Saturday, August 25, 2018

PO Antarkota yang Berkembang menjadi Manufaktur Karoseri

Hampir semua bus di Indonesia menggunakan bodi buatan dalam negeri, bodi tersebut dibuat oleh perusahaan manufaktur karoseri. Ada berbagai karoseri ternama yang membuat bodi untuk bus besar, seperti Adiputro, Gunung Mas, Laksana, New Armada, Piala Mas dan masih banyak lainnya. Sebuah perusahaan karoseri memproduksi sebuah bodi bus atas pesanan dari PO yang memerlukannya dan dari sekian banyak PO, ada beberapa PO yang memiliki lini bisnis manufaktur karoseri. Tentunya selain digunakan untuk internal, produk dari karoseri tersebut juga dipesan oleh PO lain. PO tersebut yang punya karoseri sendiri dan masih eksis baik PO maupun karoserinya yang TS ketahui antara lain, wait.. kalau ada salah-salah mohon dikoreksi nih;

1. Tentrem

Tentrem model Max. Sumber
Untuk orang Jawa Timur khususnya Malang dan sekitarnya mungkin sudah tak asing lagi mendengar nama PO Tentrem. PO yang awalnya didirikan pada tahun 1986 oleh Tatang Wahyudi, pemilik PO Tentrem yang saat ini melayani trayek Surabaya - Malang dengan kelas Ekonomi, Ekonomi AC (ATB) dan Patas selain itu ternyata juga memiliki bisnis manufaktur karoseri, sama seperti nama PO-nya, yakni Karoseri Tentrem. Karoseri Tentrem yang awal mulanya merupakan salah satu divisi pada PO Tentrem yang bertugas untuk melakukan perawatan bodi pada bus regulernya serta melakukan pemeriksaan rutin pada mesin secara internal.

Semakin lama divisi perawatan ini semakin berkembang hingga akhirnya pada tahun 1991 didirikan PT Tentrem Sejahtera oleh Tatang Wahyudi, yang kemudian menjadi perusahaan manufaktur produsen bus.

Sudah banyak model yang diluncurkan Karoseri Tentrem baik untuk bus besar maupun bus sedang, untuk bus besar mulai dari Galaxy, Jupiter Li, Scorpion King, Actor, Max, Scorpion X hingga Avante. Terbukti hingga saat ini produk dari Karoseri Tentrem telah banyak juga dipakai oleh PO lain, apalagi model Avante yang tengah digandrungi karena rupa bagian depannya yang double glass dan gak lupa model Max pun juga dibuat double glass.

Hingga kini baik karoseri maupun PO-nya masih tetap eksis.

Tentrem model Max HDD. Sumber

Tentrem model Scorpion King. Sumber

2. Nusantara Gemilang

Nusantara Gemilang model Conqueror. Sumber
Karoseri Nusantara Gemilang merupakan bagian dari PO Nusantara yang berbasis di Karanganyar, Jawa Tengah. Nusantara Gemilang terkenal dengan bodi berbahan alumunium untuk produknya, mulai dari yang double decker, single high decker, bahkan hingga ekonomi non-AC. FYI, Nusantara Gemilang merupakan karoseri yang memperkenalkan body bermodel Single High Decker yang bisa memuat sepeda motor, dengan bagian depan double glass, unit tersebut dipakai oleh PO asal Sulawesi Selatan yaitu Primadona dengan nama model Cityline.

Karoseri yang bekerja sama dengan Gemilang coachwork Malaysia ini menyiapkan dua opsi. Bus dengan rangka panel alumunim dan bus dengan rangka baja. Namun keduanya dilapisi alumunium di sekujur bodinya. Teknologi ini masih jarang diterapkan di Indonesia, namun Karoseri Nusantara Gemilang berani untuk memulai teknologi yang bisa mereduksi beban rangka bus pada bus-bus yang banyak dibuat di Indonesia. Nusantara Gemilang sendiri mulai mempersiapkan produksi sejak tahun 2012 dan pada triwulan pertama 2013 mulai membuat bus dengan rangka galvanis namun plat bodi menggunakan alumunium.

Karoseri Nusantara Gemilang memang fokus pada bus yang dibuat dengan bahan alumunium. Keuntungan bus berbahan alumunium antara lain; alumunium tak dihinggapi korosi, kedua, dengan rangka bus alumunium bus menjadi lebih ringan jika dibandingkan dengan bodi bus dari plat besi galvanis.

Keuntungan lain, semakin ringan bodi bus, semakin ringan kinerja mesin sehingga keawetan mesin maupun suku cadang bus lebih terjaga.

Bodi buatan Nusantara Gemilang gak cuma dipakai oleh PO Nusantara aja, tapi sudah banyak digunakan oleh PO lain, seperti; Pahala Kencana, Dali Mas, Marissa Holiday, Transjakarta dan lainnya.

Nusantara Gemilang. Sumber

Nusantara Gemilang model Travego HDD. Sumber


Referensi, referensi 2, referensi 3


Simak diskusinya di Forum Kaskus, Gan!
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment