Wednesday, August 29, 2018

Pengalaman Ikut Pelatihan di BLK Bekasi (CEVEST)

Brosur BLK Bekasi 2019. Sumber

Perhatian!
1. Sebelum bertanya, pastikan sudah membaca artikel ini.
2. Sebelum bertanya, coba lakukan pencarian [Ctrl + F], siapa tahu pernah ada pertanyaan yang sama.


Bisa dibilang ini salah satu langkah awal TS memulai karir pascakuliah. Selepas sidang kuliah, lamar-lamar pekerjaan tapi belum ada yang cocok menurut mereka (perusahaan yang dilamar). Sambil mengisi waktu luang, selain update blog ini tentunya, mulai kepikiran untuk mencari tempat kursus atau pelatihan. Sekitar Desember 2017 sewaktu mengurus keperluan akademik di kampus bertemu dengan kawan sekelas dulu, chit-chat udah kerja dimana, pernah dipanggil tes kerja dimana, tesnya ngapain aja... ya biasalah obrolan anak fresh graduate. Wqwqwq..

Woh ternyata dia juga bercerita kalau pernah ikut pelatihan di BLK.

Wait.. sebelum lebih jauh, ini sekilas profil dari BLK...
Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bekasi lebih dikenal dengan nama CEVEST yang merupakan kepanjangan dari Centre for Vocational and Extention Service Training. CEVEST didirikan pada tahun 1985 dengan bantuan dari pemerintah Jepang sebagai bentuk kerjasama dalam rangka pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di kawasan ASEAN. CEVEST diresmikan oleh Perdana Menteri Jepang, Zenko Suzuki, sementara dari Indonesia diwakili oleh Sudomo selaku Menteri Tenaga Kerja dan Hartanto sebagai Menteri Perindustrian.

Lembaga pengembangan pelatihan kerja ini sempat mengalami beberapa kali perubahan nama. Mulai dari Diklat Instruktur CEVEST pada tahun 1986, kemudian Balai Latihan Instruktur dan Pengembangan (BLIP) pada tahun 1990, hingga menjadi Pusat Pengembangan Pelatihan Tenaga Kerja Industri Jasa (P3TKIJ) pada tahun 2001. Pada tahun 2002, dengan ditambahnya tugas dan fungsi CEVEST untuk melaksanakan pelatihan kerja keluar negeri, maka lembaga pengembangan pelatihan yang merupakan unit kerja Eselon III ini berubah menjadi unit kerja Eselon II dengan nama Pusat Pelatihan Kerja Tenaga Kerja Luar Negeri (Puslatker TKLN).Pada tahun 2006, CEVEST diberi nama Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Luar Negeri (BBPLKLN), hingga akhirnya pada tahun 2017 berubah nama menjadi Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) hingga saat ini.

BBPLK CEVEST Bekasi memiliki 4 Kejuruan yaitu:
  1. Teknik Elektronika
  2. Teknologi Informasi dan Komunikasi
  3. Refrigerator
  4. Perhotelan

TS mendaftar untuk ikut BLK secara online melalui website kios3in1.net/006 (denger-denger sih ada link baru lagi untuk daftar, di web blkbekasi.kemnaker.go.id). Hingga akhirnya TS dapet SMS undangan untuk mengikuti tes masuk BLK.
Undangan tes BLK. Dokumentasi pribadi

TS nyimak di grup FB pada waktu itu dan ada yang nanya kalau gak dapet SMS gimana? “monggo langsung dateng aja”.

Oke dihadiri undangannya.. eh malah ketemu temen kampus.. chit-chat.. eh banyak yang pilih program yang sama pula, terceletuk “alah.. situ nambah saingan aja. Wahaha...”, oiya TS disini pilih program Network Profesional/Pemasangan Jaringan Komputer non-boarding/tidak diasramakan. Tesnya meliputi tes tertulis hitung-hitungan dan wawancara. Tesnya sama semua, kecuali animator seinget TS yang ada tes tambahan menggambar. Disini juga dijelasin benefit ikut pelatihan disini apa aja.. dapet seragam, BPJS Tenaga Kerja, modul, flash disk/safety shoes (kalau gak salah untuk program tertentu aja), alat tulis, sertifikat pelatihan BLK, sertifikat BNSP, makan siang dan uang saku. Catatan,  kalau lulus UJK maka akan dapet sertifikat pelatihan dan sertifikat BNSP, tapi kalau gak lulus UJK cuma dapet sertifikat pelatihan aja dan besaran uang saku tergantung jumlah kehadiran.
Tahap tes tertulis. Sumber

Tahap tes wawancara. Sumber

Setelah tes, disuruh pulang, nanti pengumuman diterima/lulus atau nggaknya diumumin di grup Facebook BLK Bekasi Kemnaker RI atau fan page BLK Bekasi Kemnaker RI di pengumuman itu ada 19 nama calon peserta, dengan rincian 16 orang lulus langsung dan 3 orang lulus cadangan. Step berikutnya yaitu daftar ulang, jadi diantara 16 nama yang lulus langsung itu ada yang gak daftar ulang, maka 3 orang yang lulus cadangan itulah yang akan mengisi slot kosong tersebut.

Waaah, ternyata kawan-kawan TS pada lulus juga dan untungnya lain kelas. Haha...
Pengumuman lulus masuk BLK. Sumber

Di BLK ini gak cuma dilatih hardskill aja, tapi softskill dan juga disiplin. Jadi tiap pagi sebelum memulai kegiatan pasti diawali dengan apel pagi dulu yang di awasi langsung oleh TNI dari Koramil 01 Kranji, apel pagi dimulai jam 07:00. Kalau datengnya ngaret... ada kejutannya. Haha.. Setelah selesai apel pagi dilanjut kegiatan pelatihan Fisik Mental Dasar (FMD) dan Peraturan Baris Berbaris (PBB) selama sekitar satu jam (sampai jam 08:00). Kalau kata kawan TS yang pernah ikut BLK di tahun 2017, kegiatan FMD PBB ini sampai sebelum makan siang sekitar jam 12:00 selama seminggu pertama pelatihan. Mulai angkatan TS (tahap 1 2018) cukup satu jam aja, tapi setiap pagi selama pelatihan. Terkadang apel pagi dipimpin oleh Danramil lho.. laporan dan barisnya yang bener yes.

Selesai latihan peserta masuk ruang kelas masing-masing, tentunya musti ganti seragam dulu. Nanti sekitar jam 10an (ini gak ada jam paten sih, kesepakatan sama instruktur aja) ada ‘coffee break’. Kalau untuk peserta non-boarding, coffee break-nya jajan dan bayar sendiri ya, yang dapet fasilitas ini cuma untuk peserta boarding aja. Biasanya TS jajan gorengan di warung pojok.

 Setelah coffee break masuk lagi ke kelas, nanti ada istirahat makan siang jam 12:00. Gak perlu khawatir, disini disediakan makan siang gratis, untuk non-boarding udah dipaketin sedangkan boarding sistem prasmanan per meja. Soal rasa, selera masing-masing ya.. tapi over all, not bad lah..
Makan siang program non-boarding. Sumber

Makan siang program boarding. Sumber

Makannya pun nyantai kok, gak diwaktuin, kalau gak makan jatahnya bisa dihibahkan ke temannya juga. Hahaha..

Selesai pelatihan itu biasanya jam 16:30. Yaudah.. gitu-gitu aja terus

Oiya.. di minggu pertama atau kedua biasanya ada pembekalan softskill, tergantung jadwal per program. Dalam sehari bisa diisi 2 sampai 3 materi softskill yang berbeda. Dimulai setelah latihan FMD PBB sampai sore/pulang.

Khusus di hari Jumat, setelah apel pagi dilanjut lari pagi muterin komplek BLK, yang laki-laki cukup dua putaran aja dan yang perempuan satu putaran. Selesai lari pagi, ada senam pagi yang diikuti oleh staff BLK dan peserta pelatihan.
Lari pagi di hari Jumat. Sumber

Senam pagi di hari Jumat. Sumber

Hingga akhirnya tiba saatnya UJK. Setelah apel pagi, program pelatihan yang kebagian jadwal UJK gak mengikuti latihan FMD PBB langsung ke kelas ganti kostum dan siap-siap ujian. Untuk jarkom sendiri ada ujian tertulis dan praktik. Ujian dialokasikan dua hari, cuma kalau sehari udah bisa selesai, ya berarti besoknya libur. Tenang-tenang.. sewaktu ujian juga dapet makan siang kok.. lebih enak malah. Hahaha...

Beberapa nama yang TS masih inget, pelatih dari Koramil ada 4 orang, cuma yang keinget Pak Fitroh aja. Instruktur ada 2, cuma yang keinget Pak Rahmat aja. Asesor ujian Pak Farhan. Satu lagi ada Bu Sondang jadi PIC program jarkom.

Pelatih dari Koramil. Sumber

Pelatih dari Koramil. Sumber

BLK Bekasi kejuruan TIK. Sumber gambar


Referensi

259 comments:

  1. Gan mau tanya, itu kalo misal yg lulusnya pada daftar ulang semua, yg dicadangkan gagal untuk mengikuti pelatihan dan harus daftar selanjutnya kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul Gan, kalo yg LULUS pada daftar ulang semua, yg CADANGAN tersingkir, musti daftar lagi di pelatihan tahap berikutnya.

      Delete
  2. Untuk test tulis itu hanya hitung2an aja pada umumnya? Atau ada test kemampuan lain sesuai bidang gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seinget ane tes tulis cuma hitungan biasa aja.

      Untuk tes kemampuan sesuai bidang, seinget ane itu cuma untuk jurusan animator/desain grafis aja, tes gambar.

      Delete
    2. tes gambar? mkasudnya disuruh menggambar?

      Delete
    3. Iyess.. maksudnya menggambar

      Delete
  3. Bang, setelah lulus dari situ nanti disalurkan kerja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak langsung disalurkan, tapi loker yg ada di BLK biasanya dikhususkan cuma untuk alumni BLK aja, jadi cukup nambah peluang kerja.

      Delete
  4. Klo misalnya baru lulus sma bisa ikut pelatihannya gk gan?? Trus klo masuk harus udh ngerti atau blom ngerti apa apa bisa daftar ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu kawan kelas ane ada yg baru lulus SMK bisa ikut, kayaknya sih SMA bisa juga, dicoba aja.

      Kalau menurut ane minimal sih ngerti dasarnya aja, biar bisa ngikutin, apalagi untuk kejuruan TIK.

      Tapi kalau gak ngerti apa-apa bisa juga ikut, kawan kelas ane dulu udah pernah kerja di bidang yang lain... eh ikut kelas network yg gak ada hubungannya pisan. Hahaha...

      Delete
    2. Mau tanya min kalo dari luar provinsi bisa masuk

      Delete
  5. Replies
    1. Gak botak-batak amat lhaa, ya kayak yg foto di atas aja. Hahaha...

      Kalau mangkas di Asgar bilang aja, "gan, potongan nomor 3 yaa".

      Wqwqwq...

      Delete
  6. Mas pas tes wawancara apa aja yg ditanya untuk jurusan otomasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ane ndak tau soal itu.

      Oiya, kalau kebetulan dapet pewawancara yg juga instruktur otomasi, yaa mungkin bakal ditanya pengetahuan dasar tentang otomasi.

      Delete
    2. Bang tes wawancara nya yg di tanya kira2 apa aja ya bang?

      Delete
  7. Gan untuk elektro otomasi pas wawancara apa aja yg ditanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertanyaannya sama.

      Atau memang orang yg sama?


      Sudah dijawab di atas yes.

      Delete
  8. Yg di pelajari di network professional apa aja ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa yaa....

      Crimping kabel UTP, rapiin jaringan LAN di kelas, vlan, trunking ... apa lagi ya...

      Delete
  9. Network professional belajar Cisco, mikrotik, sama pemasangan server router gitu gk gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cisco di kelas ane ndak ada hardware-nya, jadi simulasi di Cisco Packet Tracer aja. Mikrotik ada hardware-nya, nanti belajar config via winbox. Router juga ada.

      Delete
  10. Gan kalo peserta non-boarding apa dapet uang saku juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sory bro, uang transport dpt'a slma masa pelatihan brlgsg atw stlh slesai pelatihan?

      Delete
    2. Diberikan setelah pelatihan selesai, seinget ane sekalian bagikan sertifikat pelatihan BLK

      Delete
  11. Bang, tes tertulisnya itu meliputi apa saja? Contohnya gmn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuma hitung-hiitungan dasar aja, macem soal cerita. Cuma 2 lembar aja dan pilihan ganda.


      Seinget ane. Haha..

      Delete
  12. gan lamanya pelatihan berapa hari gan biasanya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung program pelatihan masing-masing.

      Ane dulu Network Professional, seinget ane ada 240 jam pelatihan, sekitar sebulan lebih seminggu.

      Delete
  13. Gan, dapet uang saku total nya berapa? Apa dapet uang transport pp juga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berapa yaa...


      Lupak. Itu juga tergantung jumlah kehadiran ya.

      Gak kenal uang transport, Gan.

      Delete
  14. Gan trus gimana sertifnya itu ngefek bgt gk buat nyari kerjaan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut ane, pada dasarnya lampiran sertifikat sewaktu lamar pekerjaan cuma jadi nilai tambah aja, yg diutamakan tetep skill.

      Btw kalo lulus UJK di BLK Bekasi kan juga dapet sertifikat BNSP, nah itu juga ada kedaluarsanya lho. Tiga atau berapa tahun gitu.. Lupa.

      Delete
  15. Gan, kalo misalnya rambut panjang dicukurin dri pihak BLK atau dipersilahkan cukur sendiri?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kuranng tau itu.

      Sewaktu angkatan ane (tahap 1 2018 non-boarding), sepengetahuan ane gak ada kejadian dicukur "paksa" oleh pihak BLK/pelatih sih.

      Delete
  16. Satu lagi, mengenai tes tertulis, soalnya itu tingkatan SMP, SMA, atau mahasiswa? Makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seinget ane gak sesulit matematika dasar SBMPTN.

      Ehh itu mah ketinggian, gak sesulit UN SMA jurusan IPS deh.


      Lupa tingkatan SMP tuh belajar apa. Hahaha...

      Delete
    2. Ohh iya, makasih gan. Saya juga udah daftar untuk tahap 3 boarding dari SulSel. Cuman kurang pede aja kalo memang diharuskan punya rambut pendek kayak di foto (susah bergaul soalnya hehehe)

      Delete
    3. Sama-sama Gan.. Semoga bisa bergabung menjadi keluarga besar BLK Bekasi :)

      Delete
  17. nanya dong gan. pas pengambian jurusan kan disitu ada keterangan tahap dan angka (contoh tahap 3 web programing 5) maksudnya apa.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh yg itu...

      Angka di belakang itu ane juga gak tau maksudnya apa.

      Delete
  18. wawancara nya bakal ditanya seputar jurusan yang kita ambil kan gan? soalnya ane anak akuntansi tapi ambil program motion graphic

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyess dan juga tentang pribadi diri Agan/Sista, macem motivasi ikut BLK apa, latar belakang Agan/Sista kayak gimana..

      Delete
  19. Mau nanya, pelatihannya brapa bulan ya? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seperti yang ane jawab pada pertanyaan di atas. Tergantung program pelatihan masing-masing.

      Ane dulu Network Professional, seinget ane ada 240 jam pelatihan, sekitar sebulan lebih seminggu.

      Delete
  20. gan kalo berenti masuk di tengah pelatihan gimana, atau tbtb ada kendala di tengah pelatihan jadi gabisa ikutin blk nya lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo temen ane case-nya di tengah masa pelatihan eh dapet kerja.

      Gak masalah sih kayaknya, tapi ya musti lapor ke BLK buat pamit undur diri.

      Delete
    2. Sorry jg bro, & apakah ada semacam disuruh bayar denda gk klo ditengah jln masa pelatihan berhenti dgn case'a dpt krjaan?

      Delete
    3. Wah ane kurang paham. Kayaknya sih nggak ada denda

      Delete
  21. Mas, network professional apa saja materi yg dipelajari? Dan setelah lulus dari network professional apa yg didapat dari belajar dsana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seperti yang sudah pernah dijawab pada pertanyaan sebelumnya dia atas.

      Crimping kabel UTP, rapiin jaringan LAN di kelas, vlan, trunking, belajar configure Cisco dengan simulasi di Cisco Packet Tracer, Mikrotik ada hardware-nya, config via winbox, config router.

      Delete
  22. Gan mau tanya dong.
    Misal nih kita daftar terus kita gabisa dateng test seleksi. Itu masih ada kesempatan buat daftar lagi apa udah ga bisa (kena blacklist)?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm.. kayaknya masih bisa daftar lagi di tahap berikutnya deh

      Delete
  23. Gan mau nanya uang sakunya dapet perhari atau nanti klo udah selesai blk ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seinget ane, uang saku dihitung per kehadiran dan akan diberikan sesudah pelatihan selesai.

      Delete
  24. gan ane mau tanya nih, ane kan dulu udah daftar 2016 udh masuk interview tapi gak ada kabar, katanya yg gagal suruh daftar lagi untuk gelombang berikutnya ; ane gak daftar dan sekarang 2019 mau daftar lagi kira kira masih sama gak sistem nya? Untuk yg gagal baik dulu dn sekarang msh bisa daftar lagi? dn kira kira ane bakal lulus gak ya gan di thun ini? T.T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sistem seperti apa ya maksudnya?
      Untuk proses pendaftarannya coba cek di web https://blkbekasi.kemnaker.go.id nya aja dan pantau grup Facebook-nya.


      Mustinya sih masih bisa daftar lagi.


      Wadaww.. ane gak bisa menerawang Gan. Haha...

      Delete
  25. Gan mau nanya kan saya SMK jurusan mesin,nah saya mau daftar yg jurusan elektro kira2 bakal belajar dari nol lagi ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mustinya sih iya.. tinggal siswanya aja deh yang bisa ngikutin materi atau nggak.

      Delete
  26. Kalo lulusan SD bisa daftar blk gak bang?

    ReplyDelete
  27. "Catatan, kalau lulus UJK maka akan dapet sertifikat pelatihan dan sertifikat BNSP, tapi kalau gak lulus UJK cuma dapet sertifikat pelatihan aja dan besaran uang saku tergantung jumlah kehadiran"

    gan ini maksudnya gimana ya? berarti kalo ga lulus intinya asal ikut tes tetep diterima tapi ga dapet sertif?

    ReplyDelete
    Replies
    1. "... asal ikut tes tetep diterima ...", sebentar ini maksudnya diterima apa ya?

      Jadi gini.. UJK yg ane maksud itu uji kompetensi, ujian diakhir pelatihan.

      Delete
  28. Gan ane mau nanya, klo mau lulus katanya ada ujian magang nya yak, itu kita tempat magangnya kita yg pilih atau pihak blk nya dan tempat magangnya masih di indo atau luar indo ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah yg ini ane baru denger.

      Beda program pelatihan mungkin

      Delete
  29. gan kalo kita udah daftar ,terus kita berubah pikiran gk jadi ikut itu gpp?

    ReplyDelete
  30. Kalo yg kelas Malam dimulai sama selesai jam brp ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari hasil penelusuran di grup FB, pelatihan kelas malam BLK Bekasi waktunya Senin - Jumat jam 17:00 - 22:00

      Delete
  31. gan mau tanya pelatihan utk jurusan akuntansi atau administrasi perkantoran atau komputer office itu ada gak ya?
    kok sepertinya kebanyakan ttg teknisi medin dan jaringan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di BLK Bekasi sepertinya memang gak ada.

      Tapi coba cek di BLK Semarang http://www.kios3in1.net/003/2pelatihan.php

      Delete
  32. Halo selamat siang Kak, sebelumnya terimakasih untuk artikel ini jadi ada gambaran, btw saya mau ikut tes bulan Juni nanti. Yang ingin saya tanyakan yaitu:

    1. Test yang di uji apa saja ya? Apakah mirip psikotest?
    2. Jika sudah lulus dan diterima, dalam seminggu itu berapa hari kita belajar dan mendapat pelatihan? Khususnya yang non-boarding.
    3. Kalo khusus cewek, sewaktu test boleh pakai celana hitam? Soalnya udah nanya adminnya via email gak dijawab -_-"

    Sekian dan terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo..

      1. seinget ane hanya hitung-hitungan sederhana, tidak serumit psikotest
      2. Senin - Jumat
      3. seinget ane ada yg pake celana panjang hitam. kalau punya akun fb, coba stalk di album foto grup BLK Bekasi aja, yg waktu tes penerimaan.

      terima kasih

      Delete
  33. Selamat siang gan,terima kasih untuk ragam informasi dalam artikel ini. Saya kira ini cukup membantu ketertarikan saya mengikuti pelatihan di BLK Bekasi. Yang ingin saya tanyakan :

    1. Adakah batasan usia untuk mengikuti pelatihan di BLK ini ? Dan ijazah apa saja yang bisa di gunakan sebagai syarat mendaftar di BLK ini ?

    2. Bagi yang telah lulus UJK dan memperoleh sertifikat, apakah bisa mengikuti BLK lagi untuk bidang yang berbeda di periode berikutnya ? Atau memang dibatasi ?

    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.. Terima kasih atas atensinya.

      1. tidak ada batasan usia dan pendidikan. Bisa menggunakan ijazah pendidikan terakhir

      2. seinget ane boleh aja, tapi jangka waktu setelah 2 tahun ikut pelatihan yang sebelumnya. Misal ikut pelatihan tahun 2019, baru bisa ikut lagi di tahun 2021

      Delete
  34. Wahhh sangat membantu untuk tau info blk Bekasi.. saya mau tanya gan barangkali tau, kalau ikut blk bisa dua kali atau ngga ya? Saya di cirebon baru aja selesai ikut pelatihan Blk juga, tapi saya tertarik untuk ikut lagi di daerah Bekasi. Kalau disini jelas ga boleh dua kali ikut, nah saya mau tanya kalau dua kali tapi beda daerah itu bisa atau ngga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa. Kalau pernah ikut di BLK Cirebon terus ikut lagi yang di Bekasi kayaknya gak perlu nunggu jangka waktu 2 tahun deh.

      Seperti yang sudah dijawab di pertanyaan sebelumnya, kalau di BLK Bekasi boleh ikut 2x, tapi jangka waktu setelah 2 tahun ikut pelatihan yang sebelumnya. Misal ikut pelatihan tahun 2019, baru bisa ikut lagi di tahun 2021

      Delete
  35. Gan kalo ngikut trus tiba2 ngundurin diri di tengah jalan krn udh masuk jadual kuliah? Ttep dapet sertifikat sm uang transpot nya ngga?

    ReplyDelete
  36. Gan nanya dong waktu cek kesehatan disuruh buka baju ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek kesehatan?

      Seinget ane gak ada agenda kayak gitu.

      Delete
  37. gan satu kelas isinya berapa peserta?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ane di kejuruan Jarkom cuma 16 orang aja, 1 orang 1 PC.

      Kurang paham kalau di kejuruan lain berapa orang.

      Delete
  38. bro tes tertulis dan interview nya di lakuin di hari yang sama? terus ada semacam tes kesehatan gitu gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes.. dilakukan di hari yang sama.

      Gak ada tes kesehatan.

      Delete
  39. Gan mau nanya . Apa ada kuota untuk tiap kelas ? Misal yg daftar 100 org apakah cuma yg terbaik aja yg di ambil sesuai kuota ?
    Terus tahapan seleksinya apa aja ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seperti yang sudah ane jawab di pertanyaan sebelum-sebelumnya. Di kelas ane pemasangan jaringan komputer cuma menampung 16 orang, kurang tahu kalau di kejuruan lain.

      Wah saya kurang tahu ya kriteria yang bakal diterima akan seperti apa, apakah yang terbaik? apakah yang beruntung? apakah yang berprestasi? apakah yang belum punya pengalaman kerja? Wah saya ndak tahu itu. Hahaha...

      Secara garis besar, tahapan tesnya cuma tes tertulis dan wawancara aja yang dilakukan di hari yang sama.

      Delete
  40. Gan mohon do'anya ane Tes tanggal 24 di Cevest :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga dilancarkan tesnya dan bisa bergabung ikut pelatihan di Cevest :)

      Delete
  41. Nanya dong kak, saya udah daftar lewat online, kalau memang diterima utk ke tahap selanjutnya itu bakalan di info lewat mana ya? Kalau gak diinfo apa artinya gak diterima atau kita datang langsung aja bawa persyaratannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau gak salah, biasanya diinfo via email

      Delete
  42. Gan waktu testnya selesai jam berapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu ane dulu, seinget ane jam 11 pagi juga udah sisa dikit yang interview

      Delete
  43. Ternyata ada latihan fisik ya gan? Pernah ada yg pingsan/kolap tidak yah? Atau ada peserta yg sedang hamil ada dispensasi... sy mau ikut daftar tp masih mikir krn kondisi sdg hamil muda sih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ada. Kayaknya pernah ada, tapi gak banyak dan gak sering kok.

      Nah yg itu belum pernah denger ada peserta yg hamil..

      Delete
  44. Mohon maap mau nanya. Waktu ts dinyatakan lulus. Itu daftar ulangny pake ijasah asli atau fotocopy?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seinget ane, bawa fotokopi yang dilegalisir dan juga bawa yang asli

      Delete
  45. Ka mau nanya kan sy ikut daftar blk program motion design graphics artist 7
    nah tgl 2 juli 2019 disuruh tes kira2 tes nya apa aja ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm.. Sepertinya udah ane jelaskan di artikel ini, tes tertulis, wawancara dan sepertinya juga ada tes menggambar untuk motion design graphics

      Delete
  46. Gan, Mau Tanya Klau BLK Kejuruan Teknisi Komputer itu Pelatihannya berapa lama yah?
    Dan Pas Tes Seleksi Pakaian apa?, Pengumumannya tentang Diterima atau Tidaknya Kapan yah? dan Apakah ada Tes Kesehatannya buat Kejuruan Teknisi Komputer lalu Apakah yang akan di dapatkan setelah di Terima di BLK Kejuruan Teknisi Komputer?,
    Setelah di Terima Apakah ada kayak Masa Orientasi gitu katanya Sih Saya dnger² klau di Terima nanti akan di Pimpin TNI gitu kyak Masa Orientasi apakah bnr kyak gitu?,
    Oh iya, Prtnyaan Terakhir itu kok di Foto Rambutnya pada Pendek semua kyak Tentara ajjh Apakh Rambutnya hrus di Ptong Gaya Rambut Tentara gitu dan Katanya bisa dapat Laptop Gratis kayak Jurusan Mesin Jahit dapat Mesin Jahit Gratis Apakh itu Benar?
    TERIMA KASIH.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ane gak tahu gan teknisi komputer pelatihannya berapa lama.

      Setelah diterima di BLK, nanti dapet ilmu dan relasi baru gan.

      Katanya siapa itu gan bisa dapet laptop gratis?

      Delete
    2. Dnger² ajjh gan.
      Itu ada kyak Masa Orientasinya yah?

      Delete
    3. Ane ikut pelatihan non-boarding, gak ada masa orientasi gan

      Delete
    4. Pelatihan yg non-boarding itu apa ajjh?

      Delete
    5. Untuk lebih lengkapnya silakan cek di web https://blkbekasi.kemnaker.go.id/pelatihan

      Delete
  47. Gan Apakah di Sediakan Asrama kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Disediakan, untuk yang boarding

      Delete
    2. Btw, boarding itu apa yah??? (Bisa di jelasin).
      Terima Kasih

      Delete
    3. Boarding, program pelatihan yang diasramakan, untuk yg diluar wilayah Jabodetabek atau bahkan luar Pulau Jawa.

      Cek di web https://blkbekasi.kemnaker.go.id/pelatihan/boarding untuk lengkapnya.

      Delete
  48. Mas mau nanya, klo ikut pelatihan nya ga harus punya skill di kejuaraan yg akan di ambil kan?
    Saya smk jurusan akuntansi mau ambil jurusan TIK 'Warehouse' atau ga pariwisata. Nanti di sana belajar dari awal lagi kan mas?

    ReplyDelete
  49. Mas mau tanya, kalo sertifikatnya itu kan katanya diakhir, dpt sertifikatnya dua ya yg dr BLK nya sama dari BNSP gitu ya? Kan harus uji kompetensi gitu, berarti ujiannya dua kali gitu ya? Kalo dua2nya lulus baru dpt dua sertifikat gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ujian kompetensi itu untuk dapetin sertifikat BNSP, kalau sertifikan pelatihan autodapet.

      Asalkan ikut pelatihan sampai selesai.

      Delete
  50. Gan mau tanya, ikut blk bekasi harus pake ktp bekasi apa engga ? Buat pelatihan autocad ada ga ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak musti, BLK Bekasi untuk nasional kok.

      Di BLK Bekasi kayaknya gak ada, tapi coba cek di BLK Solo https://blksurakarta.com/kejuruan-5-Bangunan.html

      Delete
  51. Kalo untuk graphic design berpa lama ya pelatihannya,makasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ane ndak tahu.

      Cek aja di https://blkbekasi.kemnaker.go.id/pelatihan di kolom JP

      Delete
  52. Kak aku mau tanya. Aku udah ambil formulir kan dan tinggal tunggu tanggal tesnya. Katanya tesnya ada dua. Tertulis sama wawancara. Yg aku takutin itu pas nanti wawancara. Kita ditanyain apa sih kak? Apakah tentangl pengetahuan dibidang akademik/pelajaran? Lama gak kak waktu wawancaranya? Menegangkan gak? Soalnya aku rada ragu sama diri sendiri. Nanti gak bisa jawab pas didepan orang yg wawancara. Yg wawancara kita cuma satu orang kan? Dijawab ya kak. Mohon infonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertanyaannya bukan tentang pengetahuan dibidang akademik/pelajaran.

      Nggak lama.

      Iya, biasanya sih cuma 1 orang.

      Delete
  53. Mau tanya untuk wawancara nya mengenai tentang apa saja dan berapa lama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaaa.. pertnyaan standar, background-nya seperti apa, motivasi ikut apa, d.l.l.

      Gak lama, gak ada 20 menit sih kayaknya

      Delete
  54. Kak maaf mau tanya. Saya kan udah daftar cevest online. Di jadwal tertulis tes tanggal 18 juli.
    Apakah nanti saya akan dapet informasi mengenai tesnya atau tanpa pemberitahuan saya langsung dateng kesana aja ya ka ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebentar.. setelah daftar online cuma ada info waktu tesnya aja?

      Gak ada info tambahan musti pakai kostum apa? bawa apa aja?


      Udaah.. langsung dateng aja

      Delete
    2. Ada kak, ternyata langsung dapet email waktu tesnya, kostum dan peralatan yg harus dibawa. Makasih ya kak

      Delete
  55. Gan mau tanya , kalo untuk pelatihan otomotif berapa lama ya gan ? Emg setelah selesai pelatihan nantinya kita di suruh magang dulu 1 bulan untuk bisa mengambil sertifikat nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan cek web blkbekasi.kemnaker.go.id > pilih menu pelatihan (misal non-boarding) > nanti ada kolom "JP", anggaplah itu akronim Jam Pelatihan.

      Lalu JP tersbut dibagi 9 (1 hari pelatihan anggaplah 9 jam).

      Misal JP 240 / 9 = 32 hari pelatihan.


      Kayaknya soh begitu perhitungannya. Wqwqwq...

      Delete
    2. Ooh.. yg soal magang, ane di pemasangan jaringan komputer gak ada magang. Gak tahu kalau program pelatihan lain gimana.

      Delete
  56. TS sendiri sebelum mengikuti program latihan BLK Bekasi apa sudah memutuskan untuk berkarir di bidang/jurusan yg sama pada saat latihan?

    Kalau iya apakah dengan mengikuti latihan disana ilmu nya bermanfaat dan dapat di aplikasi kan langsung pada dunia kerja?

    btw saya test tgl 18 juli, ambil TIK jurusan Pemrograman Web Non=Boarding

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dikatakan seperti itu.. karena sewaktu ngampus wis rasak ne ngoding, bar lulus kalau bisa dapet yang gak ngoding, macem network atau support gitu. Haha...

      Yaaa lumayan lah dapet dasarnya.

      Okee semoga sukses tesnya.

      Delete
    2. Ane klo urusan network malah kurang suka entah kenapa, ngoding pun pas kuliah dulu ngerasain juga pusingnya kyk gimana dan akhirnya setelah lulus belajar dari 0 lagi buat jadi web developer haha

      Btw agan setelah lulus pelatihan BLK langsung kerja?

      Delete
    3. Hoho gituu...

      Yo ndak.. tetep nyari-nyari dulu. Hahaha..

      Delete
    4. Diterima gak jon? Materi pemrograman apa aja? Masih native apa framework?

      Delete
    5. Ya kalau usaha terus dan emang rejeki, ya bakal dapet kerjaan.

      Wah sorry ane gak tau jurusan pemrograman materinya apa aja.

      Delete
  57. Gan saya kan baru lulus smk,bisa ga saya daftar make skl? Soalnya ijazah blom turun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ndak tahu.. dicoba dulu aja Gan

      Delete
    2. Tpi gan ketentuan di website nya scan ijazah. Itu berarti gmn pas regis di websitenya?

      Delete
    3. Ya di-upload aja scan SKL-nya. Siapa tahu kan dapet email balasan buat ikut test

      Delete
    4. Gan mau nanya dong... Utk soalnya kisi2 dong gan... Apa aja ya kira2.. Terima kasih

      Delete
  58. Kak make skl bisa ga? Nah misalnya saya lulusan tkj tpi mau ngambil motion graphic bisa ga sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ane ndak tahu kalau pakai SKL.

      Bisa ambil motion graphic juga, asalkan lulus tesnya sih. Whehehe..

      Delete
    2. Testnya apa aja gan?

      Delete
  59. Kalau lintas jurusan dari pendidikan terakhir diperbolehkan kak? Terus kalau yg dari luar kota, itu otomatis dapet asrama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh.

      Nggak. Kalau daftarnya non-boarding ya gak diasramakan, meskipun luar pulau. Kalau mau asrama daftarnya yang boarding

      Delete
    2. Waktu terakhir disana cuma ujian aja, ngga ada magang di perusahaan? Kalau baca di blog lain katanya ada yg lanjut disuruh magang gitu

      Delete
    3. Iya cuma ujian aja, gak ada magang.

      Coba tolong diinfokan link blog lainnya yang mana? saya jadi pingin baca-baca

      Delete
    4. Yg ini http://nunussi.blogspot.com/2018/04/balai-latihan-kerja-blk.html?m=1

      Delete
    5. Hmm... baru baca paragraf pertamanya aja udah beda, yang di blog tersebut BLK Makassar.

      Bisa jadi lain tempat lain aturan.

      Delete
  60. Gan, yg pake kacamata di perbolehkan ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ijazah terakhir nya dari SD diterima ga ?

      Delete
    2. Ijazah terakhir SD bisa daftar.

      Diterima ikut pelatihan atau nggaknya gak bakal tahu kalau belum dicoba.

      Delete
  61. Gan kisi2 soalnya apa aja ya gan

    ReplyDelete
  62. Kalau ijazah SMK saya belum keluar bisa pakai surat kelulusan ? Atau harus pakai ijazah SMP ?

    ReplyDelete
  63. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daftarnya online di URL ini: https://blkbekasi.kemnaker.go.id/pelatihan/boarding

      Kalau kosong berarti lagi gak tersedia

      Delete
  64. Gan, Misalnya Saya ada Keperluan Keluarga yang sangat Penting dan Saya ingin Izin tidak masuk selama 5 Hari dengan Mengirim Surat Izin Tertulis Apakah itu di perbolehkan asalkan ada Surat Izin Tertulisnya tidak akan di Keluarkan yah Min?

    Terima Kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anggaplah ini kondisi udah masuk pelatihan kan?

      Bisa ditanyakan ke PIC jurusan tersebut. Heheheu

      Delete
    2. Iya gan udh msuk Pelatihan Saya mau izin 5 hari. btw PIC itu apa?
      Klau saat agan ikut BLK prnh gak ada yg izin kirim Surat?

      Delete
    3. PIC jurusan, person in charge/penanggung jawab jurusan.

      Biasanya yang kalau setelah selesai apel bagiin daftar kehadiran.

      Gak ada gan, masuk teruuus.

      Delete
  65. Malam kak, mau tanya, ini pelatihannya jangka waktu berapa lama ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dicek di url ini: https://blkbekasi.kemnaker.go.id/pelatihan

      Lihat kolom JP. anggaplah itu akronim Jam Pelatihan.

      Lalu JP tersebut dibagi 9 (1 hari pelatihan anggaplah 9 jam).

      Misal JP 240 / 9 = 32 hari pelatihan.


      Kayaknya sih begitu perhitungannya. Wqwqwq...

      Delete
  66. Gan mau tanya nih untuk program las pake batasan umur ngk? Terima kasih.

    ReplyDelete
  67. Gan, Misalnya pada Bulan ini Pelatihan di Mulai tapi Saya ada Keperluan yang tidak bisa di tinggalkan dan Saya mau Menunda dulu lalu Mau Daftar lagi, Ikut Tes-an lagi di Bulan Berikutnya, itu Bisakan yah Gan?

    Terima Kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini ceritanya udah lulus dan mulai masuk pelatihan, tapi ternyata ada urusan jadi nya gak ikut pelatihan?

      Hmm.. slotnya sayang bener itu..

      Ndak tau ane gan..

      Delete
  68. Gan, saya mau daftar online tapi nama kab saya ga ada disitu, terus gmna ?

    ReplyDelete
  69. Gan aku kan ngambil otomotif udah selesai di blk dan mau ngambil lagi bagian las apa bisa dua kali masuk blk gan

    ReplyDelete
  70. Saya mau bertanya kan saya pernah daftar pelatihan di blk dan saya dapat wa dan di panggil waktu itu saya lagih GK ada kuota jadi GK datang.pertanyaanya apakah saya bisa daftar lagih ?

    ReplyDelete
  71. Gan minta Tipsnya agar bisa lolos ujian untuk yang jurusan desain grafis

    ReplyDelete
  72. Gan saya mau tanya klo pas pelatihan blki kita berhalangan hadir ada panggilan kerja terus mengundurkan diri apakah nnti bisa ikut daftar lagi di blki periode berikutnya gan?

    ReplyDelete
  73. Gan mau tanya,kalo jurusan elektronika audio video berapa lama jam pelatihan? 240 kah? 280? 320? 360?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ndak tau saya, cek secara berkala aja di webnya https://blkbekasi.kemnaker.go.id/pelatihan

      Delete
  74. gan mau tanya , kalo dpt jatah JK 240jam itu perhari nya dari jam brp sampe jam brp ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seinget ane jam 7 mulai apel, jam 16:30 selesai kelas

      Delete
  75. Halo Kak! Informasinya bermanfaat banget. Kalau boleh tau, seminggu itu berapa hari pelatihannya ya? Terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu ane angkatan 2018 tahap 1, pelatihan hari Senin - Jumat aja

      Delete
  76. Ka mau nanya kalo misalkan kita udh daftar online terus kita lupa baca email jadinya ga dtg pas tes trs kalo mao dftr online lagi gabisa trs gimna ka apaan dtg langsung? Mohon di jawab terima kasihh:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.. semoga info copas ini membantu...

      Lalu apa yang menyebabkan saya belum berhasil dikesempatan ini?
      Mengutip pesan dari Kepala Seksi Pemberdayaan bapak Muhammad Adenin, ada beberapa hal yang menyebabkan rekan-rekan belum berhasil:

      1. Rekan-rekan sudah mendaftar, data tercatat, tapi tidak datang tes (ya pantesan gagal khan?).

      2. Rekan-rekan mempersulit diri sendiri dengan menunggu email pemberitahuan tanggal tes tapi tidak mengunjungi medsos BBPLK Bekasi. Akhirnya ragu-ragu untuk datang hingga tidak datang, atau bahkan tidak mengetahui tanggal tes rekrut dan akhirnya terlewat. Mimin berpesan, datang aja, tim Pemberdayaan akan tetap membantu rekan-rekan semua koq.

      3. Sudah dinyatakan lulus, tapi tidak daftar ulang, ya gagal dong, karena tempat rekan-rekan semua akan digantikan yang lainnya. Oleh karena itu, sering-sering kunjungi medsos, biar tidak tertinggal info.

      4. Memang namanya tidak tercantum didaftar pengumuman yang lulus. Hm...untuk yang satu ini mimin memberitahukan kepada rekan-rekan semua. Rekan-rekan belum diterima itu bukan karena rekan-rekan kalah bersaing secara kemampuan, tetapi karena yang diterima itu dirasa lebih membutuhkan dibanding rekan-rekan yang diterima. Oleh karena itu bagi yang nanti namanya belum tercantum, bisa coba lagi.

      Sumber: https://www.facebook.com/groups/410166249019417/permalink/2331638436872179/

      Delete
  77. Min mau nanya kalo cadangan itu kan kalo ada peserta yg mengundurkan diri jadi yg cadangan di panggil nah kalo gada peserta yg mengundurkan diri yg cadangan gimna min mohon dijawab 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ndak jadi diterima dund, musti coba lagi :)

      Delete
  78. Replies
    1. Coba liat image di atas yg pengumuman diterima, nah itu ada cadangan yang bakal gantiin kalau ada yg undur diri/gak daftar ulang.

      Delete
  79. gan, ane bingung mau nyoba motion grapic atau web program. seprti yang di bilang pada artikel agan tes untuk motion grapic ada tes gambarnya, kalau boleh tau gambar 3 d dan ditentukan temanya kah atau gambar biasa (bukan 3 d) seperti psikotes gambar orang begitu?
    Dan bisa agan kasih gambaran besar yang mudah dipahami untuk kursus web program? Terima Kasih.

    ReplyDelete
  80. Gan, klo boleh tau untuk motion graphic gambarny 3 d seperti anime yang bergerak atau komik gt ya? Klo boleh tau untuk web programing untuk keseluruhan kursus boleh di jelaskan? Terima kasih.

    ReplyDelete