Friday, June 3, 2022

Perjalanan Malang Arah Barat dengan 27TRANS Rute A2 ISA13 "MOHICAN"

27TRANS ISA13 "MOHICAN" parkir di Garasi Singosari. Dokumentasi pribadi.

Siapa yang tidak mengenal 27TRANS, pemain Pariwisata yang turut meramaikan dunia AntarKota AntarProvinsi (AKAP) jalur Jabodetabek - Malang karena lesunya industri pariwisata akibat pandemi Covid-19. 27TRANS hadir dengan menawarkan layanan mewah dijalurnya agar bisa bersaing dengan pemain eksisting.

Kelas tertinggi yang ditawarkan oleh 27TRANS yaitu President Class yang melayani rute: Malang - Poris, Malang - Ciawi, dan Malang - Bandung. Belum lama ini 27TRANS merilis armada terbaru mereka yang ber-chassis Mercedes-Benz OH 1626 dan berbodi Jetbus 3 MHD single glass custom yang mengisi rute Malang - Poris dengan kode rute A1.

Titik kumpul penjemputan shuttle di Inspired27 Suhat. Dokumentasi pribadi.

Di momen cuti yang lalu, coba untuk arrange perjalanan sedemikian rupa, sehingga kembali ke Jakarta bisa dari Malang. Sewaktu masih di perjalanan menuju Jogja, coba melakukan pemesanan tiket ke nomor WhatsApp 0821-7995-9572. Niat hati ingin mencoba naik single glass turun di Bekasi Timur, tapi ternyata info dari admin tiket dan berdasarkan sistem yang ada, kode A1 tidak keluar Bekasi, solusinya adalah terdekat turun di Pulo Gebang. Shikaat!

Unit shuttle ke Garasi Singosari. Dokumentasi pribadi.

Sayangnya, gak berapa lama setelah transfer dan admin memproses tiketnya, eh tiketnya sudah kehabisan. Hmm.. Incaran lepas. Oke bukan masalah, tetap ikut President Class kode rute A2 Malang - Ciawi yang bisa turun di Bekasi Timur. Setelah proses pembelian tiket selesai, calon penumpang diinfokan siap jam 14:00 di Inspired27 Suhat untuk di-shuttle ke Garasi Singosari. Check-in dan cetak tiket di Garasi Singosari.

Sangat informatif pelayanannya.

Jam 14:10 shuttle berangkat dari Inspired27 Suhat.

Shuttle-nya menggunakan unit President Class yang ternyata untuk rute Bandung, di sini penumpang bebas duduk di nomor kursi berapa pun karena nanti akan pindah unit di Garasi Singosari.


Ruang tunggu penumpang di garasi Singosari. Dokumentasi pribadi.

Jam 14:38 masuk Garasi Singosari.

Wah bagus sangat garasinya, selain sebagai garasi bus juga sebagai store clothing dengan brand Inspired27.

Jam 15:28 berangkat dari Garasi Singosari.

Entah karena apa, yang pasti sih aktual keberangkatan mundur dari jadwal yang semestinya.

Camilan dan kotak nasi. Dokumentasi pribadi.

Saat bus mulai masuk jalan tol, kru membagikan kotak camilan dan kotak nasi yang menjadi andalan dari President Class 27TRANS. Selain berisi camilan, di kotak tersebut juga terdapat sikat & pasta gigi dan tisu basah, untuk menu kotak nasinya saat itu adalah nasi ayam blackpaper.

Sikat & pasta gigi dan tisu basah. Dokumentasi pribadi.

Btw kalau merujuk salah satu postingan Instagram @27trans dengan tautan ini, mulai tanggal 6 Mei 2022 menu kotak nasi antara lain: nasi ayam blackpaper dan nasi ayam kering, kalau teman-teman pembaca mau coba pilih menu, coba ditanyakan pada saat pemesanan tiket yaa.

Interior kabin belakang-depan. Dokumentasi pribadi.

Jam 16:06 melintasi Gerbang Tol (GT) Kejapanan.

Menikmati kotak nasi yang disediakan, rasanya enaak. Kalau dipikir-pikir, keunggulan menu makan dengan lauk yang kering seperti ini yaitu bisa lebih tahan lama, kalau mau dimakan pas malam hari atau bahkan dini hari sepertinya masih memungkinkan. Kalau masih kurang juga? Tenang ada mie instan cup, self service.

Jam 16:30 melintasi GT Waru.

Water heater dan printilannya. Dokumentasi pribadi.

Jam 16:51 mampir Terminal Bungurasih.

Jam 17:13 melintasi GT Warugunung.

Jam 18:50 keluar GT Ngawi.

Rimba Kencana seat dengan double leg rest. Dokumentasi pribadi.

Wuaah tertidur, bangun-bangun sudah mau keluar Tol Ngawi. Siap-siap servis makaaan. Btw sebelum masuk RM, mesti masuk dulu ke Terminal Kertenogoro.

Jam 19:00 servis makan di RM Duta 1, Ngawi.

Untuk servis makan bukan menggunakan sistem prasamanan, yang ada sistem gubukan seperti di kondangan, sangat banyak pilihan menu yang ditawarkan; nasi pecel, gado-gado, nasi ayam bakar/ayam geprek, nasi gule/rawon, bakso komplet, nasi soto, dan lontong sayur. Kalau mau kerupuk, dijual terpisah yess. Xixixi..

Pilihan menu servis makan 27TRANS di RM Duta 1. Dokumentasi pribadi.

Malam itu sengaja memilih menu lontong sayur untuk makan malam. Ahh jadi kangen ketupat, opor ayam, dan sayur labu/paya dengan kreceknya yang turah-turah buatan Ibuuuk.

Menu lontong sayur servis makan 27TRANS di RM Duta 1. Dokumentasi pribadi.

Jam 19:36 berangkat kembali dari RM.

Jam 19:41 masuk GT Ngawi.

Duduk di kursi nomor 6B, posisinya ada di depan smoking room, hal itu membuat reclining seat tidak bisa difungsikan karena mentok sekat smoking room, tapi selama pakai Rimba Kencana seat bukan jadi masalah sih, lekukan punggung default-nya sudah pas soalnya.

Jam 20:19 nyolar di Rest Area KM 519B, bersama Sinar Jaya Suites Class dan Sinar Jaya berstiker trayek Madura.

Interior kabin belakang. Dokumentasi pribadi.

H+1

Terakhir melek lepas nyolar, tertidur lagi daaan bangun-bangun sudah sekitaran Palimanan.

Jam 00:09 melintasi GT Palimanan.

27TRANS "MOHICAN" dan "HYDRA" parkir di RM Duta 1. Dokumentasi pribadi.

Gak lama lewat dari GT Palimanan, tertidur lagi dan bangun-bangun sudah dipanggilin kru untuk bersiap karena akan keluar GT Bekasi Timur.

Jam 03:10 tiba di Bekasi Timur.

Hmm. Sayangnya, penurunan penumpang dilakukan di gerbang tol, bukan di Bulak Kapal.

27TRANS ISA13 "MOHICAN" parkir di RM Duta 1. Dokumentasi pribadi.

==================

Sabtu, 28 Mei 2022
27TRANS President Class rute A2 ISA13 "MOHICAN" nopol N 7671 UA
Malang - Bekasi Timur: Rp410.000
Jetbus 3+ SHD Voyager Adi Putro, Hino RK8 R260
Toilet, smoking room, Rimba Kencana reclining seat 2-1 total 19 seats, double leg rest, LCD TV, CCTV, termos air panas & printilannya, selimut, bantal 2 buah, camilan, AMDK 600 ml, servis makan 2x

1 comment: