Tuesday, April 20, 2021

Merawat "Supra Bapak" Supra X 125 DD Rear Disk Edition Angkatan 2007 [Part 4]

Ganti ban jadi Michelin City Grip Pro. Dokumentasi pribadi.

Akhirnya.. Supra Bapak udah hampir sesuai dengan yang ane harapkan. Sektor panel speedometer udah beres, indikator bensin dan jarum speedometer udah solve dengan mengganti pelampung dan sensor. Soal rem depan yang kadang ng-loss juga solved, dengan mengganti cylinder set master kode part 45530KET920.

Lampu sein belakang yang error saat ng-rem juga solve, dengan menambah kabel ground dari lampu rem dibuat nempel ke bodi.
Proses ganti sensor speedometer. Dokumentasi pribadi.

Secara teori sih mustinya gampang ini bongkar sensor speedometer, tapi nyatanya ngakalinnya susah sekalii. Barangnya udah nempel banget, setengah jam lebih ada mungkin buat ngakalin melepas sensor speedometer yang lama.
Pasang kabel ground dari lampu rem ke bodi. Dokumentasi pribadi.

Ban belakang juga udah ganti, sebelumnya pakai Corsa ukuran 100/80-17 ganti jadi Michelin City Grip Pro ukuran 80/90-17, ya kembali ke ukuran standarnya. Kembali ke ukuran standar, rasa-rasanya lari jadi lebih enteng dibanding sebelumnya. Joss.
Kupon promo dan e-struk Proban. Dokumentasi pribadi.

Hoiya, btw ganti bannya di Proban, sekalian ganti oli juga. Mayan install dan registrasi aplikasi Proban Member dapet 2 voucher masing-masing maksimal Rp 20.000.
Perbandingan harga Michelin City Grip Pro dengan Pilot Street. Dokumentasi pribadi.

Tadinya mau nyoba ganti Meditran SX di tempat lain, tapi ane masih ada pertimbangan lagi, akhirannya tetap konsisten pakai Federal Ultratec 0,8L 20-50W. Ganti ban, merk Michelin pilihannya ada 2: City Grip Pro atau Pilot Street, dengan mudah pilih City Grip Pro laah, selisih harga lumayan. Hahaha. Selain itu dari sisi motif kembangnya juga lebih menarik buat ane.
Proses ganti oli. Dokumentasi pribadi.

Setelah ganti ban dan ganti oli, hari Sabtu-nya tanggal 10 April 2021 Supra Bapak kembali menjajal medan ke Puncak sampai Cibodas via Bukit Pelangi PP. Wooh performanya lebih enak dibanding sebelumnya. Ban lebih nge-grip dan nanjaknya lebih enteng.
Supra Bapak menuju Cibodas. Dokumentasi pribadi.

Cibodas melipir ke Kebun Raya Cibodas, sekalian mengingat memori zaman kuliah dulu pernah ke Gunung Gede. Tarif masuk Kebun Raya Cibodas perorang + air mineral Rp 20.000 dan permotor Rp 5.000.
Kebun Raya Cobodas. Dokumentasi pribadi.

Cibodas. Dokumentasi pribadi.


Summary

7 April 2021 (executed)
Michelin TL City Grip Pro 80/90-17: Rp 337.000
Pentil besi tubeless panjang: Rp 10.000
Federal Supreme Ultratec 0.8L: Rp 44.000

11 April 2021 (executed)
Ganti cylinder master rem depan, pasang sensor speedometer, dan pasang kabel ground: Rp 85.000
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment