Friday, April 30, 2021

Perjalanan Puter Walik Kartasura Arah Barat dengan Ranajaya RMA-003 [Part 2/2]

Ranajaya RMA-003 parkir di Terminal Kartasura. Dokumentasi pribadi.

Sebelumnya, berangkat ke timur gak dapet Tunggal Dara, oke lah. Semoga balik ke arah barat dapet Gajah Mungkur. Tiba di Kartasura jam 14:33, mustinya sih masih keburu lah go show Gajah Mungkur, yang lalu info dari agen Gajah Mungkur berangkat jam 15-an dari Kartasura. Jalan kaki dari jalan raya sampai ke Terminal Kartasura ditempuh hampir 10 menit. Langsung menuju ke agen yang sama dengan waktu itu naik Gajah Mulia Sejahtera (GMS) untuk cek ketersediaan Gajah Mungkur sore itu. Saat agen telepon kru jalan, unitnya sudah di daerah Pengging, Boyolali. Walah gagal maneh.

Ditawarin naik bus jam berikutnya ada GMS, langsung ane sanggah dengan pertanyaan ketersediaan kursi kosong Ranajaya turun Bekasi Timur sore itu juga. Voila! masih tersedia. Deal, bungkus!
Agen Gajah Mungkur/GMS/Ranajaya/Tunggal Dara/Putera Mulya Terminal Kartasura. Dokumentasi pribadi.

Ternyata Ranajaya sistemnya keagenannya sudah online dan menggunakan tiket thermal. Saat tiket dicetak langsung ane lempar pertanyaan soal tiket sampulnya. Infonya tiket sampul sedang habis dan belum dikirim lagi dari kantor. Mbak Desy dan ibunya memberikan solusi yaitu nanti kalau stoknya udah ada, tiket thermal-nya bisa dituker dengan tiket sampul, langsung kesini aja. Wah solusi yang menarik, tapi masalahnya tiket thermal kalau kelamaan disimpan tulisannya bisa pudar bahkan hilang.

Beruntungnya, ternyata masih ada 1 tiket sampul yaitu tiket display yang ada diselipan kaca meja, ibunya Mbak Desy memberikan kepada ane. Hahaha.. Yuhuu~ tiket thermal-nya diganti jadi tiket sampul.

Btw prioritas hari itu untuk balik ke barat sebetulnya mau naik: 1) Gajah Mungkur 2) Blue Star/Ranajaya. Akhirnya ane putuskan pilih Ranajaya ya karena tiket sampulnya itu, kalau Blue Star tiketnya lembaran nonsampul.
Tiket thermal vs tiket sampul Ranajaya. Dokumentasi pribadi.

Jam 16:45 berangkat dari Terminal Kartasura. Dari segi interior, nampaknya unit ini menggunakan spec basic/minimalis untuk ukuran Legacy SR2 HD Prime, gak ada lampu di setiap pilar, menggunakan louver AC model lama. Yaa mirip interior Sinar Jaya, cuma bedanya ini ada sekat depan dan tutup bagasi kabin.
Interior Ranajaya RMA-003. Dokumentasi pribadi.

Jam 16:49 nyolar di SPBU Kertonatan.

Jam 16:59 selesai nyolar dan lanjut perjalanan.

Jam 17:31 mampir Terminal Boyolali. Setelah keluar terminal, kru mulai membagikan snack. Lumayan ada roti buat buka puasa.
Snack Ranajaya. Dokumentasi pribadi.

Jam 18:10 mampir Terminal Tingkir. Di Boyolali dan Tingkir gak ada penumpang yang naik, okupansi penumpang sore itu mungkin sekitar 10 orang saja.

Jam 18:34 masuk Gerbang Tol (GT) Salatiga.
Kursi, selimut, dan bantal Ranajaya. Dokumentasi pribadi. 

Jam 19:01 melintasi GT Banyumanik.

Jam 19:12 kebangun dari tidur, tetiba di depan Pasar Gayamsari. Entah lah salah keluar atau gimana. Langsung putar balik dan masuk GT Gayamsari.
Interior Ranajaya RMA-003. Dokumentasi pribadi.

Jam 19:32 melintasi GT Kalikangkung.

Jam 19:52 keluar GT Weleri.

Jam 20:00 servis makan di RM Raos Eco, Gringsing. Pilihan menu servis makannya beraneka macam, ada nasi rames/nasi goreng/lontong pecel/bakso sapi/nasi soto. Ane pilih nasi goreng. Fix masih lebih enak nasi goreng RM Menara Kudus, Gringsing. Beberapa PO yang turut servis makan di RM Raos Eco waktu itu antara lain: di parkiran depan ada Berlian Jaya, Hiba Putra dan Ranajaya sedangkan di parkiran dalam tentunya ada Sudiro Tungga Jaya.
Menu nasi goreng di RM Raos Eco. Dokumentasi pribadi.

Jam 20:34 berangkat kembali dari RM. Setelah keluar dari RM, kru menghampiri dan mendata titik penurunan penumpang.

Jam 20:40 masuk GT Weleri.

H+1

Jam 00:13 melintasi GT Cikampek Utama.

Jam 00:25 keluar GT Karawang Timur sekaligus bongkaran paket.
Kursi buatan Rimba Kencana dilengkapi port usb charger. Dokumentasi pribadi.

Btw entah mengapa charge hp dari port usb yang di kursi ini lama banget ngisinya yaa, dibandingkan dari port usb yang ada di kabin Cahaya Wisata Trans. Output-nya kecil 1 A aja mungkin kali yaa. Kalau di Cahaya ada 2 port, output 1 A dan 2.1 A.

Jam 00:32 masuk kembali ke GT Karawang Timur.

Jam 00:51 keluar GT Cikarang Barat sekaligus bongkaran penumpang.

Jam 00:53 masuk kembali ke GT Cikarang Barat.

Jam 01:05 keluar GT Bekasi Timur.

Jam 01:10 tiba di Bekasi Timur, bongkaran di agen bus sebelah SPBU.
Ranajaya RMA-003 parkir di RM Raos Eco. Dokumentasi pribadi.

===============

Sabtu, 17 April 2021
Ranajaya RMA-003 nopol AG 7336 UP
Kartasura - Bekasi Timur: Rp 200.000
Legacy SR2 HD Prime S-Series, Mercedes-Benz OH 1526
Toilet, reclining seat Rimba Kencana 2-2, leg rest, port usb charger, snack, servis makan 1x RM Raos Eco
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment