Saturday, September 22, 2018

Pilih #AyoNaikKereta atau #AyoNaikBus ?

Jalur Jakarta - Solo yang berjarak sekitar 500-an km sangatlah mudah diakses dengan berbagai moda transportasi umum, mulai dari pesawat di jalur udara serta kereta api dan bus untuk di jalur darat. Dengan tarif yang cukup kompetitif, penyedia jasa diharapkan bisa memenuhi kebutuhan penumpang selama di perjalanan. Apalagi ditambah dengan mulai selesainya sebagian Jalan Tol Trans Jawa yang membuat waktuh tempuh bagi yang menggunakan bus menjadi lebih cepat, dengan begitu persaingan moda transportasi khususnya jalur darat menjadi lebih kompetitif.

Keberadaan bus tingkat di Pulau Jawa dengan kelas super eksekutif menjadi jawaban bagi konsumen yang tadinya ragu memilih bus sebagai transportasi antar provinsi. Sebab bus tingkat memberi fasilitas premium dibanding bus kebanyakan, bahkan moda transportasi lain. Gak cuma bus tingkat sih, bus nontingkat pun juga bisa jadi pertimbangan, karena Solo merupakan kota yang strategis, dari Jakarta bisa ikut bus yang arah Jawa Timur bagian tengah atau Selatan seperti ke Ponorogo, Blitar, Pacitan hingga Surabaya (via jalur tengah).

Putera Mulya. Sumber
Putera Mulya merupakan salah satu operator bus tingkat di Pulau Jawa yang melayani jalur AKAP. Bus tingkat Putera Mulya memiliki rute Bogor - Jakarta - Solo - Wonogiri/Yogyakarta. Pada satu ubnit bus tingkat, terdapat dua kelas yang dimiliki oleh bus tingkat Putera Mulya. Pada dek bawah terdiri dari 6 kursi model electric seat dengan konfigurasi 1-2, disebut Elegant Class yang tiketnya dihargai Rp 325.000 sekali perjalanan. Dek atas, terdiri dari 38 kursi model reclining seat yang disertai legrest dengan konfigurasi 2-2 disebut First Executive Class. Kelas ini dihargai Rp 225.000 sekali perjalanan.

Interior dek bawah Putera Mulya. Sumber
Armada yang digunakan untuk jalur ini menggunakan chassis Scania K410 dengan menggunakan karoseri besutan Adiputro model Jetbus 2+ SDD. Fasilitas yang didapat penumpang dari bus tingkat premium ini adalah pendingin yang dapat diatur, selimut, bantal, Audio Video On Demand (AVOD) atau layar LCD di masing-masing kursi dipenuhi film dan lagu terkini.
Interior dek atas Putera Mulya. Sumber

Tersedia pula pemanas air minum, ruang untuk merokok dan tentunya toilet. Penumpang juga akan diberi camilan selama perjalanan dan gratis servis makan mode prasmanan, kalo dari barat di RM Taman Sari, Cipali sedangkan dari timur di RM Raos Eco, Gringsing.

Untuk waktu perjalanan, bus tingkat ini memerlukan waktu 12 jam perjalanan dari Bekasi sampai ke Solo, Jawa Tengah. Soal waktu tempuh ini relatif ya, tergantung kondisi jalan, kondisi armada dan skill dan sikil driver. Haha..

Ada beberpa PO lain yang juga menggunakan bus tingkat untuk melayani jalur Jakarta - Solo seperti Agramas dan Harapan Jaya.

Perbandingan dengan kereta eksekutif
KA Argo Lawu. Sumber
Jika dibandingkan dengan moda transportasi lain, harga bus tingkat premium ini hampir menyerupai kereta api kelas eksekutif. Harga tiket eksekutif di KA Argo Dwipangga/Argo Lawu untuk jurusan Jakarta Gambir-Solo Balapan misalnya, dimulai dari Rp 285.0000 - Rp 450.000. Sedangkan kereta eksekutif Bima dan Gajayana di rute yang sama dihargai hingga Rp 550.000 atau kereta eksekutif Argo Lawu Priority yang hanya beroperasi di hari Jumat seharga Rp 800.000. Pencarian harga dilakukan di situs resmi tiket.kereta-api.co.id, dengan keberangkatan hari Jumat.

Interior KA Argo Lawu. Sumber
Untuk fasilitas penumpang kereta eksekutif mendapat bantal, selimut, 4 buah televisi di tiap kereta, toilet, stop kontak, reclining seat konfigurasi 2-2 yang dilengkapi footrest dan pendingin ruangan pusat selama perjalanan. Jika dibandingkan dengan fasilitas bus tingkat premium, kenyataannya fasilitas bus premium masih lebih unggul daripada kereta kelas ekeskutif. Tapi tunggu, kalo di eksekutif priority fasilitasnya beda nih, lebih unggul dari eksekutif reguler.

Selanjutnya dari segi kenyamanan, yakni tempat duduk. Kursi model cangkang di Elegant Class bus tingkat premium masih belum dapat ditandingi. Kursi ini memiliki tuas otomatis yang membuat sudut kursi hampir sempurna untuk merebahkan tubuh layaknya tidur di kasur.

Lagi-lagi kursi bus tingkat di kelas Elegant Class masih menang dibanding kursi kelas eksekutif di kereta api. Namun jika dibandingkan dari durasi perjalanan, kereta api nyatanya masih menang dari bus tingkat. Lama perjalanan menumpang kereta api dari Jakarta ke Solo, mencapai 8,5 jam hingga 9 jam perjalanan. Sedangkan lama perjalanan bus tingkat dari Bekasi ke Solo menghabiskan waktu 12 jam, berbeda tiga jam dengan kereta api. Perjalanan 12 jam tersebut termasuk normal, belum dalam kondisi tertentu seperti waktu arus mudik atau balik Lebaran.

Panjangnya durasi perjalanan via bus, diharapkan oleh para pengusaha dan penumpang setia bus dapat dipangkas setelah seluruh proyek Tol Trans Jawa rampung.

Ya memang sih agak kurang imbang kalau perbandingannya antara kelas eksekutif reguler kereta api dengan super eksekutif bus AKAP, mungkin lebih cocok kalau dibandingin dengan eksekutif priority-nya kereta api. Tapi kalau perbandingannya dari soal harga tiket, ini cocok, dengan harga tiket sekian udah bisa dapet fasilitas apa sih.

Kesimpulannya, baik bus tingkat premium maupun kereta api kelas eksekutif memiliki keunggulan masing-masing. Kembali lagi kepada selera penumpang, memilih fasilitas atau waktu?


Referensi
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment