Wednesday, September 12, 2018

Perpanjang SIM di SIM Keliling yang Beroperasi Hari Minggu

Tiba waktunya untuk nya perpanjang masa berlaku SIM, awalnya udah ke Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM di Kebon Nanas waktu tanggal 25 Agustus 2018, udah dapet nomor antrean 133. Gak sengaja disana ketemu temen kampus beserta Babeh-nya.

Antrean udah sampai di nomor 115, kebetulan yang dipanggil Babeh-nya temen TS ini dan dapet info ternyata untuk yang masa berlakunya habis di September belum bisa dilayani (Babeh-nya temen TS habis berlaku SIM tanggal 02/09), baru mulai bisa dilayani di tanggal 31 Agustus 2018. Langsung lah TS pindah ke Gerai di Artha Gading, pas sampai disana belum buka gerainya, di pintunya tertulis untuk hari Sabtu bukamulai jam 12:00. Di kertas lainnya tertempel pengumuman hanya melayani perpanjangan SIM yang masa berlakunya minimal 7 hari sebelum habis dan kuota maksimal 50 orang. Waduh... ini sih auto gagal. Btw, ini dia sebagian keluh kesah warganet di Twitter.
Keluhan di Gerai SIM Mal Artha Gading. Sumber

Keluhan di Gerai SIM Mal Artha Gading. Sumber

Sabtu besoknya 1 September 2018 pergi lagi ke Kebon Nanas, tapi kali ini kesiangan ternyata, sampai di sana jam 8:53 nomor antrean untuk tes kesehatan (kalau gak salah ada 150 nomor) udah habis. Langsung buka smartphone dan cek Google, Mal Pelayanan Publik DKI Jakarta yang di Kuningan apakah buka? Ternyata tidak.

Ganti buka Twitter, jadwal SIM Keliling hari itu ada di mana aja. Akhirnya datengin deh tuh SIM Keliling di Honda Dewi Sartika, eh ternyata kuota/blanko juga udah habis, pindah lagi ke seberang TMP Kalibata.. eh gak taunya itu buat bayar pajak STNK, dikasih arahan sama kang parkir disana katanya kalau SIM Keliling ada di sebelah Kampus Trilogi.. udah sampai disana parkir motor dulu, pas nanya sama kang parkir disana katanya kuota juga udah penuh biar valid nanya lagi dong sama petugas yang ada disana dan di-amin-i.

Gak patah semangat langsung menuju ke Artha Gading (TS motor-an, jalanan lancar banget, masih ganjil-genap soalnya), gak yakin sih disana kebagian kuota, tapi dicoba dulu lah. Pas nyampe disana ternyata bener, kuota udah penuh, tapi orang sana ada yang nekat nambahin solasi kertas, jadi di-extend sampai sekitar 7 orang lagi. Gak tau itu nasib orang ke 51 dan seterusnya gimana, apakah dilayani atau tidak. Ngadem dulu lah barang 5 sampai 13 menit.

Baru inget di Bekasi ada Mal Pelayanan Publik (MPP) di daerah Pasar Proyek, langsung cek di Google jadwal bukanya jam berapa dan ternyata Sabtu buka cuy, sampai jam 12:00 aja. Langsung berangkat kesana...
Jadwal Mal Pelayanan Publik DKI dan Kota Bekasi.

Cuaca cukup terik juga hari itu, tapi untungnya lancar, paling biasalah di Stasiun Kranji selalu macet disitu.

Sekitar jam 11:30-an akhirnya sampai di MPP, langsung masuk dan bertanya ke petugas perpanjang SIM disana, katanya disana prioritas melayani e-KTP daerah Bekasi Kota aja, untuk luar daerah tersebut bisa ditoleransi/dilayani kalau pas hari H masa berlaku SIM habis, disaranin ke Depok atau Daan Mogot aja. Dyaaaar.... gagal maneh.
Khusus KTP Kota Bekasi. Sumber

Wis lah bali omah... sebelumnya jajan dan minum jus dingin dulu biar gak spaneng.

Sambil cek twitter, cari info apakah ada jadwal SIM Keliling di hari Minggu, carinya pakai keyword "#SIMKELILING"

Naah.. ketemu juga.
Jadwal SIM Keliling hari Minggu. Sumber

Minggu 2 September 2018 sekitar jam 6:45 langsung menuju dimana SIM Keliling itu mangkal, di seberang timur Mc Donald Duren Sawit. Dateng-dateng langsung isi buku pendaftaran dan menyerahkan e-KTP dan SIM yang akan diperpanjang, kemudian nanti akan dikasih nomor antrean.
SIM Keliling di Duren Sawit. Dokumentasi pribadi

Nunggu antrean sampai kemudian dipanggil nomornya, nanti dipanggil 3 nomor kemudian masuk ke truk mereka langsung foto, sidik jari dan tanda tangan. Prosesnya sih cepet sekitar 5 menit lah, paling cuma nunggu antreannya aja yang agak lama. Tapi kalau tertib sih enak-enak aja. Petugas disini bisa dibilang friendly lah dan yang terpenting gak ada joke "mau perpanjang berapa m (meter), Mas?" Haha.. Total biaya perpanjang SIM C disini Rp 130.000, sesuai dengan tarif normal, rinciannya Rp 75.000 PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak), Rp 25.000 cek kesehatan dan Rp 30.000 asuransi (tidak wajib)... tapi baru kepikiran ini, kok gak dapet kartu asuransinya yang warna biru yaa..
Rincian biaya buat baru/perpanjang SIM A C. Sumber

Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment