Thursday, February 25, 2016

Perjalanan Jogja-an via Bawen dengan Bus Ramayana E3

Ramayana E3 parkir di Terminal Rawamangun. Dokumentasi pribadi.

Yuhuuuu.... piknik meneh sam :D

16 Februari 2016
Main ke Terminal Rawamangun (Rwm) buat berburu tiket. Sekarang terminalnya udah bagus dan rapi. Warga lokal sana juga ramah-ramah aja. Baru masuk gedung terminalnya udah disambut orang PO, "Mau kemana mas??", langsung aja tak jawab "Mau ke Jogja mas, naik Ramayana" "Ooo... Kalo Ramayana disana mas *sambil ngarahin* ... kena 225, kalo bis saya cuma 150 mas, ada toiletnya" "Hehehe.... makasih mas". Terdengar ramah kan ... ga ada unsur paksaan. Sing penting kalo mau beli tiket di terminal udah harus tau mau naik apa, harga resmi tiketnya kisaran berapa biar ga kena 'tepu-tepu'.

Jalan..jalan... akhirnya agen pun ketemu. Tadinya mau naik yang VIP aja, eh tapi kata agennya ga ada, alhasil naik exe E3 deh ._. Jatah seat dari Rwm sepertinya cuma baris kanan aja. Masih banyak yang kosong, tapi seat depan udah terisi. Ambil seat 7 aja dah. Berdasarkan denah seat yang gua liat, totalnya ada 26 seat kalo ga salah.

Sudah selesai transaksi, kita pulang.
OBL line Denpasar. Dokumentasi pribadi.

19 Februari 2016
Hari itu pun tiba.

Berangkat dari rumah jam 15:15 naik angkot untuk bisa sampai ke Rwm dan dilanjut dengan jalan kaki. Sampai di Rwm 15:50. Lagi-ditanyain mau kemana sama orang agen, jawabnya aja "Mau ke Jogja mas dan udah beli tiket", beres.

Melipir ke agen dulu, nanya bisnya udah dimana. Disuruh tunggu sebentar. Bis E3 ini sebelumnya masuk Pulo Gadung dulu, baru deh masuk Rwm. Yowis waktunya buat Ashar-an dulu. Musolah di Rwm ini bagus, ada AC-nya.

Selesai solat pergi ke area/jalur pemberangkatan, duduk di tangga.
Pahala Kencana line Malang di Terminal Rawamangun. Dokumentasi pribadi.

16:32 Ramayana serie E3 bernopol AA 1727 AB yang ditunggu pun datang. Langsung saja kunaiki dan kusinggahi seat 7. 16:45 bis meninggalkan terminal. Snack mulai dibagikan, yang isinya ada sebungkus biskuit, kacang mede dan segelas air mineral. Memulai perjalanan ditengah-tengah kemacetan, seperti di Tip Top - Pemuda - tol layang - tol Japek KM 6 hingga akhirnya lancar setelah Cikunir dan sedikit tersendat di Bekasi Timur karena ada truk storing di bahu jalan.
On board Ramayana E3. Dokumentasi pribadi.

Pembawaan driver E3 1727 ini lincah di tol. Selalu mencari celah kosong, tetep bermain halus.

18:47 bis memasuki GT Cikopo. Bis berjalan santai. Kondisi jalan sepi, gelap. Di KM 83 disalip HR eks Madu Kismo dari lajur kanan kemudian melintas lagi HR Red Titans.

20:17 GT Palimanan dan 20:23 GT Plumbon.

21:21 masuk RM Kedung Roso untuk menunaikan free servis makan. Penuh bis disini, ada Bejeu, New Shantika, OBL, Garuda Mas.
Ramayana E3 parkir di RM Kedung Roso. Dokumentasi pribadi.

Pas masuk ke ruangannya bingung gua karena ada 2 meja prasmanan dan seruangan sama penumpang OBL pula. Kalo dari pintu masuk harus ke kiri yang antreannya agak panjang atau ke kanan yang rada sepi. Hmmm...
Prasmanan sebelah kiri

Prasmanan sebelah kanan

Yowis, melangkah ke yang kanan. Nah disini heran lagi.. ini kok mbak-mbaknya jaganya setelah orang-orang ngambil makanan. Yang gua tahu, kalo sistemnya kek gini, ambil makanan tertentu bisa kena bea tambahan. Pilihan lauknya banyak banget kok,tapi ga tau ya free semua apa ga. Hehehe...

Gua kelar ambil makanan dengan lauk sekedar, nyerahin kupon, pas mau ambil minum yang gelasnya kebetulan besar eh kejadian deh tuh, mbaknya bilang "Kalo ambil yang ini nambah 5000 mas, teh manis soalnya, kalo yang itu gratis, teh tawar." Udah diduga sebelumnya. Hahaha...

Padahal mah niat awalnya cuma ambil gelas yang volum airnya banyak aja, jadi reflek ambil yang manis, soalnya yang tawar itu gelasnya kecil. Akhirnya ambil yang gelas kecil aja dah ._.
Servis makan di RM Kedung Roso. Dokumentasi pribadi. 

22:03 bis berangkat lagi, parkiran sudah sepi. Perjalanan sedikit tersendat karena ada pemeliharaan jembatan.

Di Pekalongan sempat ng-ekor-in Bejeu B30 cukup lama ng-ekor-in, hingga saatnya di lampu merah Santoso menyalip E3 ini dari sisi kanan dan konvoi pun berubah urutannya menjadi B30, Santoso dan E3. Santoso terus mencari celah untuk memimpin barisan. Hingga pada akhirnya berhasil menyalip B30 di tikungan dan menghilang dalam sekejap. Handal juga ternyata.

20 Februari 2016
1:00 bis berhenti di RM Gerbang Elok, ga sendiri, disitu juga ada Ramayana entah seri apa dan GMS bodi Titan.


Ga berapa lama, bis berjalan kembali...


Dan akhirnya tiba di Jombor jam 4:14

Ramayana E3 tiba di Jombor. Dokumentasi pribadi.

=========

19 Februari 2016
Ramayana Eksekutif E3 nopol AA 1727 AB
Jakarta (Rawamangun) - Jogja (Jombor) : Rp 225.000
Royal Travego (Jetbus) Morodadi Prima, Hino RK8 R260
Toilet, selimut, legrest, reclining seat 2-2, snack, servis makan 1x RM Kedung Roso


Cerita Terkait

Wisata Jogja - Pacitan
Kembali ke Jakarta dengan 'Kasur Berjalan'

1 comment:

  1. Sabtu 20 Nov 2021 saya naik ramayana executive dari Pulogebang tujuan Magelang. Bis nya longgar jarak depan belakangnya lumayan enak.

    Tapi hal yg gak enak dan bikin saya kapok ga pingin naik ramayana lagi rest area nya jauh banget di lokasi.
    Start dari Pulogebang jam 5.45 sore
    Keluar tol Kanci jam 21.00 sampai rest area jam 21.30, butuh waktu 30 menit
    Keluar dari istirahat jam 22.00
    Baru masuk tol lagi jam 22.30. Jadi sudah buang waktu 1 jam.
    Busy yg lain rest area keluar tol cikedung hanya 5 menitan.
    Baru masuk tol 1 jam an lg mau pulls tidur terasa ada gotangan kayak jalan rusak begitu saya lihat sudah keluar tol lagi kayaknya di batang... rupanya mau istirahat lagi di welders...kenapa ga keluarnya tol weleri? Supirnya saya tanya baik2 tapi jawabannya malah emotions bahkan bohong ktnya kehabisan solar lagi mau nyari pom..lho bukannya di tol juga banyak pompa bbm di tiap rest area?...ya sudah saya ga mau nanggapi...
    Istirahat di weleri 30 menit ga ada yg keluar penumpangnya...siapa yg mau makan jam 00.30..Lagian tadi makannya juga sdh telat sampai jam 21.30
    Jam 1.00 bis berangkat lagi lewat semarang...eye keluar tol lagi di sukun jadi sukun bawen lewat jalan biasa ...ampun...kapok

    Sampai Magelang sudah jam 3.30 padahal naik bus lain rata2 jam 1 sampai jam 2 sudah sampai.

    Ingat blm tadi pas mau turun saya keneknya soalnya sopirnya sudah ganti..
    Katanya tadi kehabisan solar pak kok lewat pom bbm di lewat aja ga ngisi?
    Keneknya cuma bilang is cukup kok mas....ampun

    Selamat tinggal..bye bye ramayana

    ReplyDelete