Tuesday, June 1, 2021

Merawat "Supra Bapak" Supra X 125 DD Rear Disk Edition Angkatan 2007 [Part 5]

Servis bersihin karburator. Dokumentasi pribadi.

Persiapan dalam rangka (rencananya) mau jalan jauh. Pertama peremajaan ban depan di Proban, niat awalnya sih mau pakai Michelin City Grip Pro ukuran 70/90-17. Ngecek etalase, "wah masih ada stock kayaknya nih". Oke langsung bongkar ban depan di motor, pas ane pantau ternyata mekaniknya ambil ban dari display yang ada di etalase tadi. Waduuh. Ane coba cek tahun produksinya ternyata 2019, mana harga sama aja lagi dengan tahun produksi yang baru. Oke coba dipasang dulu..

Pemasangan ban Michelin Pilot Street. Dokumentasi pribadi.

Setelah dipasang lalu diisi nitrogen, ternyata bannya gak bisa ngembang nempel di velg. Udah dicoba berkali-kali masih gak bisa juga. Syukurlah. Akhirnya ane minta ganti dengan Michelin Pilot Street ukuran 70/90-17, dapet yang kode produksi 5220. Lumayan produksi akhir 2020. Itu stock terakhir di gudang katanya.

Pilihan ban ring 17. Dokumentasi pribadi.

Pelajaran dari ganti ban hari itu adalah sebelum deal dibongkar, tanyakan dulu stock dan tahun produksinya.

Kemudian di hari Sabtu-nya ane menyempatkan ke bengkel biasa untuk cek pengereman depan, ganti sepasang seal sockbreaker, ganti oli mesin, dan servis. Aktivitas servis standar lah cuma bersihin filter udara, bersihin karburator, dan cek rantai. Menariknya, ane perhatikan ternyata ada kabel yang putus di sekitaran karburator. Setelah cari tau di Grup FB SUPRA125HOLIC ( HONDA SUPRA X 125 ), ternyata itu namanya Throttle Switch System yang berguna untuk menghemat penggunaan bahan bakar. Wah pantes aja ini rasa-rasanya Supra ane ini rada borosan.

Contoh Throttle Switch System (TSS) yang kabelnya masih terhubung. Dokumentasi pribadi.

Ganti seal dan oli shock breaker. Dokumentasi pribadi.

Sisanya paling temuan baut-baut yang gak semestinya, ada yang hilang. Ah iya ada juga temuan baut untuk buat angin dikaliper ternyata patah. Gak tau dah itu patah dimana dan gimana ceritanya. Ckckck.

Baut untuk angin kaliper patah. Dokumentasi pribadi.

Warung tempat kami bermalam. Dokumentasi pribadi.

Hari Selasa malamnya, ane ke Cibodas sekalian test ride. Berangkat dari Jakarta malam sekitaran jam 21, ke Cibodas via Bogor Kota. Random aja sih sebenernya ke Cibodas malam-malam. Ane dan teman-teman bermalam di salah satu warung, untuk 3 orang dihargai Rp 100.000. Btw itu yang punya warungnya orang Wonogiri, silakan diajak ngomong Bahasa Jawa atau info terupdate soal Wonogiri, siapa tau dapet harga khusus. Wkwkwk.

Paginya kami putuskan untuk treking ke Curug Cibereum, tiket masuk untuk wisatawan domestik di hari libur Rp 18.500/orang.

Curug Cibereum. Dokumentasi pribadi.

Pulangnya melipir makan siang dulu di Sate Maranggi Sari Asih, Cianjur. Joss tenan. List harga yang ane inget: nasi Rp 3.500, ketan Rp 3.500, sate full daging Rp 5.000, dan sate campur lemak Rp 4.000.

Sate Maranggi Sari Asih, Cianjur. Dokumentasi pribadi.

Kembali ke Jakarta via Bukit Pelangi, di satu tanjakan tiba-tiba saat ane turunin gigi terdengar suara "tek.. tek.." ketika di gas, tapi kalau gak di gas, suara tersebut gak ada. Waduh..

Langsung call teman ane yang udah di depan untuk menepi dulu. Keputusan kita mampir ke beres AHASS langganan teman ane di daerah Cibinong. Pas tiba di lokasi, wuih gede juga ini beresnya, namanya Bintang Motor. Setelah dicek oleh mekanik, ternyata masalah di gear set, rantai juga udah gak presisi nempel di gear belakang. Katanya mekaniknya sih gak efek apa-apa, palingan cuma suara itu aja. Tapi karena ane punya concern kenyamanan dan keselematan berkendara bersama Supra Bapak dan kebetulan bujet siap, oke ganti!

Ruang tunggu AHASS Bintang Motor, Cibinong. Dokumentasi pribadi.

Ane liat kesana-kemari di ruang tunggu dan akhirnya menemukan price list servis lengkap, untuk Supra X 125 karburator dihargai Rp 105.000. Menurut ane, larang tenaaaan. Jadi penasaran yang bedain dengan servis di beres AHASS lainnya apa yaa?

Summary

19 Mei 2021 (executed)
Michelin TL Pilot Street 70/90-17: Rp 327.000
Pentil besi tubeless panjang: Rp 10.000

22 Mei 2021 (executed)
Oli Federal Ultratec: Rp 35.000
Kampas rem depan: Rp 40.000
Oli shock + seal shock (sepasang): Rp 110.000
Servis: Rp 40.000

26 Mei 2021 (executed)
Drive chain kit 06401KPH881: Rp 154.000
Jasa b/p gear set: Rp 40.000

E-struk ganti ban di Proban. Dokumentasi pribadi.

Kwitansi ganti seal shock breaker dan lainnya. Dokumentasi pribadi.

Invoice ganti gear set. Dokumentasi pribadi.
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment