Friday, February 4, 2022

Perjalanan Puter Walik Solo Arah Barat dengan Agung Sejati Double Decker AS 130 "NOAH" Angkatan Malam [Part 2/2]

Agung Sejati Double Decker AS 130 "NOAH" parkir di Bedjana. Dokumentasi pribadi.

Pagi hari sewaktu masih di perjalanan menuju Solo, ane mulai kontakan WhatsApp dengan Mas Agus (0821-1711-3042), Agen Agung Sejati Terminal Tirtonadi, mengecek ketersediaan kursi, tarif, dan unit apa yang jalan. Malam sebelumnya, scroll grup Facebook Agung Sejati Mania sempat membaca info yang isinya, "selama Januari unit double decker dari barat tanggal genap", sekalian konfirmasi dong ke agen dan jawabannya, "iya", malam itu double decker jalan arah timur. Pas!

Denah kursi dek atas.

Tanpa perlu banyak chit-chat lagi, langsung pesan 1 kursi dan pembayaran bisa transfer bank. Btw unit double decker ini cukup menarik, karena merupakan purwarupa dari bus double decker produksi Karoseri Adi Putro model Jetbus 2+ SDD. Sebelum "berseragam" Agung Sejati, unit tersebut milik PO asal Kebumen, yakni Efisiensi.

Detail tarif dan rute Agung Sejati.

Untuk jalan AntarKota AntarProvinsi (AKAP) Jakarta-an, tentunya ada beberapa penyesuaian unit yang dilakukan oleh Agung Sejati, misalnya: facelift/rombak model jadi Jetbus 3+ SDD Voyager, pembuatan toilet, pembuatan sleeper class, pembuatan leg rest, pembuatan smoking room, dan pastinya repaint.

Loket Agung Sejati di Terminal Tirtonadi. Dokumentasi pribadi.

Jam 19:56 berangkat dari Terminal Tirtonadi.

Jam 20:14 masuk Gerbang Tol (GT) Ngemplak.

Menu servis makan dek atas. Sumber gambar.

Menu servis makan dek bawah. Sumber gambar.

Kru mendata titik penurunan penumpang satu per satu dan mendata menu makan apa yang diinginkan oleh penumpang, nantinya kru memberikan daftar menu, penumpang tinggal menyebutkan angka atau abjad yang ada di daftar menu tersebut. Malam itu ane pilih menu Chicken BBQ.

Jam 21:00 keluar GT Bawen.

Interior kabin dek atas belakang-depan. Dokumentasi pribadi.

Jam 21:03 mampir Terminal Bawen.

Jam 21:12 masuk GT Bawen.

Btw disini camilannya tidak dibagikan langsung ke penumpang, melainkan penumpang ambil sendiri di atas dispenser di dek atas dekat tangga. Njenengan nda perlu sungkan, ambil aja satu per satu yang ada, selain itu juga ada Pop Mie dan kopi, seduh ajaa. Nah Pop Mie tersebut kayaknya cocok dimakan kalau dari arah barat, soalnya servis makan di Gringsing, jauh sangaaat.

Camilan Agung Sejati. Dokumentasi pribadi.

Jam 21:29 melintasi GT Banyumanik.

Jam 22:04 keluar GT Weleri.

Sepanjang perjalanan tidak terdengar suara "gemblodak" di kabin, biasanya suara berasal dari bagasi kabin, unit ini terbilang unit lama padahal. Oh.. atau kemarin sekalian repair bagian interior kabin mungkin yaa.

Jam 22:17 servis makan di Bedjana Coffee & Eatary.

Menu servis makan Agung Sejati di Bedjana Coffee & Eatery. Dokumentasi pribadi.

Pengalaman pertama ane makan di Bedjana, cuma Agung Sejati aja yang servis makan disini. Makan disini juga jadi salah satu nilai lebih, tempat makan modelan resto atau malah ini aslinya tempat ngopi(?), menu yang ditawarkan sangat bervariasi bahkan gak ada prasmanan.

Meja penukaran kupon makan Bedjana Coffee & Eatery. Dokumentasi pribadi.

Area makan outdoor Bedjana Coffee & Eatery. Dokumentasi pribadi.

Sebelum melanjutkan perjalanan, petugas Bedjana naik ke bus dan membagikan merchandise dengan sistem undian, undian tersebut berdasarkan nomor tiket, yang beruntung malam itu mendapatkan topi, tentunya bukan ane yang beruntung.

Jam 23:04 berangkat kembali setelah servis makan.

Bantal leher Agung Sejati. Dokumentasi pribadi.

Jam 23:34 masuk GT Kandeman.

H+1

Waah nikmati sekali hidup iniii.. Berangkat duduk di CD cuma ada foot rest, pulang ada leg rest bisa selonjoran. Melek-melek cek GMaps sudah di Cipali aja. Lanjut bobok lagii.

Btw kekurangan leg rest model ini yaitu saat penumpang kursi depan merebahkan kursinya terlalu turun, telapak kaki kita yang sebagai penumpang di belakangnya bakalan ke-pentok. Cukup annoying.

Special leg rest Agung Sejati. Dokumentasi pribadi.

Jam 02:32 nyolar di Rest Area KM 62.

Jam 02:43 selesai nyolar dan berangkat kembali.

Hahaha.. ketiduran lagi doong, melek-melek dibangunin sudah masuk Bulak Kapal.

Jam 03:25 tiba di Bulak Kapal.

Agung Sejati Double Decker AS 130 "NOAH" parkir di Bedjana. Dokumentasi pribadi.

=====================

Sabtu, 29 Januari 2022
Agung Sejati Golden First Class Double Decker AS 130 "NOAH" nopol AA 1447 ED
Solo - Bekasi Timur: Rp220.000 (dek atas)
Jetbus 3+ SDD Voyager (rombakan) Adi Putro, Mercedes-Benz OC500RF 2542
Toilet, Alldila reclining seat 2-2 total 30 seats (dek atas), AVOD, special leg rest, smoking room, bed cover, bantal leher, camilan, servis makan 1x Bedjana Coffee & Eatery

2 comments: