadi

Dari list tersebut, pilihan ane condong ke Yuasa. Lanjut cari referensi harga dan toko yang bisa dipercaya keaslian produknya. Soalnya sempe denger juga ada aja merk aki yang dipalsuin. Cek via Aplikasi Yuasa, dapet lokasi toko di daerah Otista, Jakarta Timur. Langsung dateng ke "Mohto Battery", aki merk Yuasa untuk Supra X 125 (old) dibanderol Rp 220.000 dengan garansi 2 bulan, disana nerima tukar tambah juga, aki lama ane dihargai Rp 20.000 jadi totalannya ane cukup bayar Rp 200.000 aja.

Tes setrum aki baru. Dokumentasi pribadi.

Sebelum aki baru dipasang ke motor, aki di setrum dulu untuk tes apakah aki dalam kondisi bagus, setelah itu lanjut dipasang di motor dan dites lagi pake volt meter dengan kondisi motor nyala, apakah aki masih masih bisa nerima setrum. Menurut volt meter dari yang punya toko, status aki OK kalau voltase 13,3 s.d 14,8, di bawah itu ada kemungkinan kiprok udah gak bagus lagi karena gak bisa ngasih setrum ke aki.

Aki lama merk AHM. Dokumentasi pribadi.

Dengan kondisi langsam dan lampu depan nyala, volt meter cuma di 13,1-an aja tapi kalau gas digeber volt terus naik ke 13,3-an. Nampaknya kiprok juga mulai lelah ini, khawatir jangka panjang umurnya aki gak lama. Mulai lah berburu kiprok, dapet di IM-PART (HONDA) via Tokopedia seharga Rp 241.000.

Setelah kelistrikan udah ok, nanti lanjut solving panel speedometer lagi.

Btw untuk cek katalog sparepart/part number bisa download file pdf-nya di hondacengkareng.com atau di sanjayahonda.com.

Summary

12 Februari 2021 (executed)
bohlam depan : Rp 25.000
kampas rem belakang : Rp 40.000
ongkos : Rp 45.000

13 Maret 2021 (executed)
beli aki Yuasa : Rp 220.000
jual aki ori AHM : Rp 20.000

socket lampu depan ori AHM : Rp 16.000
pelampung bensin ori AHM : Rp 76.000
kiprok ori AHM : Rp 241.000

Kwitansi perbaikan dan ganti part. Dokumentasi pribadi.
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment